• Our Partners:

Pembaruan Windows 11 KB5008353 Perbaiki Masalah Render Warna HDR

Pembaruan Windows 11 KB5008353 Perbaiki Masalah Render Warna HDR

NESABAMEDIA.COMMicrosoft telah memperbaiki sebuah masalah umum yang berdampak pada sistem yang menjalankan Windows 11 versi 21H2, di mana aplikasi mungkin mengalami masalah render warna pada layar High Dynamic Range (HDR) ketika menggunakan API Win32. 

Layar HDR hadir dengan rentang warna yang sangat banyak karena dukungannya untuk gamut warna yang lebih luas, sehingga menghasilkan warna yang lebih hidup jika dibandingkan dengan Standar Dynamic Range (SDR). Ini juga memungkinkan warna yang lebih tepat, mengingat adanya dukungan tambahan untuk lebih banyak nuansa warna atau color shades.

 Microsoft telah mengatasi bug rendering warna HDR dengan merilis pembaruan kumulatif Windows 11 KB5008353 yang dirilis sebagai bagian dari pembaruan pratinjau C bulanan non-keamanan bulan Januari 2022. 

Anda bisa memasang pembaruan ini dengan masuk ke halaman Windows Settings, kemudian mengklik Windows Update, dan memilih Check for Updates. Karena ini adalah pembaruan opsional, anda akan diminta untuk mengklik tombol unduh dan pasang, sebelum Windows 11 memasangnya di perangkat anda. Pengunduhan dan pemasangan manual juga bisa dilakukan dengan mengunjungi halaman katalog pembaruan Microsoft

Seperti yang telah diungkapkan Microsoft pada bulan Desember lalu, pengguna Windows 11 mengalami masalah rendering warna karena bug yang mempengaruhi beberapa API Win32. 

“Setelah memasang Windows 11, beberapa program penyuntingan gambar mungkin tidak menampilkan warna dengan benar pada layar HDR tertentu,” jelas Microsoft melalui halaman dasbor kesehatan Windows saat bug itu mulai muncul.

Dari laporan yang diterima, Microsoft mengatakan bahwa kebanyakan bug tersebut terjadi pada warna putih, yang justru ditampilkan dengan warna kuning atau warna cerah lainnya. Masalah tersebut terjadi ketika rendering warna tertentu API Win32 mengembalikan informasi atau kesalahan yang tidak diharapkan dalam kondisi tertentu.

Microsoft juga menambahkan bahwa tidak semua program pengelola profil Windows 11 terdampak oleh masalah rendering ini. 

Selain masalah rendering warna HDR, pembaruan Windows 11 KB5008353 juga hadir dengan informasi mengenai sebuah masalah umum lainnya, di mana pencarian Microsoft Outlook tidak bekerja dengan semestinya, dan juga tidak menampilkan email terbaru. Microsoft pun menyarankan agar pengguna mematikan mesin pencari Windows Desktop, sehingga memaksa penggunaan mesin pencari bawaan Outlook. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments