Pembaruan Window 10 21H2 Hadirkan Pengaturan Kamera dan Tampilan Baru

Pembaruan Windows 10 21H2 Hadirkan Pengaturan Kamera dan Tampilan Baru

NESABAMEDIA.COMPembaruan Windows 10 Sun Valley, atau yang juga dikenal dengan versi 21H2 akan hadir dengan beberapa peningkatan untuk aplikasi Settings bawaan. Dalam Build Pratinjau yang baru, Microsoft melakukan uji coba beberapa kontrol baru untuk pengaturan tampilan (monitor tertentu), webcam (webcam eksternal) dan lainnya. 

Di Windows 10 versi 21H2, pengguna bisa mematikan kontrol kecerahan konten adaptif, yang merupakan sebuah metode populer untuk melakukan penghematan daya. Sebagai informasi, sejumlah perangkat menggunakan fitur kontrol kecerahan konten adaptif ini untuk mengurangi cahaya di latar belakang tergantung pada konten yang ditampilkan di layar monitor. 

Namun dalam kasus tertentu, penerapan pengaturan kontrol itu bisa begitu agresif dan berdampak pada masalah akurasi warna. Pembaruan fitur berikutnya akhirnya akan memungkinkan pengguna untuk mematikan fitur tersebut secara langsung melalui aplikasi Settings. Seperti yang terlihat dalam tangkapan gambar berikut ini, pengguna bisa mematikan fitur tersebut dengan mengakses halaman Settings → System → Display.

Pengaturan Display

Pengaturan Display

Pengaturan Kamera di Windows 10

Selama ini para pengguna Windows 10 sedikit kesulitan dalam melakukan konfigurasi kamera di Windows 10, khususnya ketika pengguna memiliki lebih dari satu kamera yang terhubung dengan perangkat. 

Di Windows 10 versi 21H2, pengguna bisa mengelola kamera dengan lebih baik dan leluasa. Seperti mencari daftar kamera yang tersedia di perangkat, dan mengatur kecerahan serta kontras melalui aplikasi Settings. 

Untuk menemukannya, pengguna bisa mengakses halaman Settings → Devices → Camera

Pengaturan Kamera Baru

Pengaturan Kamera Baru

Seperti dalam tangkapan gambar di atas, pengguna bisa memilih kamera dan mengklik pada tombol “Configure” untuk mengakses fitur-fitur tambahan, seperti opsi untuk mengubah kecerahan dan kontras default untuk semua aplikasi. Misalnya, pengguna bisa mengatur kecerahan untuk mengurangi bayangan di sekitar wajah sebelum bergabung dalam panggilan video. 

Jika pengguna memiliki pengaturan kamera tingkat lanjut, maka bisa juga mengatur rotasi kamera, meningkatkan kualitas panggilan video dengan mengaktifkan HDR dan mematikan atau menyalakan fitur Eye Contact. 

Nantinya, Windows 10 juga akan memberikan peringatan kepada pengguna ketika kamera sedang diakses oleh aplikasi bawaan Windows atau aplikasi pihak ketiga, seperti Chrome, Teams dan lainnya. Ketika webcam digunakan, Taskbar akan menampilkan ikon peringatan dan nama aplikasi yang mengakses kamera pengguna. 

Microsoft masih melakukan uji coba pada dua fitur baru tersebut, dan pengguna yang telah bergabung dalam program Windows Insider bisa turut melakukan pengujian. Sementara untuk pengguna publik, fitur ini kemungkinan akan dirilis pada bulan Oktober atau November tahun ini.

Leave a Reply

Send this to a friend