Optimalkan Tablet, Microsoft Bakal Hapus Fitur Taskbar Windows 11

Optimalkan Tablet, Microsoft Bakal Hapus Fitur Taskbar Windows 11

NESABAMEDIA.COMWindows 11 saat ini sudah digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia, dan ketika ada banyak fitur dan desain baru untuk dicoba, pembatasan pada Taskbar dan fitur lain yang hilang telah menuai kritik dari para pengguna dan kritikus Microsoft. 

Saat ini, tidak memungkinkan untuk melakukan drag and drop file ke ikon aplikasi di Taskbar, sebuah fitur yang sebelumnya tersedia di Windows 10. Drag and drop Taskbar adalah cara yang sangat praktis untuk melakukan banyak tugas dan membuka file tertentu di aplikasi tanpa harus menavigasi ke direktori. 

Microsoft telah mengkonfirmasi bahwa mereka bermaksud untuk mengembalikan fungsionalitas drag and drop Taskbar dengan pembaruan Windows 11 Sun Valley 2 atau 22H2. Ketika kemampuan drag and drop di Taskbar ini memang dihadirkan kembali, ternyata Microsoft berencana untuk menghapus fitur taskbar lainnya sebagai bagian dari upaya mereka untuk mengoptimalkan sistem operasi untuk perangkat tablet.

Baru-baru ini, Microsoft mulai menguji Taskbar yang dioptimalkan untuk tablet dengan dua status, yakni diciutkan dan diperluas. Rencananya adalah untuk mengurangi kekacauan dengan menghapus fitur tertentu dari Taskbar, ketika sistem mendeteksi perangkat anda sebagai perangkat tablet. Sehingga Taskbar bisa dengan mudah digunakan memakai metode sentuhan.

Namun, ada masalah yang muncul, yakni Microsoft juga menghapus fitur dari Taskbar versi desktop untuk mengoptimalkannya untuk perangkat tablet. Pada Windows 11 Build 22563 atau yang lebih baru, kini tidak memungkinkan lagi untuk menyusun ulang atau drag and drop ikon di dalam system tray (pojok kanan bawah). 

System tray adalah sebuah popup di Taskbar dengan ikon ^ dan menampung aplikasi yang berjalan di latar belakang, seperti Teams. System tray mengurangi kekacauan di Taskbar dan membantu pengguna mengelola aplikasi Windows di latar belakang dengan mudah. 

Sementara system tray itu sendiri masih ada, namun Microsoft tidak lagi mendukung drag and drop ke system tray atau di antaranya. 

Dalam sebuah pernyataan, Microsoft mengkonfirmasi optimasi tablet memerlukan penghapusan fitur drag and drop, kemungkinan karena mereka ingin mengurangi terpicunya drag and drop yang tidak disengaja pada perangkat tablet. 

“Kami akan terus memantau feedback, tetapi dengan pembaruan yang kami buat untuk Taskbar baru yang dioptimalkan untuk perangkat tablet di Build 22563, kami tidak lagi mendukung drag and drop di system tray atau di antaranya dan menampilkan ikon tersembunyi. Sebaliknya, anda harus menggunakan bagian Settings → Personalization → Taskbar → System Tray untuk mengelola ikon-ikon ini,” ungkap salah satu petinggi Microsoft.

Pengguna pada awalnya berasumsi bahwa itu adalah bug dan Microsoft akan memperbaikinya di masa mendatang. Namun versi yang lebih baru menunjukkan bahwa itu adalah perubahan yang memang disengaja untuk mendukung pengoptimalan di perangkat tablet. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend