Pangsa Pasar Smartphone LG Akan Diambil Alih Samsung dan Oppo

Pangsa Pasar Smartphone LG Akan Diambil Alih Samsung dan Oppo

NESABAMEDIA.COMSetelah mencoba bertahan dan terus berkompetisi di pasar smartphone, LG akhirnya menyerah. Mereka telah mengumumkan keluar dari pasar smartphone global. Ini artinya, perusahaan asal Korea Selatan itu tidak akan lagi memproduksi smartphone. Perlu dicatat bahwa LG adalah yang pertama kali memproduksi ponsel pintar untuk pasar Cina. 

Namun setelah selama bertahun-tahun mengalami kerugian secara berturut-turut, mereka akhirnya keluar dari pasar smartphone global. Proses keluarnya LG dari pasar ponsel pintar juga tidak instan, namun akan dilakukan secara bertahap. Mereka mengumumkan penyelesaian keluarnya LG dari bisnis smartphone dijadwalkan pada bulan Juli 2021.

Seperti yang dijelaskan sejumlah pengamat, masalah LG di pasar sebenarnya cukup mudah. Mereka tidak bisa bersaing dengan Apple dan Samsung di kelas high-end, dan juga mereka tidak bisa menyaingi brand smartphone asal Cina dalam kelas low-end. Kemungkinan besar, pangsa pasar yang ditinggalkan oleh LG akan direbut oleh Samsung dan Oppo.

Laporan juga menjelaskan bahwa untuk menghindari kerugian yang berkelanjutan, LG mengakhiri bisnis smartphonenya secara tidak terduga. Saat ini, pasar utama LG untuk produk smartphone berada di Korea Selatan, Eropa, dan Asia Tenggara. Harapannya adalah Samsung akan mengambil alih pasar Eropa dan Korea Selatan. Sementara Oppo akan mengambil alih pasar smartphone kelas menengah dan bawah yang sedang berkembang di Asia Tenggara.

Setelah LG benar-benar menghentikan bisnis smartphonenya pada tanggal 31 Juli 2021, beberapa perangkat smartphone mereka masih akan dijual. Sejak kuartal kedua tahun 2015, bisnis smartphone LG telah mengalami kerugian. Tahun lalu, total kerugian operasional LG mencapai angka USD4,4 miliar. 

Juga, meskipun LG menghentikan bisnis smartphonenya, banyak dari perangkat smartphone mereka yang masih akan mendapatkan pembaruan Android 11. Faktanya, beberapa smartphone mereka bahkan akan mendapatkan pembaruan sampai Android 12. 

Namun ada juga kabar yang menyebutkan bahwa jika nantinya ada masalah saat pengujian Android 12, LG mungkin saja akan membatalkan rencananya untuk merilis pembaruan tersebut. Menurut pihak LG, pembaruan itu akan mengikuti jadwal distribusi Google dan juga spesifikasi dari masing-masing perangkat. Dengan demikian, LG tidak bisa berbuat banyak pada pembaruan itu.

Leave a Reply

Send this to a friend