Pengertian 4G Beserta Kelebihan dan Kekurangan Jaringan 4G yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Di zaman yang semakin modern saat ini mungkin menjadi hal yang wajar bagi setiap orang menggunakan peralatan komunikasi dan informasi seperti internet untuk berbagai keperluan. Sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada masyarakat pastinya para perusahaan telekomunikasi akan selalu mengupgrade kualitas produknya, baik melalui inovasi terbaru maupun teknologi yang digunakan.

Salah satu bentuk upgrade yang dimaksud adalah dengan adanya jaringan 4G yang saat ini cukup banyak diminati masyarakat. Sebagai suatu peralatan telekomunikasi tentunya peran jaringan yang bagus menjadi perhatian utama.

Dalam artikel kali ini penulis ingin lebih memfokuskan pembahasan pada definisi jaringan 4G yang saat ini menjadi tren tersendiri dalam dunia teknologi komunikasi dan informasi. Selain itu kami juga akan mengulas seberapa cepat jaringan 4G ini sehingga banyak diminati serta kelebihan dan kekurangan yang tentunya wajib diketahui, mengingat banyak dari kita juga merasakan penggunaan jaringan 4G ini. Dengan pemahaman yang lebih penulis juga berharap anda dapat lebih bijak Langsung saja ulasan lengkap mengenai pengertian 4G dapat anda simak dibawah ini :

Pengertian 4G

pengertian 4G dan fungsi 4G

Hampir semua pengguna perangkat telekomunikasi seperti PC ataupun handphone terutama dalam hal berselancar di internet pastinya menginginkan kualitas jaringan terbaik. Sebelum adanya 4G yang memiliki artian lain 4 (four) generation, sudah ada teknologi 2G dan 3G. Pada dasarnya 4G memang merupakan pengembangan dari 2G dan 3G sehingga menghasilkan kualitas jaringan yang semakin baik kedepannya.

Pada generasi pertama 1G kecepatan yang dihasilkan masih rendah (low speed) dan baru ketika memasukan generasi kedua 2G dikenal GSM dan CDMA dengan dijadikannya sebagai standar komersial format digital. Dan pada akhirnya pada generasi ketiga atau 3G mulai dapat dilakukan transfer data dengan kecepatan tinggi (high speed) serta dapat digunakan untuk aplikasi multimedia.

Pada jaringan ini juga mulai dikenal W-CDMA atau yang biasa dikenal dengan UMTS dan EV-DO. Sebelum 4G terdapat HSDPA (High Speed Downlink Packet Acces) atau yang biasa disebut dengan 3.5G yang merupakan pengembangan dari W-CDMA. Sama halnya diantara generasi kedua dan ketiga juga terdapat 2.5G dengan teknologi berbasis data seperti GPRS dan EDGE.

Pada teknologi 4G terdapat suatu sistem yang komprehensif dimana para pengguna dapat saling melakukan transfer data berupa suara dan berbagai macam arus multimedia dengan lebih kecepatan lebih tinggi dibandingkan teknologi – teknologi sebelumnya. Dengan mengkonversikan teknologi kabel dan nirkabel maka dapat diperoleh suatu teknologi dengan kecepatan jaringan mencapai 100Mb/detik atau bahkan 1Gb/detik berkualitas premium dan pastinya memiliki keamanan tinggi.

Kecepatan 4G

kecepatan 4G

Perkembangan dari suatu teknologi pastinya ditujukan agar memberi manfaat lebih kepada para pengguna, termasuk juga dengan adanya teknologi 4G ini. Dari sekian banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari 4G ini faktor kecepatan adalah satu hal yang paling disorot dan menjadi perhatian pada hampir semua pengguna di seluruh dunia. Perlu diketahui meskipun 4G memiliki kecepatan jaringan yang tinggi namun kita harus melihat lokasi dan di negara mana teknologi itu digunakan.

Pada Indonesia teknologi 4G terus mengalami peningkatan setiap tahunnya setelah peluncuran nya secara komersil pada tahun 2014 di seluruh dunia. Hal ini diperkuat dengan semakin tinggi juga penggunaan Smartphone di Indonesia. Namun meskipun terus meningkat pada kenyataannya kecepatan 4G di Indonesia masih menempati urutan ke lima terbawah dari 77 negara di dunia dengan tingkat kecepatan download 9,02Mbps. Indonesia masih berada di atas negara seperti Filipina dengan 8,24 Mbps, Arab Saudi 7,33 Mbps, Kosta Rika 6,98 Mbps, dan India 6,13 Mbps.

Sedangkan untuk negara dengan urutan kecepatan 4G paling atas diduduki oleh negara Singapura dengan 46,64 Mbps lalu diikuti oleh Korea Selatan dengan 45,85 Mbps. Berdasarkan penelitian yang dilakukan perkembangan negara penggunaan 4G bisa dibilang sangatlah pesat, mengingat pada beberapa bulan sebelumnya masih terdapat 33 negara dengan ketersediaan 4G mencapai 70% dan saat ini sudah menjadi 77 negara di seluruh dunia.

Kelebihan dan kekurangan 4G

kelebihan dan kekurangan 4G

Sebagai bukti nyata dari sebuah pengembangan teknologi dari generasi – generasi sebelumnya, maka seiring berjalannya waktu 4G terus mengalami inovasi demi memuaskan para pengguna nya. Oleh karena itu selain dari segi kecepatan, teknologi 4G juga menyimpan kelebihan – kelebihan lain. Berikut kami jelaskan secara rinci kelebihan – kelebihan dari teknologi 4G :

  1. Kapasitas suatu jaringan 4G LTE tergolong sangat tinggi sehingga hal ini dapat lebih efisien serta mempermudah kecepatan transfer data. Selain itu ketika digunakan untuk menonton video juga tidak akan terjadi buffering dikarenakan kecepatan yang stabil setiap saat.
  2. Pada lingkungan perkotaan kemampuan dan frekuansi band dari 4G ini bisa dibilang mencapai puncaknya. Tingkat kecepatan suatu mobile broadband ini biasanya dipengaruhi tinggi rendahnya suatu kawasan.
  3. Kemudahan lain yang dapat diperoleh dari 4G ini adalah ketika bermain game online. Karena kecepatan yang tinggi dan stabil maka ketika bermain suatu game tertentu juga tanpa adanya hambatan atau lag.

Selain menawarkan berbagai kelebihan perlu diketahui juga bahwasanya 4G masih memiliki kekurangan. Hal ini sangatlah wajar karena suatu perkembangan teknologi bukanlah untuk mencari kesempurnaan melainkan agar lebih baik dari teknologi – teknologi sebelumnya. Berikut adalah kelemahan dari 4G yang wajib anda ketahui.

  1. Karena terbilang teknologi baru masih banyak device atau perangkat yang belum mensupport 4G ini. Meskipun pada keluaran – keluaran terbaru support terhadap 4G merupakan hal yang mutlak.
  2. Semakin tinggi teknologi dan digunakan maka tidak menutup kemungkinan biaya yang dikeluarkan juga lebih tinggi, termasuk juga pada 4G ini. Pembangunan infrastruktur untuk menunjang 4G ini tentunya memakan biaya cukup besar.

Itulah pembahasan seputar pengertian 4G dan hal-hal lain yang berhubungan dengan jaringan 4G. Semoga dengan semakin majunya teknologi jaringan, salah satunya 4G ini, membuat aktivitas dan permasalahan manusia menjadi lebih mudah teratasi.

Leave a Reply