Apa-itu-Gawai

Apa itu Gawai? Mengenal Pengertian Gawai

Apa itu gawai? Mungkin untuk istilah gawai ini masih belum terlalu familiar bagi beberapa masyarakat Indonesia. Sebenarnya istilah gawai ini masih kalah populer dibandingkan gadget. Ya, gawai juga dinamakan gadget dan kemungkinan banyak orang yang masih belum tau bahwa kedua ini memiliki makna yang sama. Nama gadget sendiri berasal dari bahasa Inggris yang mengarah pada perangkat elektronik dengan fungsi khusus.

Sementara itu, gawai di dalam KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki beberapa arti. Salah satunya adalah semua alat yang dipakai untuk membantu kehidupan manusia. Gawai juga bisa bermakna sebagai perangkat elekronik yang mempunyai fungsi-fungsi praktis yang sifatnya memudahkan pekerjaan manusia.

Lalu apa yang membedakan gawai dengan perangkat elektronik yang lain? Kita tahu bahwa ada banyak perangkat elektronik di sekitar kita. Namun tidak semua perangkat tersebut bisa kita sebut sebagai gawai atau gadget.

Salah satu hal yang menjadi pembeda antara gawai dengan perangkat elektronik lainnya adalah seputar “kebaruan”. Itu artinya, dari waktu ke waktu, gawai selalu menghadirkan teknologi terbaru yang membuat berbagai urusan atau kebutuhan manusia menjadi lebih praktis. Beberapa contoh gawai antara lain smartphone, laptop, netbook, dan lain sebagainya.

Gawai untuk Akses Internet

Gawai untuk Akses Internet

Ada satu fitur terkenal dan unggulan dari gawai yaitu internet. Kita bisa dengan mudah mencari berbagai macam informasi melalui berbagai situs yang ada di internet. Kemudahan ini tentu saja memberikan banyak manfaat bagi manusia karena mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk memperoleh informasi terbaru. Selain itu, dengan menggunakan gawai kita juga bisa memperluas persahabatan.

Seperti yang Anda lihat bahwa ada banyak aplikasi media sosial yang ada saat ini. Kita bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang jaraknya sangat jauh dalam waktu yang singkat. Anda bukan hanya bisa berkomunikasi dengan orang Indonesia. Melalui aplikasi media sosial Anda juga bisa menambah persahabatan dengan orang-orang dari negara lain.

Dampak Negatif Gawai

Meskipun gawai memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia, namun bukan berarti perangkat ini tidak membawa dampak negatif. Jika Anda tidak bijak dalam menggunakan gawai, maka bukan tidak mungkin Anda akan terjemurus ke dalam efek negatif dari penggunaan perangkat tersebut. Salah satu efek negatif dari penggunaan gawai adalah membuat seseorang jadi kurang bersosialisasi dengan orang lain.

Orang-orang lebih suka membuka gawai-nya dan kemudian mengakses media sosial dibandingkan harus duduk dan mengobrol dengan orang lain. Mungkin Anda mengalami perbedaan antara nongkrong jaman dulu dengan nongkrong jaman sekarang. Nongkrong jaman dulu semua yang ada di sana saling mengobrol tentang berbagai hal tanpa memperhatikan gawai-nya.

Berbeda dengan nongkrong di jaman sekarang, meskipun mereka secara fisik kumpul namun tidak sedikit yang lebih memilih untuk membuka gawai-nya. Inilah yang menjadi salah satu dampak negatif dari penggunaan gawai yang berlebihan.

Leave a Reply

Send this to a friend