Pengertian Solaris Beserta Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Solaris

Berbagai program aplikasi yang canggih telah diciptakan untuk menangani berbagai permasalahan kehidupan. Adanya bantuan berbagai program aplikasi akan memberikan berbagai kemudahan dalam melakukan berbagai kegiatan. Program aplikasi yang diciptakan untuk mendukung agar segala pekerjaan manusia menjadi lebih cepat diselesaikan dan dapat memberikan hasil yang maksimal.

Adanya berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu berbagai aktivitas manusia akan menghasilkan berbagai dampak positif. Penggunaan berbagai program aplikasi yang saat ini semakin dikembangkan oleh para developer menjadikan sebuah keuntungan baru dan adanya profesi baru yang cocok untuk dikerjakan oleh orang-orang yang mengerti bagaimana mendevelop atau mengembangkan sebuah program aplikasi dengan fungsi yang bervariasi.

Program aplikasi yang digunakan untuk membantu berbagai kehidupan manusia akan menjadikan banyak hal yang bisa dikerjakan dalam waktu yang singkat. Dengan adanya berbagai kelebihan yang bisa didapatkan, akan menjadikan peluang baru untuk dapat mengembangkan berbagai program dengan fungsi-fungsi yang bisa membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh banyak masyarakat. Adanya berbagai teknologi pendukung bisa memberikan dukungan penggunaan program aplikasi dalam platform apapun. Dengan berjalannya program aplikasi sesuai yang diharapkan akan menjadikan suatu terobosan terbaru dalam pengembangan berbagai aplikasi.

Berbagai macam program aplikasi bisa dijalankan pada sistem operasi apapun dan platform apapun program aplikasi bisa menjalankan berbagai fungsinya. Dengan berbagai platform yang bisa mendukung berjalannya suatu program aplikasi akan menambah kemudahan pengguna dalam mengakses aplikasi tersebut. Adanya berbagai fitur yang bisa digunakan pengguna untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapinya. Ada berbagai macam sistem operasi yang bisa digunakan untuk berbagai perangkat elektronik.

Pengertian Solaris

pengertian solaris dan fungsi solaris adalah

Solaris merupakan nama dari salah satu sistem operasi yang diluncurkan oleh oracle. Sistem operasi solaris adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Sun Microsystem. Solaris merupakan sistem operasi yang bisa dijalankan pada perangkat keras dengan spesifikasi X64 bit, X86 bit, dan SPARC. Solaris menjadi salah satu sistem operasi yang bisa diakses dan diperoleh secara bebas, dengan kata lain solaris merupakan sistem operasi yang bersifat open-source.

Dengan perjalanan yang panjang, solaris pada masanya lebih dikenal dengan nama oracle solaris. Menjadi salah satu sistem operasi open-source adalah salah satu sistem operasi yang mudah digunakan oleh pengguna. Nama oracle solaris yang lebih dikenal oleh masyarakat bermula pada 2010. Pada tahun 2010, oracle memutuskan untuk mengakuisisi Sun Microsystem.

Setelah oracle mengakuisisi Sun Microsystem, nama solaris menjadi lebih terkenal karena banyaknya fitur dan berbagai spesifikasi yang dimiliki oleh oracle solaris. Adanya berbagai macam fitur menjadikan oracle solaris menjadi sistem operasi yang diakui secara spesifikasi. Spesifikasi standar yang ditetapkan oleh Single Unix Specification bisa dipenuhi oleh oracle solaris. Segala kode program yang dikembangkan untuk membentuk oracle solaris adalah kode program yang dikembangkan dibawah naungan lisensi CDDL.

Asal mula nama oracle solaris berasal pada produk SunOS versi 4.1 yang dirilis dalam versi mikro. Produk SunOS 4.1 berhasil dipasarkan dengan nama Solaris 1. Seiring berjalannya waktu, sistem operasi solaris terus dilakukan pengembangan hingga memunculkan rilisan versi berikutnya yaitu SunOS 5. SunOS 5 berhasil dipasarkan dengan nama Solaris 2. Sehingga dengan adanya penamaan seperti itu, Sun Microsystem tetap mengembangkan versi-versi berikutnya dengan susunan nama yang sudah ada.

Fungsi Solaris

Oracle solaris atau sistem operasi solaris memiliki fungsi yang sangat signifikan yaitu digunakan sebagai sistem operasi yang bisa dijalankan diberbagai arsitektur perangkat keras yang ada.

Dengan adanya berbagai versi perangkat keras yang membutuhkan adanya sistem operasi untuk menjalankan aktifitasnya, oracle solaris hadir untuk mengatasi hal tersebut. Oracle solaris memiliki fungsi untuk digunakan sebagai sistem operasi yang bisa dijalankan pada perangkat keras berspesifikasi X64 bit, X86 bit dan SPARC.

Kelebihan & Kekurangan Solaris

Oracle solaris dengan berbagai macam spesifikasinya juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Sebagai sistem operasi atau produk yang dikembangkan oleh manusia, sistem operasi oracle solaris memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan sistem operasi oracle solaris:

Kelebihan:

  1. Bebas didistribusikan. Dengan model pengembangan yang bersifat open-source, sistem operasi oracle solaris memiliki sifat yang mudah didistribusikan. Oleh karenanya, banyak orang yang menggunakan sistem operasi oracle solaris pada masa kejayaan sistem operasi oracle solaris.
  2. Sistem restore yang mirip dengan restore pada windows. Menjadi salah satu kelebihan yang terdapat pada oracle solaris yaitu sistem restore yang dimilikinya hampir sama dengan sistem restore yang terdapat pada sistem operasi windows. Dengan adanya berbagai persamaan sistem, akan lebih mudah dimengerti oleh pengguna ketika mereka melakukan restore.
  3. Virtualisasi dalam berbagai bentuk. Dengan adanya virtualiasasi yang dimiliki oleh orace solaris akan lebih memudahkan untuk digunakan.
  4. Skalabilitas pada oracle solaris sangat tinggi Spesifikasi atau standar yang dimiliki oleh oracle solaris pada tingkat skalabilitas sangat tinggi. Dengan adanya hal ini akan menguntungkan pengguna karena dapat menggunakan sistem operasi oracle solaris dengan maksimal.
  5. Memiliki sistem file yang cukup stabil. Dengan dilengkapi berbagai fitur yang menarik, sistem operasi oracle solaris bisa dijadikan salah satu sistem operasi yang bisa diandalkan karena memiliki sistem file yang cukup stabil.

Kekurangan:

  1. Versi berbayar sangat mahal. Sistem operasi oracle solaris dikembangkan dengan berbagai macam versi. Ada versi-versi yang dikembangkan namun tidak open-source, melainkan berbayar. Dengan adanya hal tersebut, harga untuk sistem operasi oracle solaris sangat mahal.
  2. Izin yang diberikan kepada para pejabat masih kurang
    Meskipun dilengkapi dengan fitur-fitur yang cukup, sistem operasi oracle solaris masih belum memiliki hak akses lebih untuk digunakan secara bebas oleh para pejabat.
  3. Driver pada Hardware masih kurang baik. Meskipun memiliki fungsi dan fitur yang menarik dan cukup standar, sistem operasi oracle solaris masih memiliki spesifikasi driver hardware yang kurang baik secara keseluruhan.

Itulah pengertian Solaris beserta fungsi, kelebihan dan kekurangan Solaris yang perlu anda ketahui. Dengan adanya berbagai macam versi sistem operasi yang beredar dipasaran akan memudahkan pengguna dalam memilih sistem operasi yang tepat untuk berbagai perangkat keras yang dimilikinya.

Dengan adanya berbagai macam pilihan, pengguna bisa menyesuaikan dengan bagaimana spesifikasi yang mereka butuhkan. Meskipun Solaris masih jauh dibawah sistem operasi Windows dan Linux, namun tetap saja ada beberapa kelebihan dari Solaris yang tidak dimiliki oleh kedua sistem operasi tersebut.

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply