Pengertian Kewirausahaan Beserta Tujuan, Karakteristik dan Ciri-Ciri Kewirausahaan

Pengertian Kewirausahaan

Tahukah kamu maksud dari kewirausahaan ? Pengertian kewirausahaan yaitu merupakan sebuah proses ketika melakukan maupun menciptakan sesuatu yang baru dengan cara yang lebih kreatif serta penuh dengan inovasi yang akan memberikan manfaat untuk orang lain dan juga memiliki nilai tambah.

Tidak hanya itu, ada beberapa orang yang menjelaskan pengertian dari kewirausahaan itu merupakan sebuah sikap mental dari seseorang yang mempunyai kreativitas tinggi, aktif dan juga bercipta daya untuk dapat membuat sesuatu yang unik serta yang baru. Hal tersebut bermanfaat untuk menciptakan sesuatu yang diiringi dengan modal, tenggang waktu, resiko serta sumber daya.

Pengertian kewirausahaan menurut Wikipedia yang dilihat dari sisi bahasa yaitu, kewirausahaan berarti merupakan sebuah proses untuk dapat mengidentifikasi, mengembangkan  dan juga dapat mewujudkan suatu visi misi di dalam kehidupan.

Dilihat dari segi bahasa, kata Kewirausahaan berasal dari dua kata yaitu kata dan usaha. Dan pada KBBI atau Kamus  Besar Bahasa Indonesia, kata Wira memiliki arti pejuang, berani dan berwatak agung. Sedangkan kata Usaha memiliki arti bekerja, berbuat amal, dan berbuat sesuatu.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Kewirausahaan Menurut Beberapa Ahli

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dari kewirausahaan, Anda juga dapat mengacu pada pendapat beberapa ahli dibawah ini :

1. Eddy Soeryanto Soegoto

Eddy Soeryanto Soegoto beranggapan bahwa pengertian dari kewirausahaan yaitu usaha kreatif yang dapat dilakukan yang didasari oleh inovasi untuk terus menghasilkan sesuatu yang baru, mempunyai nilai tambahan, memberikan kemanfaatan, menciptakan peluang pekerjaan dan juga dapat menghasilkan sesuatu yang berguna untuk orang lain.

2. Soeharto Prawiro

Soeharto Prawiro beranggapan bahwa pengertian dari kewirausahaan yaitu sebuah nilai yang sangat dibutuhkan untuk dapat memulai suatu usaha dan mengembangkan usaha tersebut.

3. Zimmerer

Zimmerer beranggapan bahwa pengertian dari kewirausahaan yaitu suatu proses dari penerapan kreativitas serta inovasi untuk dapat memecahkan persoalan dan juga untuk dapat menemukan peluang yang berguna untuk memperbaiki kehidupan bidang bisnis.

4. Drs. Joko Untoro

Drs. Joko Untoro beranggapan bahwa pengertian dari kewirausahaan yaitu sebuah keberanian untuk dapat melakukan beberapa upaya agar dapat memenuhi kebutuhan hidup dirinya. Dan hanya didasari oleh kemampuan dengan memanfaatkan semua potensi yang ada yang dimilikinya. Dengan begitu akan dapat menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat untuk dirinya sendiri dan juga orang lain.

5. Ahmad Sanusi

Ahmad Sanusi beranggapan bahwa pengertian dari kewirausahaan yaitu sebuah nilai yang dapat diwujudkan dengan tingkah laku yang dapat dijadikan suatu tenaga penggerak, sumber daya, siasat, tujuan, proses, kiat dan juga hasil bisnis.

6. Peter Drucker

Peter Drucker beranggapan bahwa pengertian dari kewirausahaan yaitu sebuah kemampuan yang berguna untuk dapat menciptakan sesuatu yang baru dan juga berbeda dari orang lain.

7. Siswanto Sudomo

Siswanto Sudomo beranggapan bahwa pengertian dari kewirausahaan yaitu semua sesuatu yang dianggap penting tentang seorang wirausaha yaitu orang yang mempunyai sifat yang pekerja keras dan juga mau berkorban, serta mampu memfokuskan semua daya dan juga berani untuk mengambil sebuah resiko agar mewujudkan idenya.

Baca Juga : Pengertian Kebijakan Moneter

Tujuan Kewirausahaan

Tujuan Kewirausahaan

Suatu kewirausahaan juga memiliki tujuan yang dapat berguna untuk kehidupan seseorang, dan berikut tujuan dari kewirausahaan :

  • Kewirausahaan bertujuan untuk dapat meningkatkan jumlah para wirausaha yang memiliki kualitas yang baik.
  • Kewirausahaan bertujuan untuk dapat menjadikan kemampuan serta kemantapan para wirausaha tersebut untuk bisa menghasilkan sebuah kemajuan dan juga kesejahteraan masyarakat.
  • Kewirausahaan bertujuan untuk dapat membudayakan semangat dari sikap, tingkah laku, dan juga kemampuan kewirausahaan yang ada di kalangan masyarakat yang mampu, unggul serta handal.
  • Kewirausahaan bertujuan untuk dapat menumbuhkembangkan suatu kesadaran serta orientasi kewirausahaan yang tangguh dan juga kuat kepada masyarakat.

Baca juga : Pengertian Belajar

Karakteristik Kewirausahaan

Karakteristik Kewirausahaan

Pengertian dari karakteristik kewirausahaan yaiitu merupakan sebuah karakteristik yang wajib dipunyai oleh setiap para wirausaha agar dapat menjalankan bisnisnya dan menjadi suatu pendorong dari kesuksesannya. Lalu apa sajakah karakteristik-karakteristik dari kewirausahaan tersebut ? Berikut beberapa karakteristik kewirausahaan :

1. Karakteristik Kewirausahaan menurut Meredith

  • Harus memiliki kepercayaan diri dan juga harus optimis
  • Harus dapat berorientasi dengan tugas dan juga hasil
  • harus berani untuk mengambil resiko dan juga harus menyukai adanya tantangan.
  • Harus memiliki jiwa kepemimpinan
  • Ide yang dimiliki harus orisinil
  • Harus berorientasi pada masa depan.

2. Karakteristik Kewirausahaan menurut M. Scarborough  dan  Thomas W.Zimmerer

  • Harus bertanggung jawab atas segala usaha-usaha yang sudah dilakukan
  • Harus lebih memilih resiko yang moderat
  • Harus mempercayai kemampuan yang ada pada diri sendiri untuk dapat berhasil
  • Harus selalu menghendaki feedback dengan segera
  • Harus berorientasi pada masa depan, perspektif dan juga memiliki wawasan yang jauh ke depan
  • Harus mempunyai semangat kerja dan juga harus bekerja keras untuk dapat mewujudkan keinginannya untuk masa depan yang lebih baik.
  • Harus memiliki suatu keterampilak ketika mengorganisasikan sumber daya, demi untuk dpaat terciptanya nilai tambah
  • Harus selalu menilai suatu prestasi dengan uang.

Baca Juga : Pengertian Inflasi

Ciri-ciri Wirausaha

Ciri-ciri Wirausaha

Seseorang yang dapat menjalankan suatu kewirausahaan biasanya memiliki ciri-ciri dibawah ini, berikut adalah ciri-ciri dari seorang wirausaha :

  • Seorang wirausaha memiliki ciri-ciri mampu untuk mengidentifikasikan suatu peluang usaha
  • Seorang wirausaha memiliki ciri-ciri mempunyai rasa kepercayaan diri yang tinggi dan juga dapat bersikap positik kepada dirinya sendiri serta pada lingkungannya
  • Seorang wirausaha memiliki ciri-ciri mampu berperilaku layaknya seorang pemimpin
  • Seorang wirausaha memiliki ciri-ciri mempunyai inisiatif, kreatifitas, dan juga inovasi-inovasi yang terbaru
  • Seorang wirausaha memiliki ciri-ciri mampu untuk bekerja lebih keras
  • Seorang wirausaha memiliki ciri-ciri harus dapat berpandangan lebih luas dengan adanya visi kedepannya yang lebih baik
  • Seorang wirausaha memiliki ciri-ciri harus berani untuk dapat mengambil resiko yang sebelumnya telah diperhitungkan
  • Seorang wirausaha memiliki ciri-ciri dapat tanggap terhadap saran dan juga kritik

Demikian pembahasan mengenai pengertian kewirausahaan beserta hal-hal yang perlu Anda ketahui pada suatu kewirausahaan. Semoga dengan adanya artikel ini ilmu pengetahuan Anda tentang kewirausahaan akan dapat bertambah.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend