Microsoft Akhirnya Melunak Soal Persyaratan Minimal Windows 11

Microsoft Akhirnya Melunak Soal Persyaratan Minimal Windows 11

NESABAMEDIA.COMMicrosoft mengumumkan bahwa mereka tidak akan mempersulit pengguna untuk memasang Windows 11 di sebagian besar PC lama. Meskipun pihak Microsoft telah merekomendasikan persyaratan perangkat keras untuk Windows 11, namun pembatasan untuk memasang sistem operasi itu hanya akan diberlakukan ketika pengguna mencoba meningkatkan dari Windows 10 ke Windows 11 melalui Windows Update

Ini artinya siapapun yang memiliki PC dengan CPU lama yang tidak lulus uji pemutakhiran secara resmi, masih dapat melanjutkan dan mengunduh file ISO Windows 11 dan memasangnya secara manual.

Microsoft mengumumkan persyaratan perangkat keras minimum untuk Windows 11 pada bulan Juni lalu, dan menjelaskan bahwa hanya Intel Generasi ke-8 dan yang lebih tinggi yang akan didukung secara resmi. Microsoft pun kini menginformasikan bahwa pemasangan dengan model semacam ini dirancang terutama untuk pelanggan bisnis guna mengevaluasi Windows 11. 

Sementara pengguna lain bisa saja meningkatkan ke Windows 11 dengan risiko ditanggung mereka sendiri karena Microsoft tidak dapat menjamin kompatibilitas driver dan keandalan sistem secara keseluruhan. 

Microsoft tidak akan merekomendasikan atau mengiklankan metode pemasangan Windows 11 ini kepada konsumen. Faktanya, Microsoft kemudian menjelaskan tentang salah satu kesalahpahaman yang terjadi, yakni sistem yang ditingkatkan dengan cara semacam ini, mungkin tidak akan bisa mendapatkan pembaruan Windows, atau bahkan pembaruan keamanan.

Secara keseluruhan, ini adalah perubahan besar yang berarti jutaan PC tidak akan ditinggalkan oleh Microsoft, secara teknis. Pelanggan masih harus mengunduh file ISO dan memasang Windows 11 secara manual, yang sebagian besar dari pengguna itu mungkin tidak akan melakukannya. 

Tetapi bagi mereka yang senang memasang Windows secara manual, spesifikasi Windows 11 minimum yang sebenarnya berarti bahwa generasi CPU tidak masalah, selama pengguna memiliki prosesor 1GHz 64-bit dengan dua atau lebih inti, RAM 4GB, dan penyimpanan 64GB.

Selain menjelaskan soal masalah pemasangan Windows 11, Microsoft juga mengubah persyaratan sistem minimumnya untuk memasukkan lebih banyak prosesor yang didukung. Intel Core X-series dan Xeon W-series sekarang akan secara resmi didukung untuk upgrade Windows 11, bersama dengan chip Intel Core 7820HQ yang ada di dalam Surface Studio 2.

Microsoft telah menguji prosesor ini dengan Intel, tetapi 7820HQ hanya didukung pada perangkat yang dikirimkan dengan Declarative, Componentized, Hardware Support Apps (DCH). Mungkin pengguna pernah mendengar tentang DCH di driver GPU, dan ini adalah desain driver yang lebih bersih dan lebih aman yang telah didorong oleh Microsoft untuk diadopsi oleh OEM dan produsen perangkat keras dalam beberapa tahun terakhir. Aplikasi seperti panel kontrol GPU dipisahkan dari pemasangan driver dengan DCH, memungkinkan OEM untuk memperbaikinya secara terpisah tanpa harus mengeluarkan pembaruan driver baru.

Microsoft tidak akan secara resmi mendukung CPU Zen 1, meskipun baru-baru ini mereka telah mengujinya. 

“Setelah menganalisis dengan cermat generasi pertama prosesor AMD Zen dalam kemitraan dengan AMD, bersama-sama kami menyimpulkan bahwa tidak ada penambahan pada daftar CPU yang didukung,” kata tim Microsoft Windows.

Jelas memang Microsoft mencoba memberikan solusi soal masalah pemasangan Windows 11 di sistem yang menggunakan AMD versi lama. Namun Microsoft juga mengatakan bahwa perangkat yang tidak memenuhi persyaratan minimal perangkat keras, akan mengalami 52 persen crash lebih banyak. Sementara perangkat yang memenuhi persyaratan minimal, akan bebas crash dengan jaminan 99.8 persen. 

Microsoft sekarang berencana untuk memperbarui aplikasi PC Health Check untuk menyertakan CPU Intel baru dan memberikan kejelasan yang jauh lebih detail tentang mengapa PC pengguna mungkin tidak dapat ditingkatkan secara resmi. Aplikasi PC Health Check baru akan memberi tahu pengguna Windows jika mereka hanya perlu mengaktifkan Secure Boot atau TPM 2.0 untuk memutakhirkan, yang jauh lebih baik daripada pesan samar yang tidak didukung yang disambut banyak orang sebelumnya.

Microsoft juga merinci bagaimana mereka menyetujui persyaratan sistem minimum untuk Windows 11. Microsoft ingin mendorong Windows ke driver DCH modern dan keamanan modern dengan dukungan Trusted Platform Module (TPM) dan keamanan berbasis virtualisasi (VBS). 

Leave a Reply

Send this to a friend