Pengertian Cloud Computing Beserta Kelebihan, Kekurangan dan Cara Kerja Cloud Computing

Dengan semakin berkembang pesatnya teknologi dan informasi, maka banyak istilah – istilah baru bermunculan. Salah satunya adalah suatu teknologi yang bernama Cloud Computing atau dalam istilah Bahasa Indonesia dikenal dengan nama Komputasi Awan.

Istilah Cloud atau Awan ini sebenarnya penggambaran dari teknologi internet itu sendiri. Seringkali kita melihat suatu diagram internet dicakup atau berada di dalam suatu simbol yang berbentuk awan. Teknologi cloud computing ini memang cukup popular dan mulai banyak diminati serta dimanfaatkan di segala bidang seperti untuk media penyimpanan, industri, pengembangan industri dan masih banyak lagi.

Di dalam artikel kali ini penulis ingin menjelaskan lebih dalam mengenai teknologi cloud computing ini, meliputi definisi atau pengertian cloud computing, cara kerja serta kelebihan dan kekurangannya ketika digunakan. Harapan kami adalah selain ingin memperkenalkan pada masyarakat yang masih awam mengenai cloud computing juga menjadi media pembelajaran tersendiri untuk anda yang ingin menggunakannya atau sekedar ingin tahu. Langsung saja ulasan lengkap mengenai pengertian cloud computing dapat anda simak dibawah ini :

Pengertian Cloud Computing

Pengertian Cloud Computing

Bagi masyarakat awam mungkin istilah cloud computing ini masih terdengar samar atau belum diketahui, meskipun tak jarang di aktivitas sehari – hari melibatkan teknologi yang satu ini. Contoh yang paling banyak digunakan adalah media penyimpanan Google Drive atau Drop Box. Namun cloud computing tidak terbatas hanya pada penyimpanan saja namun masih banyak lagi. Sebelumnya sudah sempat dijelaskan bahwa cloud computing dapat diartikan sebagai komputasi awan, dan definisinya secara umum yakni merupakan suatu teknologi yang menggabungkan kemampuan dari komputer (computing) dengan pengembangan yang berbasis internet (cloud).

Cloud computing biasanya menjalankan suatu program tanpa melakukan proses instalasi terlebih dahulu. Tidak hanya itu pengguna juga dapat mengakses data – data yang ada di dalam aplikasi tersebut dimana pun dan kapan pun. Salah satu contohnya adalah dalam bentuk media penyimpanan seperti Google Drive, Drop Box, ataupun bentuk aplikasi lain seperti Gmail, Yahoo Mail, Windows Azure, Amazon dan lain – lain. Namun perlu diingat juga tidak semua aplikasi yang terkoneksi internet menerapkan cloud computing juga.

Beberapa perusahaan besar selain Google dan Yahoo juga sudah mulai atau bahkan menggunakan sistem cloud computing untuk mengembangkan usahanya. Banyak juga diantaranya yang terdapat di Indonesia seperti DealPOS, Telkom dan lain – lain.

Cara Kerja Cloud Computing

Pengertian Cloud Computing dan Cara Kerjanya

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa teknologi cloud computing ini merupakan gabungan dari perangkat komputer dengan jaringan internet. Kedudukan internet disini adalah sebagai server dari suatu program atau aplikasi yang digunakan. Para pengguna dapat mengakses data atau bahkan melakukan perubahan pada sistem dengan akun tersendiri dan tanpa melakukan proses instalasi. Anda dapat mengirim perintah ke sistem dari program tersebut melalui interface yang disediakan. Perintah yang dikirim selanjutnya disimpan secara virtual untuk selanjutnya ditindaklanjuti sebagaimana mestinya.

Dengan cara kerja cloud computing seperti ini maka prosesnya akan lebih cepat serta akurat. Cara kerja sistem cloud ini juga lebih menjamin dari segi keamanan, oleh karena pemanfaatan cloud computing memang lebih banyak dilakukan dalam hal media penyimpanan. Penggunaan perangkat harddisk ataupun flashdisk memang banyak memunculkan resiko. Hal itulah yang melatarbelakangi kemunculan Google Drive ataupun Drop Box meskipun kapasitasnya masih sangat terbatas.

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing

kelebihan dan kekurangan

Banyaknya perusahaan yang mulai menggunakan teknologi cloud computing membuktikan bahwa pengaruh yang ditimbulkan cukup besar. Bagi sebagian besar pengguna memang menilai kinerja dari cloud computing ini cukup memuaskan. Namun wajib diketahui bahwa suatu hal yang dianggap menguntungkan tidak menutup kemungkinan juga masih menyimpan kekurangan tersendiri, termasuk juga pada cloud computing.

Kelebihan Cloud Computing

  • Kelebihan yang paling ditonjolkan dalam penggunaan cloud computing dan memang paling sering dirasakan oleh para penggunanya adalah meminimalisir biaya, terutama bagi suatu perusahaan. Namun hal ini berlaku jika anda menggunakan jasa sewa server cloud computing karena tidak perlu mengkhawatirkan hardware serta keperluan – keperluan lain yang dibutuhkan.
  • Mengingat cara kerjanya yang memanfaatkan cloud/internet maka anda dapat lebih mudah mengakses data dimanapun dan kapanpun, tidak perlu juga membawa peralatan milik sendiri.
  • Meskipun memiliki kapasitas yang terbatas namun anda tidak perlu mengkhawatirkan efektifitasnya. Ketika kapasitas penyimpanan sudah penuh maka sebagai pengguna anda juga bisa mengajukan peningkatan kapasitas, contohnya paket premium pada Google Drive.
  • Mengingat penggunaan cloud computing yang dihandle oleh perusahaan penyewa hosting maka anda tidak perlu belajar dan memahami sistemnya. Hal ini sangatlah membantu konsumen karena hanya diperlukan pemahaman mengenai cara kerja dan penggunaannya.

Kekurangan Cloud Computing

  • Meskipun dianggap sebagai solusi teraman untuk menyimpan data namun wajib diketahui juga bahwa cloud computing juga masih memiliki banyak celah, salah satunya kerahasiaan yang masih diragukan. Contohnya yang terjadi pada media sosial seperti Facebook, Twitter dan lain – lain dimana data pengguna yang tersimpan di server pusat dapat dengan mudah disebarluaskan.
  • Mengingat disini anda menggunakan server dari perusahaan penyewa hosting cloud computing maka tidak menutup kemungkinan juga bahwa sewaktu – waktu server down atau bahkan terjadi kerusakan, meskipun kemungkinannya sangat kecil. Pastikan juga bahwa anda memilih perusahaan penyewaan hosting yang teruji dan berkualitas.

Salah satu hal yang juga mungkin sering dikeluhkan oleh para pengguna yakni perlunya koneksi internet yang stabil agar bisa mengakses data dan menggunakan aplikasi cloud computing. Hal ini juga membuat terbatasnya wilayah penggunaan mengingat penyesuaian dengan kondisi jaringannya.

Leave a Reply

Send this to a friend