Pembaruan Windows 11 KB5012643 Meluncur ke Pengguna Publik

Pembaruan Windows 11 KB5012643 Meluncur ke Pengguna Publik

NESABAMEDIA.COMPembaruan Windows 11 KB5012643 kini telah tersedia dengan beberapa perubahan penting, dan serangkaian perbaikan bug tambahan. Pembaruan diluncurkan melalui Windows Update dan WSUS, tetapi anda juga bisa mengunduh installer offline apabila ada masalah ketika menggunakan metode tradisional.

Pembaruan Windows 11 KB5012643 adalah pembaruan pratinjau kumulatif opsional dan dirancang untuk menguji perubahan yang diatur untuk dikirimkan dengan pembaruan Patch Tuesday bulan Mei 2022. Seperti pembaruan opsional lainnya, pembaruan kumulatif ini tidak akan terunduh dan terpasang secara otomatis, kecuali anda memeriksa pembaruan dan memulai pengunduhan secara manual.

Pembaruan kumulatif opsional ini bukanlah rilisan besar, tidak seperti pembaruan opsional bulan Maret sebelumnya, namun meski demikian ada beberapa peningkatan kualitas. Misalnya, Microsoft telah menambahkan sebuah fitur baru yang akan menampilkan suhu di atas ikon cuaca, yang ditambahkan ke Taskbar dengan pembaruan bulan April 2022.

Microsoft juga telah memperbaiki masalah di mana sistem operasi salah dalam menyelaraskan subtitle video dan subtitle yang terpotong sebagian. Microsoft mengatakan pembaruan ini juga membuat perubahan untuk mencegah pengguna menggunakan kontrol jendela Windows, seperti tombol perkecil, maksimalkan dan tutup.

Seperti yang disebutkan di atas, pembaruan opsional kumulatif Windows ditawarkan melalui Windows Update di halaman Settings. Jika anda masih ingin mengunduh installer offline yang ditawarkan dalam paket MSU, anda bisa menuju ke halaman Katalog Pembaruan Microsoft. 

Sebagai informasi, proses mengunduh paket pembaruan kini jauh lebih mudah di browser seperti Google Chrome. Sebelumnya Microsoft menyajikan pembaruan pada Katalog Pembaruan melalui protokol HTTP yang kurang aman. Sehingga browser seperti Google memblokir pengguna agar tidak membuka paket .msu itu langsung di tab browser.

Kini, tautan di halaman Katalog Pembaruan Microsoft disajikan melalui protokol HTTPS dan Google tidak lagi memblokir pengguna untuk membuka tautan untuk mengunduh paket MSU tersebut.

Masalah Umum

Microsoft memahami akan adanya satu masalah umum dalam pembaruan kali ini. Merujuk pada catatan rilis yang ada, jika anda membuat sebuah recovery disk menggunakan fitur Backup and Restore dari Windows 7, maka recovery itu tidak akan bekerja. 

Namun dijelaskan juga bahwa bug ini tidak akan berdampak pada aplikasi backup dan recovery pihak ketiga. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend