Pengembang Ini Rilis Aplikasi Paint Dengan Mode Gelap Untuk Windows 11

Pengembang Ini Rilis Aplikasi Paint Dengan Mode Gelap Untuk Windows 11

NESABAMEDIA.COMBulan Agustus lalu, cukup lama sebelum Windows 11 dirilis ke publik, Microsoft pernah mengumumkan aplikasi Paint untuk Windows 11 yang mendapatkan perombakan tampilan dengan adanya mode gelap.

Namun, sudah empat bulan setelahnya, para pengguna bahkan yang berada di program Windows Insider belum juga mendapatkan mode baru tersebut. Meskipun juga Microsoft pada bulan September kembali menegaskan bahwa aplikasi Paint dengan mode baru itu akan hadir dalam pembaruan yang akan datang. 

Jika anda ingin mendapatkan aplikasi Paint dengan mode gelap tanpa harus menunggu lebih lama lagi, anda bisa menggunakan cara berikut ini. Perlu dicatat, ini merupakan aplikasi Paint yang dibuat oleh pengembang pihak ketiga bernama Ahmed Walid. 

Dalam akun Twitternya, Ahmed Walid mendemonstrasikan seperti apa aplikasi Paint dengan tambahan mode gelap tersebut, yang dia sebut dengan Dark Paint, termasuk juga dengan nomor versi yang digunakan. Dia juga menunjukkan jendela penyuntingan warna yang juga memiliki tampilan mode gelap. 

Walid pada awalnya hanya menyediakan aplikasi Paint mode gelap ini dengan file XBF saja, namun pengguna lain bernama FireCube telah menjadikannya dalam bentuk paket yang dibundel dengan beberapa file penting lainnya, sehingga membuat proses pemasangan aplikasi tersebut menjadi lebih mudah bagi mereka yang ingin mencobanya. 

“Ingatkah dengan mode gelap untuk paint yang saya cuitkan sebelumnya? Kini saya telah merilis file XBF-nya. Terima kasih untuk @minusium yang telah melakukan pengujian dan menyediakan beberapa sampelnya. Ini hanya bisa digunakan pada build terbaru di saluran Pengembang,” cuit Ahmed Walid dalam akun Twitternya.

Berikut langkah-langkah untuk memasang dan menggunakan aplikasi Dark Paint tersebut:

  1. Ekstrak file Zip
  2. Aktifkan mode pengembang
  3. Copot aplikasi Paint sebelumnya
  4. Gunakan metode Add-AppxPackage seperti yang dijelaskan pada tautan berikut ini
  5. Gunakan perintah -Register .\AppxManifest.xml

Perlu dicatat bahwa aplikasi ini hanya bisa digunakan pada Microsoft Windows 11, dan pengguna juga harus tergabung di saluran Pengembang di program Windows Insider saja. Kemudian mengingat ini adalah aplikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga dan tidak resmi, maka perlu dipahami juga akan akibat dan resiko yang mungkin bisa ditimbulkan, yang kemungkinan juga bisa merusak perangkat anda dalam kasus tertentu.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend