Teknologi Pengisian Ulang Nirkabel Oppo

Oppo Pamerkan Teknologi Pengisian Ulang Nirkabel di Smartphone Gulung Mereka

NESABAMEDIA.COMSudah jelas jika saat ini pabrikan smartphone tengah berlomba menghadirkan teknologi pengisian ulang (charging) baterai secara nirkabel atau wireless.

Seperti Xiaomi yang juga baru saja memperkenalkan teknologi Mi Air Charging mereka, setelah pengumuman serupa yang dilakukan oleh Motorola. Kini Oppo juga ikut merilis sebuah video berdurasi 30 detik, yang memamerkan konsep smartphone gulung dengan teknologi pengisian ulang nirkabel melalui udara. 

Oppo secara khusus menyebutkan teknologi pengisian ulang nirkabel itu dalam sebuah press release di MWC Shanghai. Oppo menjelaskan bahwa teknologi itu menggunakan gelombang magnet. 

“Proses pengisian ulang itu dimulai segera setelah perangkat berada dalam jarak beberapa inci dari alas pengisi daya, dan pengguna bahkan bisa bermain game saat smartphone melakukan pengisian ulang baterai secara nirkabel,” ungkap Oppo dalam sebuah microsite yang disediakan oleh MWC Shanghai. 

Oppo tidak menjelaskan detail lebih dalam mengenai teknologi pengisian ulang nirkabel mereka itu. Namun akun Digital Chat Station mengklaim bahwa kecepatan dari teknologi pengisian ulang Oppo tersebut bisa mencapai 7.5W. 

Video demo yang dirilis menunjukkan bahwa smartphone Oppo X 2021 yang bisa digulung itu masih bisa melakukan pengisian ulang baterai, ketika perangkat diangkat dari alas pengisi daya. Jadi cukup bisa diterima jika Oppo menyebut teknologi itu sebagai “Wireless Air Charging” atau pengisian udara nirkabel. 

Ada juga cuitan di akun Twitter lain yang menampilkan teknologi pengisian minim kontak Oppo tersebut. Oppo mengatakan bahwa teknologi baru mereka itu bisa bekerja dengan metode on atau off berdasarkan jarak axis dengan pengisi daya.

Tidak seperti teknologi pengisian ulang nirkabel milik Xiaomi, teknologi Oppo itu tidak terlihat memiliki area jangkauan yang lebar. Mi Air Charge didesain untuk memungkinkan terjadinya pengisian ulang secara jarak jauh melalui udara dalam jarak radius beberapa meter. Sementara teknologi milik Oppo lebih terbatas bisa dilakukan di area di sebelah atas alas pengisi daya nirkabel. 

Apapun itu, banyak yang antusias dan menunggu kehadiran dari teknologi baru buatan Oppo tersebut, dan untuk saat ini adalah detail lebih jelas dari teknologi tersebut. Sepertinya teknologi pengisian nirkabel Oppo ini lebih realistis dibandingkan teknologi Mi Air Charge milik Xiaomi yang bahkan belum bisa diketahui apakah akan terwujud dalam waktu dekat. 

Leave a Reply

Send this to a friend