• Our Partners:

TikTok Logo Oracle Over Microsoft.

Oracle Kalahkan Microsoft Tawar Bisnis TikTok di Amerika Serikat

NESABAMEDIA.COM – Pemilik TikTok telah memilih Oracle ketimbang Microsoft sebagai mitra teknologi Amerika yang dapat membantu menjaga aplikasi berbagi video populer tetap berjalan di Amerika Serikat (AS), menurut sumber yang mengetahui kesepakatan yang tidak berwenang untuk berbicara secara terbuka tentang hal itu.

Microsoft mengumumkan pada Minggu bahwa tawarannya untuk mengakuisisi operasi TikTok di A.S. ditolak, menghapus raksasa teknologi itu dari pencalonan seminggu sebelum Presiden Donald Trump berjanji untuk menindaklanjuti rencana untuk melarang aplikasi milik China di A.S. karena masalah mata-mata.

Bytedance maupun Gedung Putih menolak berkomentar pada Minggu. Oracle tidak membalas permintaan komentar tetapi sebelumnya menolak berkomentar perihal persaingannya dengan perusahaan seperti Microsoft dalam memperebutkan izin usaha TikTok.

Walmart, yang telah merencanakan untuk bermitra dengan Microsoft dalam akuisisi tersebut, mengatakan pada hari Minggu bahwa pihaknya “terus memiliki minat dalam investasi TikTok” dan sedang membicarakannya dengan ByteDance dan pihak lain.

Pemerintahan Trump telah mengancam untuk melarang TikTok pada 20 September dan memerintahkan ByteDance untuk menjual bisnisnya di AS, mengklaim risiko keamanan nasional karena kepemilikannya di China. Pemerintah khawatir data pengguna disalurkan ke otoritas China. TikTok menyangkal itu adalah risiko keamanan nasional dan menuntut agar pemerintah menghentikan larangan yang mengancam tersebut.

Tidak jelas apakah kesepakatan yang diusulkan hanya akan mencakup bisnis TikTok di AS, dan, jika demikian, bagaimana hal itu akan dipisahkan dari platform media sosial TikTok lainnya, yang populer di seluruh dunia. ByteDance juga memiliki aplikasi video serupa, Douyin, untuk pasar Cina.

Kesepakatan apa pun masih harus ditinjau oleh Komite Investasi Asing di Amerika Serikat, yang dikenal sebagai CFIUS, sebuah kelompok pemerintah AS yang diketuai oleh Menteri Keuangan yang mempelajari merger untuk alasan keamanan nasional. Presiden dapat menyetujui atau menolak transaksi yang direkomendasikan oleh panel, meskipun Trump telah menyuarakan dukungan untuk Oracle sebagai “perusahaan hebat” yang dapat menangani akuisisi tersebut.

Microsoft mengatakan dalam pernyataan hari Minggu bahwa ByteDance “beri tahu kami hari ini bahwa mereka tidak akan menjual operasi TikTok di AS ke Microsoft.”

Microsoft menambahkan pihaknya “yakin proposal kami akan baik untuk pengguna TikTok, sekaligus melindungi kepentingan keamanan nasional”. Perusahaan mengatakan itu “akan membuat perubahan signifikan untuk memastikan layanan memenuhi standar tertinggi untuk keamanan, privasi, keamanan online, dan memerangi disinformasi.”

TikTok, yang mengatakan memiliki 100 juta pengguna A.S. dan sekitar 700 juta di seluruh dunia, dikenal dengan video-video tarian, sinkronisasi bibir, lelucon, dan lelucon yang lucu dan lucu. Baru-baru ini menjadi rumah bagi lebih banyak konten politik seperti komedian Sarah Cooper, yang menarik banyak penonton dengan menyinkronkan bibir pernyataan Trump yang sering terputus-putus dari penampilan publik.

Leave a Reply

Send this to a friend