Microsoft Salahkan Amazon dan Google Soal Serangan SolarWinds

Microsoft Salahkan Google dan Amazon Terkait Serangan SolarWinds

NESABAMEDIA.COMSerangan siber menjadi fenomena umum yang seringkali terjadi di abad ke-21 ini. Perusahaan kini berinvestasi dalam jumlah yang sangat banyak pada sistem keamanan siber.

Namun faktanya, tidak ada satupun perusahaan yang mengklaim bahwa sistem keamanan mereka adalah yang terbaik dan seratus persen aman dari serangan siber. Serangan SolarWinds beberapa waktu yang lalu menjadi salah satu buktinya, hingga departemen pemerintahan Amerika Serikat sampai turun tangan. 

Menurut laporan, Presiden Microsoft yakni Brad Smith mengkritik apa yang dilakukan kompetitor mereka yakni Amazon AWS dan juga Google karena dianggap menyembunyikan informasi yang mereka miliki terkait serangan SolarWinds. 

Serangan SolarWinds disebutkan telah menyerang lebih dari 18 ribu perusahaan. Pihak Amazon AWS mengamini hal tersebut pada pekan kemarin dan mengatakan bahwa peretas SolarWinds menggunakan layanan Elastic Cloud Service (EC2) milik mereka dalam serangan itu. 

“Anda memiliki perusahaan lain, beberapa perusahaan terbesar di industri yang ada, yang diduga memang terkait dalam serangan ini, dan masih tidak mau mempublikasikan informasi apa yang mereka miliki. Tidak ada indikasi juga bahwa mereka itu memberitahukannya ke pelanggan mereka,” kata Brad Smith menyindir Amazon AWS dan Google. 

Menurut Smith, Microsoft telah mengunggah setidaknya 32 artikel yang menjelaskan tentang penemuan pihaknya terkait serangan SolarWinds. Sementara pihak Google hanya mengunggah sebuah artikel soal isu tersebut, dan bahkan Amazon tetap diam dan tidak melakukan apa-apa. 

“Saya khawatir bahwa sampai titik tertentu, beberapa perusahaan lain, bahkan pesain kita, tidak terlalu bekerja keras terkait hal ini. Jika anda tidak melihat, anda tidak akan menemukan, dan anda hanya akan pergi tidur setiap malam karena tidak tahu apa-apa. Anda berpikir bahwa anda tidak memiliki masalah, padahal sebenarnya masalahnya sangat besar. 

Dengan berdiam diri tidak akan membuat negara ini menjadi kuat. Dan sepertinya, kami berpikir bahwa beberapa perusahaan harus melakukan pelaporan. Kami di Microsoft telah melaporkan informasi yang dimiliki, berbagi data, dan menerbitkan artikel tanpa kewajiban hukum melakukannya,” kata Smith. 

Pihak eksekutif Amazon menolak untuk menghadiri kongres yang digelar, dan beberapa aparat penegak hukum mengatakan akan memanggil perwakilan dari Amazon. 

Leave a Reply

Send this to a friend