Apa itu OpenGL? Mengenal Pengertian OpenGL

Apa itu OpenGL? Mengenal Pengertian OpenGL

Apa itu OpenGL? Di dalam penggunaannya, grafik menggunakan software dan hardware. Untuk bisa berinterkasi dengan grafik hardware, perangkat lunak atau software menyediakan beragam interface. Salah satu interface tersebut adalah OpenGL yang akan kita ulas pada pembahasan kali ini.

Pengertian OpenGL

OpenGL merupakan singkatan dari Open Graphic Library yang merupakan sebuah library dengan berbagai fungsi. Library biasanya digunakan untuk menggambar satu atau lebih objek baik itu objek 2 dimensi maupun 3 dimensi. Library tersebut juga berperan dalam mendefinisikan cross-bahasa serta cross-platform API.

Sekadar informasi bahwa API merupakan interface yang digunakan untuk menciptakan aplikasi yang kemudian dapat menghasilkan komputer 2D maupun 3D grafis.

Pengertian OpenGL

Sementara itu, bahasa pemrograman yang biasanya digunakan adalah bahasa pemrograman C++ atau C. Akan tetapi, sebenarnya juga bisa menggunakan bahasa pemrograman yang lainnya seperti Java. OpenGL juga merupakan library yang dimanfaatkan di dalam melakukan pemrograman grafik.

Agar Anda benar-benar mampu menguasai pemrograman grafik, maka Anda harus memahami persamaan matematika, terutama yang berkaitan dengan operasi matriks. Alasannya karena di dalam melaksanakan program grafik, Anda akan dihadapkan pada beberapa hal seperti shape, pembuatan bentuk, transform (translation, rotate, dan skala).

Sejarah OpenGL

Silicon Graphic Inc merupakan perusahaan yang berhasil mengembangkan OpenGL di tahun 1992. Kemudian OpenGL tersebut digunakan di dalam CAD, virtual ilmiah, virtual reality, simulasi penerbangan, visualisasi informasi, dan lain sebagainya.

Sementara itu, OpenGL juga memiliki peran yang penting di dalam industri game, terutama dalam urusan grafik. Adapun untuk pesaingnya adalah Direct3D dan juga DirectX yang mana keduanya berjalan pada platform Microsoft Windows.

Secara umum, OpenGL mempunyai beberapa tahapan di dalam menjalankan operasi pemrosesan. Untuk tahap pertama dinamakan display list. Pada tahap ini, pengguna dapat mengumpulkan perintah-perintah yang nantinya akan digunakan pada display list tersebut untuk selanjutnya diproses.

Sementara itu, tahap kedua dinamkan evaluator. Tahap ini berperan di dalam melakukan evaluasi atau pengecekan terhadap perintah-perintah input untuk selanjutnya akan dilakukan perhitungan pada geometri dan kurva.

Adapun tahap ketiga dinamakan per-vertex operations and primitive assembly. Sebuah tahapan pada pemrosesan OpenGL yang mana nanti sekumpulan vertex akan ditransformasikan. Kemudian primitives akan dipotong lalu dimasukkan dalam viewport yang selanjutnya akan dilakukan proses rasterization. Tahap keempat dinamakan rasterization yang mana kumpulan alamat frame-buffer serta nilai-nilai berkaitan yang dihasilkan berdasarkan deskripsi dua dimensi untuk segmen garis, segmen titik, atau poligon.

Untuk tahap kelima sekaligus tahap terakhir dinamakan per-fragment operations. Tahap ini di dalamnya berkaitan dengan pembaruan pada frame-buffer dengan berdasarkan nilai z yang sebelumnya telah disimpan maupun yang hendak dimasukkan. Nilai z tersebut nanti berguna di dalam z-buffering.

Itulah informasi tentang pengertian dan beberapa hal seputra OpenGL. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend