Oxygen OS 12, Versi Android 12 Dari Sistem Operasi OnePlus

Oxygen OS 12, Versi Android 12 Dari Sistem Operasi OnePlus

NESABAMEDIA.COMPerangkat lunak menjadi bagian besar mengapa perangkat smartphone OnePlus dianggap sebagai ponsel Android terbaik. OnePlus telah mengubah Oxygen OS menjadi salah satu antarmuka perangkat lunak terbaik, memberikan tata letak yang bersih dengan banyak penyesuaian dan pembaruan tepat waktu.

Ada pandangan baru mengenai pernyataan itu pada tahun 2021 ini. OnePlus sekarang menggunakan Color OS sebagai dasar untuk Oxygen OS dalam upaya untuk merampingkan sumber daya antara dua entitas, dan itu berarti ada perubahan yang terjadi. Telah diketahui lebih awal integrasi antara Oxygen OS 11.3 di Nord 2, tetapi pengguna tetap harus menunggu hingga Oxygen OS 12 untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang apa yang akan ditawarkan oleh merger tersebut.

Oxygen OS 12 akan memulai debutnya dengan smartphone OnePlus 9 RT, varian baru dalam seri bernomor OnePlus 9 yang akan mulai dirilis dalam beberapa bulan mendatang. Meskipun ada sedikit informasi resmi seputar Oxygen OS 12, nesabamedia.com telah berhasil mendapatkan build internal dan terungkap beberapa informasi tentang UI dan fitur baru.

Oxygen OS 12 Versi Publik Beta Segera Meluncur

Menurut sumber yang diterima nesabamedia.com, OnePlus akan memulai pengujian Close Beta Oxygen OS 12 pada akhir Agustus. Close Beta itu sendiri akan diikuti lebih dari 200 anggota, dan OnePlus biasanya merekrut penggemar “hardcore” untuk berpartisipasi dalam pengujian beta yang nantinya akan memberikan feedback tentang tambahan baru. Feedback ini akan diteruskan langsung ke tim produk dan dipertimbangkan saat membuat penyesuaian akhir pada antarmuka.

Berdasarkan umpan balik dan stabilitas build, Close Beta biasanya memakan waktu dua hingga tiga minggu, dan perubahan akan diintegrasikan ke dalam build baru yang dirilis ke publik. Itu berarti pengguna setidaknya akan melihat peluncuran beta publik Oxygen OS 12 tepat sebelum bulan Oktober.

Publik Beta  Oxygen OS 11 tersedia pada akhir Agustus, tetapi timeline itu telah diubah kembali tahun ini karena banyaknya masalah di Android 12. Beberapa bug dan masalah stabilitas mengganggu Pixel yang menjalankan versi beta 4 terbaru, jadi cukup aman untuk mengasumsikan bahwa produsen perangkat membutuhkan waktu sedikit lebih lama dari biasanya untuk mengatasi bug.

Fitur-Fitur Baru di Oxygen OS 12

OxygenOS 12 akan mendapatkan fitur baru yang telah di-porting dari Color OS. Yang pertama adalah mode floating window yang memungkinkan pengguna mengubah ukuran jendela di mana saja di layar, membuatnya lebih mudah untuk melakukan banyak tugas. Tambahan menarik lainnya adalah toko tema yang memberi pengguna kemampuan untuk mengubah tampilan dan nuansa antarmuka.

Andalan Oxygen OS seperti penyesuaian warna aksen dan gerakan di luar layar akan tetap utuh, dan penambahan Color OS akan membuat UI jauh lebih mudah disesuaikan. Halaman pengaturan mendapatkan perombakan kategori yang membuatnya lebih mudah untuk menemukan opsi konektivitas, dan beberapa dari perubahan ini ada di Oxygen OS 11.3. Dengan beralih ke Color OS berarti pengguna harus mengatur kode sandi 6 digit (bukan PIN 4 digit biasa) sebelum bisa mengonfigurasi otentikasi biometrik.

Mengenai masalah keamanan, mode Private Safe Color OS akan hadir di Oxygen OS, dan pengguna dapat menyembunyikan dokumen dan foto sensitif di balik kata sandi. Soal estetika desain, Oxygen OS 12 tidak akan menggunakan desain Material You Google yang baru, melainkan mempertahankan bahasa desain Oxygen OS 11 yang sama dengan beberapa penyesuaian di sekitar panel notifikasi dan bayangan.

Sementara pondasi yang mendasarinya telah dirombak, Peluncur OnePlus dan fitur OnePlus lainnya seperti Work-Life Balance, Mode Zen, Scout, dan Shelf akan tetap ada, sehingga pengguna yang beralih dari Oxygen OS 11 akan merasa seperti di rumah sendiri.

Ketersediaan Oxygen OS 12

Publik harus menunggu sampai OnePlus secara resmi mengkonfirmasi perangkat yang akan mendapatkan pembaruan OxygenOS 12, tetapi jika melihat sejarahnya, seri OnePlus 7 dan di atasnya harus beralih ke Android 12 terlebih dahulu. OnePlus meluncurkan Android 11 berbasis Oxygen OS 11 dibangun ke OnePlus 6 dan 6T. Jadi terkait dengan OxygenOS 12, diyakini bahwa semua perangkat 2019 ke atas akan diperbarui.

Tentu saja, itu tidak termasuk perangkat seri Nord N yakni, N10 dan N100 yang hanya akan mendapatkan satu pembaruan untuk Android 11. Berikut daftar tentatif ponsel OnePlus yang akan diperbarui ke OxygenOS 12:

  • OnePlus 7
  • OnePlus 7 Pro / 7 Pro 5G
  • OnePlus 7T
  • OnePlus 7T Pro / 7T Pro McLaren
  • OnePlus 7T
  • OnePlus 8
  • OnePlus 8 Pro
  • OnePlus 8T
  • OnePlus 9
  • OnePlus 9 Pro
  • OnePlus 9R
  • OnePlus Nord
  • OnePlus Nord CE
  • OnePlus Nord 2
  • OnePlus Nord N200

Leave a Reply

Send this to a friend