Pendapatan LG Tembus 70 Triliun Won, Pertama Kali Sejak Keluar Dari Bisnis Smartphone

Pendapatan LG Tembus 70 Triliun Won, Pertama Kali Sejak Keluar Dari Bisnis Smartphone

NESABAMEDIA.COMLG Electronics pernah menjadi brand terkenal di pasar smartphone. Dalam beberapa tahun terakhir, secara bertahap perusahaan itu kehilangan daya saing, utamanya dengan perusahaan asal Cina.

Mereka pun menarik diri dari pasar smartphone pada tahun lalu. Setelah lepas dari lini bisnis smartphone, rupayan kinerja LG tidak menurun dan malah mengalami peningkatan. Sepanjang tahun 2021, pendapatan LG diketahui menembus angka 70 triliun won atau sekitar $58,4 miliar dollar untuk pertama kalinya. 

Beberapa hari yang lalu, LG mengumumkan laporan awal mengenai kinerja mereka sepanjang tahun 2021. Diketahui, pendapatan tahunan perusahaan telah mencapai 74.72 triliun won. Ini adalah pertama kalinya pendapatan tahunan LG melebihi angka 70 triliun won, yang merupakan peningkatan sebesar 28,7% secara tahunan. Pencapaian ini juga melebihi dari apa yang diperkirakan banyak analis sebelumnya. Namun keuntungan operasional tahunan LG hanya sebesar 3,87 triliun won, di mana ini merupakan penurunan sebesar 1% dari perkiraan pasar. 

Kinerja keuangan terbaru dari LG ini merupakan indikasi yang sangat jelas bahwa bisnis smartphone LG memang menjadi beban perusahaan. Perusahaan kini berfokus pada pasar lainnya yang memiliki keuntungan lebih besar daripada industri smartphone. 

Sebelumnya, perusahaan asal Korea Selatan itu telah kesulitan untuk bersaing di pasar smartphone. Setelah mengalami sejumlah kerugian beruntun di pasar Cina, perusahaan akhirnya harus keluar dari persaingan sengit di pasar tersebut. Tidak menunggu lama, hingga kemudian hal yang sama menimpa LG di pasar global. Tahun lalu, LG secara resmi mengkonfirmasi bahwa mereka akan secara bertahap menutup bisnis smartphone mereka. 

LG kemudian sepenuhnya menutup bisnis smartphone mereka pada bulan Juli tahun lalu. Meski demikian, masih banyak produk smartphone mereka yang dijual di pasaran. Perangkat smartphone ini nantinya masih akan mendapatkan pembaruan rutin. LG menyatakan bahwa mereka akan tetap memberikan dukungan layanan dan pembaruan software untuk pengguna yang masih menggunakan produk mereka, dan jangka waktunya akan berbeda untuk wilayah yang berbeda juga. Bahkan, LG juga sempat mengirimkan pembaruan Android 12.

Leave a Reply

Send this to a friend