Apa Itu Coding? Berikut Pengertian Coding, Fungsi dan Manfaat Beserta Contoh Coding

Pastinya, Anda sudah mengetahui bahwa saat ini kita berada di era digital, dimana kita dapat mengakses beragam informasi dengan mudah dan cepat melalui internet tanpa terhalang jarak dan waktu. Selain itu, hampir setiap saat kita menggunakan berbagai program aplikasi untuk memudahkan kita dalam menyelesaikan banyak hal.

Namun pernahkah Anda berpikir siapa pihak yang berhasil membuat beragam kemudahan tersebut ? Programmer adalah orang yang berada dibalik keberhasilan setiap aplikasi yang kita kenal sampai sekarang ini. Programmer membangun aplikasi dengan melakukan aktivitas yang disebut dengan coding.

Dalam artikel kali ini akan dijelaskan mengenai pengertian coding, fungsi dan manfaat coding dan beberapa contoh coding yang bisa Anda pahami. Untuk itu, mari simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Coding

Akhir-akhir ini, coding menjadi salah satu skill yang sering menjadi perbincangan hangat dikalangan penggemar teknologi. Bahkan, ada beberapa sekolah yang sengaja dibangun untuk mempelajari coding sejak usia dini. Lalu, apa itu coding ?

pengertian coding

Pengertian coding merupakan kegiatan yang berkaitan dengan menulis atau merangkai suatu perintah yang dapat dibaca oleh manusia berdasarkan syntax (aturan penulisan) dalam bahasa pemrograman tertentu, yang kemudian dikonversikan menjadi kode-kode yang dapat dimengerti oleh mesin. Perintah tersebut akan diterjemahkan kedalam bahasa mesin menggunakan kompiler.

Tujuan dari kegiatan coding ini adalah sebagai bentuk komunikasi yang dilakukan oleh manusia terhadap mesin komputer untuk melaksanakan tugas tertentu atau memecahkan suatu masalah. Website atau program aplikasi merupakan produk yang diperoleh dari kegiatan coding.

Fungsi dan Manfaat Coding

Melalui penjelasan singkat pengertian coding diatas, maka kita sudah dapat menyimpulkan bahwa coding memiliki peran yang sangat penting di era digital ini. Berbagai aplikasi, website ataupun perangkat teknologi lainya dapat beroperasi karena ditanamkan rangkaian kode didalamnya. Berikut ini merupakan fungsi coding yang perlu Anda ketahui.

Fungsi dan Manfaat Coding

  • Coding berfungsi untuk menciptakan sesuatu yang berguna di dunia. Ketika Anda ingin membangun suatu aplikasi, maka coding adalah kegiatan yang harus dijalani. Anda dapat dengan mudah membangun aplikasi tanpa harus meminta bantuan dari orang lain karena Anda dapat mempelajari coding secara otodidak.
  • Coding menjadi pekerjaan masa depan yang mencari Anda. Akhir-akhir ini, banyak perusahaan yang mengandalkan kemampuan coding untuk merekrut para pelamarnya. Jika Anda sudah memiliki pekerjaan tetap, Anda dapat menjadikan coding sebagai pekerjaan sampingan dengan upah yang tinggi. Anda dapat menerima tawaran pembuatan website, aplikasi atau bisnis e-commerce.

Bagi Anda yang ingin mendalami kegiatan coding akan dapat merasakan manfaatnya sebagai berikut.

1. Melatih Ketelitian

Dalam melakukan aktivitas coding, biasanya Anda akan menemukan berbagai kesalahan didalamnya. Salah satunya adalah program akan mengalami error saat hendak dijalankan atau di build. Disini Anda memerlukan ketelitian untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

Mulai dari menemukan bagian kode yang menjadi permasalahan, misalnya Anda lupa meletakkan simbol semicolone (;) yang biasa digunakan untuk memisahkan baris perintah pertama dan berikutnya. Dengan begitu, Anda harus mengecek ulang setiap baris kode yang sudah dibuat atau mengecek koneksi internet bila tools yang digunakan membutuhkan koneksi internet untuk menggunakannya.

2. Mengembangkan Daya Berpikir Secara Logis

Memilih bahasa pemrograman menjadi hal yang sangat diperlukan ketika Anda akan memulai aktivitas coding. Dengan memilih satu jenis bahasa berarti Anda juga harus memahami struktur algoritma pemrograman yang berlaku didalamnya.

Nantinya, algoritma inilah yang Anda terapkan ketika hendak membangun sebuah aplikasi. Algoritma yang tidak sesuai akan berakibat fatal pada hasilnya, dimana aplikasi mengalami error atau tidak dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Tanpa disadari, secara tidak langsung penerapan algoritma pemrograman akan terbawa kedalam kehidupan sehari-hari. Anda akan lebih berpikir secara logis untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi.

3. Mengembangkan Potensi Diri

Semakin sering Anda menyelesaikan suatu kasus dalam pemrograman, berarti Anda sudah dapat dikategorikan sebagai problem solver yang terus berlatih untuk menemukan solusi terbaik dari setiap permasalahan.

Apalagi, ketika Anda mengerjakan suatu proyek aplikasi dengan berbagai requirement yang diinginkan oleh client, sedangkan Anda belum mengetahui algoritma yang harus digunakan. Dari hal tersebut, Anda dituntut untuk selalu mempelajari teknik pengerjaannya terlebih dahulu untuk mengembangkan setiap potensi yang ada pada diri sendiri.

Contoh Coding

Dibawah ini merupakan beberapa contoh coding sederhana yang bisa Anda coba.

1. Program Sederhana Menghitung Luas dan Keliling Persegi Panjang

Berikut codingnya menggunakan bahasa pemrograman C :

#include <stdio.h>
int main()
{
   int panjang;
   int lebar;
   int luas;
   int keliling;

   printf("Masukkan panjang = ");
   scanf("%d", &panjang);

   printf("Masukkan lebar = ");
   scanf("%d", &lebar);

   luas = panjang * lebar;
   keliling = 2 *(panjang + lebar);

   printf("Luas = %d\n", luas);
   printf("Keliling = %d\n", keliling);

  return 0;
}

Hasil yang muncul di terminal seperti :

Contoh Coding adalah

2. Program Sederhana Menentukan Bilangan Genap atau Ganjil

Berikut codingnya menggunakan bahasa pemrograman C++ :

#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
   int angka;

   cout << "Masukkan suatu bilangan bulat = ";
   cin >> angka;

    if(angka % 2 == 0)
        cout << "Bilangan " << angka << " merupakan bilangan Genap" << "\n";
    else
        cout << "Bilangan " << angka << " merupakan bilangan Ganjil" << "\n";

  return 0;
}

Hasil yang muncul di terminal seperti :

program sederhana kedua

3. Program Looping Sederhana

Berikut ini merupakan contoh coding untuk menampilkan karakter “*” menggunakan bahasa pemrograman Java :

public class MainClass {
  public static void main(String[] args)
  {
     int x, y;

       for(x = 5; x >= 1; x--){
         System.out.println(" ");

           for (y = 1; y <= x; y++){
             System.out.print(" * ");
           }
       }
   }
}

Hasil yang muncul di terminal seperti :

program sederhana ketiga

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui apa pengertian dari coding, fungsi beserta dengan manfaatnya.

Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan Anda dan memberikan semangat bagi Anda yang ingin mendalami coding agar dapat menjadi seorang programmer yang handal. Terus kunjungi Nesabamedia untuk memperoleh informasi menarik lainya.

Leave a Reply

Send this to a friend