Panduan Pembaruan Keamanan Windows 10

Panduan Pembaruan Keamanan di Windows 10 Kini Hadir Lebih Ramah

NESABAMEDIA.COMMicrosoft pada Senin kemarin (09/11) menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan perubahan pada petunjuk pembaruan keamanan sistem Windows 10. Perubahan tersebut lebih ke dalam peningkatan apa yang ada di petunjuk pembaruan yang biasanya dirilis setiap satu bulan sekali secara rutin. 

Petunjuk keamanan yang diperbarui tersebut diketahui masih berada dalam status peninjauan atau preview pada bulan lalu, saat dirilisnya Patch Tuesday. Kini diketahui, status yang menyebut ‘peninjauan’ itu telah hilang. Ini artinya, petunjuk keamanan itu telah dirilis ke publik.

“Panduan Pembaruan Keamanan” merupakan publikasi yang dilakukan secara rutin setiap bulannya oleh Microsoft, yang mencatat dengan detail patch keamanan untuk Common Vulnerabilities and Exposure atau yang kerap disebut dengan singkatan CVE, yang seringkali ditemukan dalam sistem operasi Windows. 

Panduan Pembaruan Keamanan tersebut selama ini dikenal memiliki halaman yang berisi petunjuk soal sistem keamanan sistem operasi dengan jumlah halaman mencapai ratusan lembar. Sayangnya, isi dari panduan tersebut merupakan kalimat yang berulang, sehingga pengguna terkadang mengalami kesulitan dalam memahaminya.

Kini Microsoft berjanji akan menghadirkan Panduan Pembaruan Keamanan yang jauh lebih ringkas, termasuk pada kalimat deskripsi yang akan ditulis lebih singkat dan tidak bertele-tele seperti sebelumnya. Dalam beberapa kasus, penjelasan dan deskripsinya akan ditulis dalam satu kata saja. 

Nantinya Microsoft juga menjanjikan akan memberikan nilai atau rating dalam setiap bug atau kerentanan keamanan yang ditemukan. Mulai dari yang paling mudah sampai yang paling berbahaya. Penilaiannya akan disesuaikan dengan Common Vulnerability Scoring System dengan merilis panduan yang akan datang.

Pembaca panduan keamanan versi baru ini nantinya bisa memperoleh informasi lebih mendetail, dengan cara mengarahkan mouse pada kata yang tertulis menyerupai tabel. Misalnya ketika pengguna mengarahkan mouse ke penjelasan yang ada dan disitu tertulis “Unchanged (tidak ada perubahan),” yang berarti celah keamanan yang ditulis memiliki cara kerja mirip dengan sebelumnya. 

Selain itu akan ada juga pilihan mode gelap, bagi pengguna yang ingin menggunakan tampilan yang berbeda dari tampilan bawaan yang berlatar belakang putih. Sehingga pengalaman dalam membaca panduan tersebut akan lebih ramah di mata.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend