Pengelolaan Driver di Windows 10 Akan Semakin Mudah Dengan Hadirnya Fitur Baru

Pengelolaan Driver di Windows 10 Akan Semakin Mudah Dengan Hadirnya Fitur Baru

NESABAMEDIA.COMPengelola perangkat (Device Manager) di Windows 10 mendapatkan sebuah peningkatan yang sangat membantu para pengguna, di mana pencopotan atau uninstall driver tertentu menjadi lebih mudah dengan melihat perangkat mana yang menggunakannya. 

Ketika sistem Windows 10 mendeteksi adanya sebuah perangkat keras baru yang terhubung, sistem akan mencoba untuk mencari driver yang cocok untuk mengenali perangkat keras itu di sistem operasi. Jika sebuah driver yang telah terpasang bisa mengenali perangkat keras lainnya, maka sistem Windows 10 akan secara otomatis menggunakan driver tersebut, ketimbang mengunduh dan memasang driver baru.

Ketika pengguna mulai memasang sebuah driver perangkat keras yang baru, sistem operasi akan terlebih dahulu membaca file informasi pemasangan atau .inf, yang berisi sejumlah informasi tentang bagaimana driver seharusnya terpasang. 

Dalam sebuah build terbaru di kanal Pengembang Insider Windows 10, Microsoft telah menambahkan sebuah fitur baru ke Device Manager yang akan memperingatkan pengguna bahwa sistem operasi mungkin tidak akan mencopot atau uninstall sebuah driver jika ada perangkat lain yang menggunakannya. 

Seperti yang terlihat dalam tangkapan layar gambar berikut ini, ketika mencoba untuk mencopot perangkat NVIDIA GeForce GTX 670, muncul sebuah peringatan bahwa Windows 10 mungkin tidak akan menghapus driver apabila masih digunakan oleh perangkat lain. 

"Peringatan

Dialog yang muncul itu kemudian akan menyarankan pengguna untuk mengubah Device Manager ke tampilan baru yakni daftar Perangkat Menurut Driver yang mencantumkan file .info, yang sedang digunakan dan perangkat apa saja yang menggunakannya.

Mode tampilan Perangkat Menurut Driver baru ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah melihat semua perangkat yang menggunakan driver tertentu dan mencopot masing-masing driver dan menghapus driver lain yang terkait.

Selain mode tampilan Perangkat Menurut Driver, Microsoft juga menambahkan tampilan daftar Driver Menurut Jenis dan Driver Menurut Perangkat, untuk menunjukkan informasi yang sama dengan cara yang berbeda. Misalnya, tampilan daftar Driver Menurut Jenis akan mengelompokkan file .inf berdasarkan jenis dari perangkat.  Sementara tampilan Driver Menurut Perangkat akan menampilkan file .inf di bawah nama perangkat yang menggunakannya.

Fitur baru ini sepertinya akan dihadirkan untuk pembaruan Windows 10 Sun Valley yang hadir pada musim gugur tahun ini.

Leave a Reply

Send this to a friend