Pembaruan Windows 10 Build 19042.661

Pembaruan Windows 10 Build 19042.661 Perbaiki Isu Mode Gelap dan Hilangnya Data Pengguna

NESABAMEDIA.COMWindows 10 Build 19042.661 – Windows 10 hadir dengan fitur bawaan mode gelap, namun sayangnya untuk fitur hybrid mode gelap memiliki bug yang membuatnya terlihat cukup aneh. Sebab pada akhirnya justru muncul element campuran antara mode gelap dengan mode terang, yang merupakan sebuah kombinasi yang kontras saling berlawanan dan tidak sedap dipandang mata. 

Bug tersebut seperti yang sudah diketahui, akan muncul ketika pengguna melakukan klik kanan pada menu file dan properties akan muncul dengan membawa elemen campuran tersebut. Demikian pula, sejumlah dialog box dan juga jendela File Explorer atau Control Panel menjadi tidak terbaca saat menggunakan mode gelap, di mana warna font juga menjadi berwarna hitam. 

Sepertinya pembaruan Windows 10 versi Build 19042.661, yang saat ini tersedia untuk pengguna di kanal pratinjau, telah memperbaiki bug yang ada pada mode gelap di sistem operasi tersebut. Akan tetapi, masih belum jelas apakah pembaruan tersebut akan dirilis untuk pengguna publik, karena Microsoft memutuskan untuk menunda dirilisnya pembaruan hingga tahun depan untuk Windows 10 karena alasan masa liburan. 

Dengan hadirnya pembaruan ini, Microsoft juga mengirimkan perbaikan yang sebelumnya muncul dengan bug pada Media Creation Tools yang tidak bekerja ketika melakukan peningkatan versi. 

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, bahwa bug di Media Creation Tools itu disebabkan oleh pembaruan Windows 10 20H2, yang menjadikan pengguna tidak bisa menyimpan file, aplikasi atau pengaturan personal mereka saat melakukan pemasangan ulang sistem operasi dengan In-Place Upgrade.

In-Place Upgrade ini merupakan fitur pada Windows 10 berupa proses berbasis wizard untuk memperbaiki instalasi Windows yang tidak bekerja dengan semestinya. Ketika terlalu banyak error dan kesalahan sistem yang terjadi di Windows 10, pengguna disarankan untuk melakukan In-Place Upgrade. 

Pada halaman Media Creation Tools, pengguna tidak bisa memilih opsi “Upgrade This PC Now” dan kemudian memilih opsi “Keep Your Files and Apps” saat melakukan In-Place Upgrade. Sayangnya Enablement Package yang ada di Windows 10 20H2 adalah yang menjadi penyebab masalah ini.

Dalam versi Preview Build untuk Windows Insider, pembaruan 19042.661 itu telah mampu memperbaiki masalah di atas. Jika sesuai jadwal, maka pembaruan ini akan dirilis ke pengguna publik pada tanggal 8 Desember mendatang.

Leave a Reply

Send this to a friend