Pengertian CodeIgniter Beserta Kegunaan, Kelebihan, serta Kekurangannya

Pengertian CodeIgniter

Pengertian Codeigniter adalah sebuah framework yang dibuat dengan berdasarkan rumus desain atau design pattern dengan model view controller atau yang juga biasanya dinamakan sebagai MVC.

Design pattern sendiri merupakan sekumpulan penjelasan yang di dalamnya memuat berbagai macam metode untuk menyelesaikan permasalahan yang umum yang biasanya ditemukan ketika melakukan proses perancangan sotware atau perangkat lunak.

Design pattern juga merupakan sebuah petunjuk mengenai langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut yang berkaitan dengan software design. Sementara itu, MVC merupakan metode pendekatan yang berfungsi memisahkan sebuah aplikasi menjadi 3, yakni:

pengertian codeigniter

1. Model

Model digunakan untuk mempresentasikan data yang akan digunakan oleh aplikasi. Contoh data tersebut misalnya seperti database, RSS, maupun data yang didapatkan melalui sebuah pemanggilan API. Selain itu, model juga bisa diperoleh melalui sebuah aksi yang melibatkan beberapa tugas operasi, seperti Update, Create, maupun Deleter data.

2. View

View merupakan sebuah tampilan yang akan ditampilkan oleh pengguna melalui sebuah browser. Tampilan tersebut biasanya akan berbentuk file  HTML maupun juga berbagai kode PHP yang berperan di dalam penyusunan template untuk sebuah website. Di dalam codeigniter, view bisa berupa bagian-bagian yang ada di dalam suatu halaman, template, maupun juga jenis lainnya yang berasal dari halaman maupun template tersebut.

3. Controller

Controller merupakan sebuah business logic yang berperan sebagai jembatan antara view dan model. Tugas dari controller yakni merespon permintaan yang berasal dari HTTP yang berasal dari pengguna ketika mengetikkan pencarian di browser. Dari request inilah nantinya controller akan menentukan apa yang seharusnya dilakukan. Jika memang diperlukan, controller akan melakukan pemanggilan pada model agar supaya dapat mengolah data.

Selanjutnya, controller akan mulai memanggil view dengan berdasarkan data yang diinput sehingga bisa menampilkan hasil yang sesuai dengan apa yang dimaksud. Pada akhirnya, controller tersebut akan mengembalikan kembali dan memunculkannya di browser sehingga user bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Perlu dipahami juga bahwasanya codeigniter merupakan program yang dikembangkan oleh Rick Ellis yang memulai debutnya tersebut pada 28 Februari 2006. Sampai sekarang sudah beredar banyak berbagai versi dari codeigniter yang akan terus berkembang dengan berbagai penambahan dan peningkatan fitur yang lebih baik dibandingkan dengan versi yang sebelumnya. Adapun versi terbaru codeigniter yang saat ini sudah muncul adalah versi 2.2.

Codeigniter ini juga merupakan framework yang sifatnya open source yang biasanya dipakai dalam bahasa pemograman PHP. Codeigniter dilengkapi dengan berbagai macam fitur sehingga membuatnya memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan framework yang lainnya.

Kegunaan CodeIgniter

Pengertian CodeIgniter dan Kegunaannya

Apa saja kegunaan codeigniter? Di bawah ini akan kami berikan informasi mengenai fungsi yang dimiliki oleh codeigniter yang perlu dipahami, khususnya Anda yang sedang fokus mempelajari framework yang satu ini.

  • Codeigniter merupakan framework yang akan membantu kita di dalam membuat suatu website. Jadi, codeigniter akan mempermudah pembuatan website dan tidak akan menyita terlalu banyak waktu.
  • Codeigniter digunakan untuk menghasilkan suatu struktur pemograman yang lebih rapi jika dibandingkan dengan penggunaan framework yang lainnya. Kerapian tersebut bisa dilihat dari sisi kode maupun juga struktur file PHP-nya.
  • Codeigniter juga berfungsi di dalam memberikan sebuah standar coding. Hal ini akan mempermudah kita ketika hendak mempelajari ulang mengenai sistem aplikasi yang sedang atau telah dibangun.

Kelebihan dan Kekurangan CodeIgniter

pengertian codeigniter

Apa saja kelebihan dan kekurangan codeigniter? Berikut ini akan kami akan menjelaskan apa saja kelebihan dan kekurangan codeigniter.

1. Kelebihan CodeIgniter

Codeigniter memiliki kelebihan seperti yang ada di bawah ini:

  • Memiliki ukuran yang sangat kecil dimana file yang didownload tidak akan lebih dari 2 MB. Itupun sudah termasuk dokumentasinya dan meskipun ukurannya kecil tapi filenya sangat lengkap.
  • Memiliki dokumentasi yang bagus. Ketika Anda mendownloadnya, Anda sudah mendapatkan dokumentasinya yang di dalamnya berisi pengantar, cara penggunaan, tutorial, maupun juga berbagai referensi yang berhubungan dengan dokumentasi mengenai komponen-komponennya.
  • Mempunyai kecocokan atau compitabilitas dengan hosting. Codeigniter dapat berjalan dengan baik untuk hampir seluruh platform hosting.
  • Codeigniter tidak memiliki aturan coding yang ketat. Bagi Anda yang ingin menggunakan codeigniter tanpa view, maupun tidak menggunakan model, bahkan Anda bisa menggunakan tanpa dua-duanya. Akan tetapi, jika menggunakan ketiga-tiganya merupakan pilihan yang terbaik.
  • Codeigniter mempunyai konfigurasi yang sedikit. Untuk konfigurasi yang dimiliki oleh codeigniter berada di folder application. Bagi Anda yang ingin menggunakan Codeigniter, maka Anda tidak harus melakukan pengaturan atau konfigurasi dan masih tetap berjalan.
  • Codeigniter memiliki kinerja yang baik. Bisa dikatakan bahwasanya codeigniter merupakan framework yang paling cepat jika dibandingkan dengan framework yang lainnya.
  • Codeigniter juga merupakan framework yang mendukung berbagai database yang bersifat umum yang mungkin sudah sering kita ketahui, seperti MySQL.
  • Codeigniter juga mudah untuk dihubungkan atau diintegrasikan. Codeigniter sudah paham tentang perkembangan berbagai library sampai sekarang. Codeigniter akan memberikan kemudahan kepada Anda untuk bisa mengintegrasikan berbagai library yang sudah ada sampai sekarang.

2. Kekurangan CodeIgniter

Adapun beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Codeigniter adalah sebagai berikut:

  • Codeigniter merupakan framework yang tidak dirancang untuk membuat website dengan skala yang besar.
  • Meskipun bisa diintegrasikan dengan berbagai library, namun library-nya tersebut masih terbatas. Alasannya karena tidak mudah menemukan plugin tambahan yang sudah mendapatkan verifikasi secara resmi.
  • Masih belum ada editor secara khusus untuk Codeigniter sehingga ketika hendak create a project maupun juga modul-modul lainnya harus berpindah antar folder.

Itulah pengertian CodeIgniter beserta contoh, kelebihan dan kekurangan CodeIgniter yang perlu Anda ketahui.

Leave a Reply

Send this to a friend