Pembaruan iOS 15.4 Sebabkan Pemborosan Baterai di iPhone

Pembaruan iOS 15.4 Sebabkan Pemborosan Baterai di iPhone

NESABAMEDIA.COMPembaruan iOS versi 15.4 dilaporkan menyebabkan penurunan otonomi pada beberapa perangkat iPhone. Menurut laporan para pengguna, memasang firmware baru itu memberikan dampak negatif pada baterai iPhone. 

Beberapa hari yang lalu, Apple mulai meluncurkan pembaruan iOS versi 15.4 ke semua iPhone yang kompatibel dan mendukung. Versi baru sistem operasi ini mencakup beberapa fitur baru utama, seperti kompatibilitas yang lebih baik dengan pengendali DualSense, 37 emoji baru, dan kemungkinan untuk memasang pembaruan dengan data seluler. Yang paling disorot adalah kemampuan untuk membuka kunci iPhone dengan Face ID, bahkan jika anda mengenakan masker. 

Sayangnya, pembaruan tersebut juga disertai dengan masalah penurunan daya baterai pada beberapa smartphone iPhone. Menurut kesaksian sejumlah pengguna di Twitter, memasang firmware ini membuat daya tahan perangkat mereka menurun drastis. 

‘“Masa pakai baterai di iOS 15.4 benar-benar buruk. Setelah 24 jam, saya kehilangan 80%, tetapi layarnya tidak aktif lebih dari 2 jam dan saya hanya menggunakan Safari, Youtube, Instagram, dan Uber,” ungkap salah seorang pengguna.

Pengguna lainnya juga mengatakan hal yang sama, “iPhone saya berhenti di angka 95% atau 97% saat pengisian, saat mencopot pengisi daya, itu menunjukkan angka 100%. 5 Menit kemudian atau setelah reboot, dengan cepat baterainya menurun.”

Ada asumsi yang mengatakan bahwa penurunan masa pakai baterai itu terkait dengan aktivasi kecepatan refresh 120Hz dari iPhone 13 Pro. Apple juga diketahui mengaktifkan kecepatan refresh yang tinggi pada aplikasi media sosial seperti Twitter dan Instagram. Sampai sekarang ini, aplikasi semacam itu memiliki batasan 60Hz, yang mengkonsumsi lebih sedikit daya. Namun ternyata banyak pengguna perangkat iPhone lama, yang tidak memiliki kecepatan refresh 120Hz juga terdampak.

Ini adalah masalah yang jarang terjadi pada pemasangan pembaruan sistem operasi iOS, yang kemudian menyebabkan penurunan drastis pada otonomi beberapa perangkat iPhone. Akan tetapi jika melihat pembaruan sistem operasi sebelumnya yang selalu diikuti oleh komplain dari pengguna, ini adalah fenomena yang normal, dan kebanyakan hanya berlangsung sementara. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend