Alternatif Aplikasi Pengganti Adobe Premiere

10 Alternatif Aplikasi Pengganti Adobe Premiere (+Link Download)

Jika kita ingin mengedit video, aplikasi yang paling sering direkomendasikan oleh orang-orang adalah Adobe Premiere Pro.

Tidak dapat dipungkiri, Adobe Premiere Pro merupakan salah satu aplikasi edit video terbaik yang tersedia baik untuk pemula ataupun profesional, salah satunya adalah para Youtuber.

Alternatif Aplikasi Pengganti Adobe Premiere

Namun, meskipun aplikasi Adobe Premiere Pro sangat populer aplikasi ini juga memiliki kekurangan seperti masalah kompabiltas, spesifikasi laptop yang harus mumpuni, dan berbayar.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut berikut ini 10 alternatif aplikasi pengganti Adobe Premiere Pro yang wajib Anda coba. Silakan simak pembahasannya berikut ini.

1. Kdenlive

Kdenlive

Alternatif aplikasi pertama sebagai pengganti Adobe Premiere Pro yang dapat Anda coba adalah Kdenlive (KDE Non-Linear Video Editor).

Aplikasi ini merupakan aplikasi edit video terbaik yang khusus digunakan pada perangkat dengan sistem operasi Linux.  Namun, tenang saja aplikasi ini bukan hanya beroperasi pada Linux saja, tapi juga sistem operasi lainnya seperti Windows dan MacOS.

Aplikasi Kdenlive ini sudah bersifat opensource dan tentunya gratis. Jadi, jika Anda sudah pernah mengedit video dengan aplikasi edit video professional lainnya tidak akan mengalami kesulitan ketika menggunakan aplikasi ini. Kdenlive memiliki beragam fitur, seperti multi track video editing, proxy editing, audio sync, dan masih banyak lagi.

2. DaVinci Resolve

Alternatif Aplikasi Pengganti Adobe Premiere

Alternatif aplikasi pengganti Adobe Premiere berikutnya adalah DaVinci Resolve. Aplikasi ini memiliki fitur yang mirip dengan Adobe Premiere Pro, namun bedanya aplikai DaVinci Resolve ini dapat Anda unduh secra gratis. Pada tahun 2020 lalu, aplikasi ini sempat melejit dan naik daun berkat kecanggihan yang dimilikinya.

Beberapa fitur yang disediakan oleh aplikasi DaVinci Resolve antara lain seperti fitur multicam edition, motion graphic, fitur audio mixing, dan masih banyak fitur canggih lainnya. Fitur-fitur yang dimilikinya sangat cocok untuk Anda para editor pemula ataupun profesional.

Jika Anda ingin mengupgrade, Anda juga dapat berlangganan dengan harga yang cukup murah cocok untuk Anda anak kos ataupun yang memiliki budget terbatas.

3. Shotcut

Shotcut

Shotcut merupakan sebuah aplikasi pengganti Adobe Premiere Pro yang mirip dengan aplikasi Blender. Awalnya aplikasi Shotcut ini hanya dirancang untuk pengguna Linux saja.

Namun, saat ini pengguna Windows dan MacOs pun dapat menggunakannya. Aplikasi ShotCut ini sudah bersifat open source. Sehingga Anda tidak perlu membayar sama sekali untuk dapat mengakses semua fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini.

Aplikasi Shotcut ini memang dirancang untuk para editor video pemula ataupun seseorang yang perlu untuk mengedit atau menyatukan video, seperti memotong dan menambahkan transisi. Shotcur mendukung berbagai macam format video, jadi Anda tidak perlu khawatir.Dua fitur yang paling istimewa adalah dukungan resolusi 4K HD dan timeline editing.

4. MAGIX Vegas Pro

MAGIX Vegas Pro

Magix Vegas Pro awalnya merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan Sony, namun saat ini semua produk multimedia tersebut terjuadl dan sekarang resmi dimiliki oleh Magix. Yes, awalnya aplikasi ini bernama Sony Vegas Pro dan kini berganti menjadi Magix Vegas Pro.

Sebelum Anda menginstal Magix Vegas Pro di komputer, PC, ataupun laptop, Anda perlu memastikan bahwa perangkat Anda memiliki spesifikasi perangkat keras yang cukup.

Bukan hanya mampu untuk digunakan sebagai edit video yang dasar-dasar saja, namun Anda juga dapat menikmati fitur motion tracking di dalam aplikasi ini. Bahkan Anda dapat menggabungkan pengeditan video SD, HD, 2K, dan 4K real-time sekali pun.

5. Lightworks

Alternatif Pengganti Adobe Premiere

Aplikasi pengganti Adobe Premiere selanjutnya adalah Lightworks. Aplikasi ini pernah digunakan untuk memproduksi film Hollywood yang memenangkan Academy Awards seperti Road to Perdition dan The King’s Speech.

Aplikasi Lightworks merupakan aplikasi yang cukup mengagumkan yang dapat diunduh secara gratis  dan diakses oleh siapa saja.

Aplikasi Lightworks mempunyai panel untuk memonitor level suara audio, sehingga Anda dapat memperhatikan detail suara di dalam video dengan sangat mudah dan praktis. Software ini juga memiliki ragam filter yang bisa mengubah video editan Anda seolah-olah direkam dari perangkat kamera mahal.

6. Olive Video Editor

Olive Video Editor

Olive Video Editor merupakan sebuah aplikasi editor video yang dapat Anda unduh secara gratis. Aplikasi ini mendukung berbagai jenis platform seperti Windows, MacOs, dan Linux. Ukuran aplikasi ini pun cukup ringan, sehingga tidak akan memberatkan PC ataupun laptop Anda.

Bagusnya lagi dari aplikasi ini adalah tidak adanya watermark. Tampilan antarmuka yang dihadirkan pun cukup sederhana bahkan mungkin terkesan jadul.

Namun, itu bukanlah sebuah masalah besar karena hal tersebutlah yang dapat membuat para penggunanya mudah untuk mengakses dan memahami aplikasi Olive Video Editor ini.

7. HitFilm Pro

Alternatif Aplikasi Pengganti Adobe Premiere

Hitfilm Pro merupakan aplikasi yang memadukan antara Adobe Premiere Pro dan After Effect. Pasalnya, aplikasi ini bukan hanya memiliki fitur-fitur dasar saja seperti trimming, splicing, audio editing, namun aplikasi ini juga memiliki fitur 3D dan motion tracking.

Aplikasi HitFilm Pro juga menyediakan 180 efek khusus yang dapat Anda gunakan. Namun, sangat disayangkan aplikasi ini berbayar, tapi Anda dapat mencobanya secara gratis.

Hitfilm Pro akan meminta Anda untuk membagikan link menuju website mereka di media sosial. Adapun sistem operasi yang didukungnya adalah MacOS dan Windows. Jika Anda seorang Youtuber, aplikasi ini sangat cocok untuk Anda.

8. OpenShot

OpenShot

OpenShot merupakan salah satu aplikasi alternatif pengganti Adobe Premiere Pro yang bisa Anda pertimbangkan. Seperti yang kita tahun salah satu kelemahan terbesar dari aplikasi Adobe Premiere Pro adalah tidak adanya versi Linux yang tersedia.

Itu artinya jika Anda adalah pengguna Linux atau ingin beraliha ke sistem operasi lainnya, Anda harus mencari aplikasi edit video baru.

Aplikasi OpenShot ini dapat Anda gunakan di berbagai platform seperti Windows, MacOS, dan Linux. Tampilan antarmuka yang dihadirkan pun cukup sederhana sehingga mudah untuk dipelajari untuk para pemula. Fitur-fitur profesional pun tersedia di dalam aplikasi OpenShot ini seperti  3D-rendering, efek video, animasi dan banyak lagi.

9. Wondershare Filmora

Wondershare Filmora

Aplikasi selanjutnya adalah Wondershare Filmora. Awalnya aplikasi ini hadir sebagai aplikasi edit video di Android saja. Sehingga sangat cocok untuk para pemula yang ingin mulai mencoba sebagai editor video pemula.

Tidak perlu bingung dengan cara penggunaannya, karena Anda dapat menonton tutorial resminya di akun channel Youtube Filmora.

Anda dapat menggunakan semua fitur yang ada di aplikasi ini tanpa ada kecuali sedikit pun. Aplikasi Wondershare Filmora ini cukup ringan, sehingga tidak akan memberatkan PC ataupun laptop Anda dan tidak akan menimbulkan crash ataupun masalah lainnya seperti masalah yang sering terjadi di Adobe Premiere Pro. Namun, yang sangat disayangkan adalah watermark yang hanya akan hilang jika Anda berlangganan.

10. VSDC Free Video Editor

vsdc free video editor

Aplikasi alternatif terakhir yang dapat Anda coba adalah VSDC Free Video Editor. Untuk saat ini aplikasi VSDC hanya tersedia untuk sistem operasi Windows saja. Aplikasi ini memiliki 2 versi, yaitu gratis dan berbayar.

Meskipun Anda menggunakan versi gratis, fitur-fitur yang disediakannya sudah cukup lengkap,  seperti koreksi warna dan pengeditan audio.

Namun, jika Anda belum cukup puas, Anda bisa mencoba versi yang berbayar atau pro dengan harga sekitar 19,99 dolar AS. Pada versi pro Anda akan mendapatkan fitur tambahan seperti image stabilization, voice over, dan visual waveform.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 alternatif aplikasi pengganti Adobe Premiere yang dapat Anda pilih dan gunakan. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih 🙂

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Adit
Adit
1 month ago

Kok link downloadnya Libre Office semua bang?

Muchammad Zakaria
Admin
1 month ago
Reply to  Adit

Sudah kami update ya.

Send this to a friend