Karakteristik Kewirausahaan yang Harus Dimiliki Setiap Wirausahawan

23 Karakteristik Kewirausahaan yang Harus Dimiliki Setiap Wirausahawan

Industri yang berkembang pesat saat ini didorong dengan adanya beragam industri kreatif dan inovatif dalam bidang wirausaha. Dengan berkembangnya berbagai macam wirausaha yang ada saat ini, dapat mendongkrak tumbuh kembangnya perekonomian negara.

Kewirausahaan yang dikembangkan dapat disesuaikan dengan pertumbuhan pasar yang ada. Sehingga produk yang ditawarkan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan penggunanya.

Tidak semua pengguna membutuhkan segala hal yang dikembangkan melalui kewirausahaan. Sehingga perlu diketahui bagaimana karakteristik kewirausahaan agar dapat berjalan dengan lancar dan konsisten dalam berwirausaha. Berikut merupakan 20 karakteristik kewirausahaan yang penting untuk diketahui:

23 Karakteristik Kewirausahaan

 

1. Memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi

Memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi

Sebagai wirausahawan, dalam menjalankan bisnis harus memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Hal ini akan berdampak pada bisnis yang dimiliki. Sehingga ketika tanggung jawab kewirausahaan dimiliki oleh setiap individu yang tergabung dalam tim, maka kemungkinan besar bisnis yang dijalankan dapat berjalan dengan lancar dan berhasil.

2. Memilih resiko yang moderate

Dalam menjalankan usaha, kita harus berani untuk mengambil resiko. Namun, segala pertimbangan harus dilakukan agar tidak salah memilih. Pilihan resiko yag moderate biasanya dipilih untuk dapat menjalankan usaha. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa pemilihan resiko yang tinggi juga dapat diambil, ketika peluang untuk berhasil lebih besar.

3. Percaya dengan kemampuan diri

Percaya dengan kemampuan diri

Percaya dengan kemampuan diri sendiri sangat penting untuk diterapkan. Karena sebagai individu, setiap orang akan memiliki beragam kemampuan yang unik dan menarik. Hal ini juga dapat mendukung usaha yang dijalankan dapat terus berkembang. Sehingga apapun kondisinya, kita harus selalu percaya dengan kemampuan diri sendiri bahwa kita adalah orang-orang yang bisa membawa perubahan besar.

4. Berorientasi masa depan

Menjalankan sebuah bisnis, maka orientasi yang harus diterapkan adalah melihat ke masa depan. Bisnis tidak langsung instant berhasil. Namun, butuh perjuangan dengan segala prosesnya. Sehingga orientasi masa depan dalam melihat kesuksesan bisnis sangat dibutuhkan. Bisnis diciptakan tidak untuk sukses besok, namun dapat bermanfaat dan berdampak pada masa depan.

5. Menginginkan adanya feedback segera

Menginginkan adanya feedback segera

Dalam menjalankan sebuah bisnis, feedback sangat dibutuhkan agar dapat memperbaiki apa yang salah dan yang kurang benar. Sehingga dapat menghadirkan bisnis yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan begitu, bisnis yang dikelola dapat menjadi salah satu sumber konsumen dalam memenuhi kebutuhan mereka.

6. Semangat yang tinggi

Semangat yang tinggi harus dimiliki ketika mengelola sebuah bisnis. Dengan semangat yang membara, energi untuk terus memberikan yang terbaik dalam bisnis akan selalu ada. Sehingga bessar kemungkinan bisnis akan sukses dengan semangat membangun bisnis yang tinggi dan selalu berpikiran positif.

7. Memiliki kemampuan untuk mengorganisasikan sumber daya

Karakteristik Kewirausahaan yang Harus Dimiliki Setiap Wirausahawan

Mengelola sebuah bisnis tentu akan ada beragam sumber daya yang harus dikelola. Sebagai wirausahawan, harus dapat mengorganisasikan berbagai sumber daya agar tepat guna dan tidak terbuang sia-sia. Dengan begitu, apapun sumber dayanya akan dapat digunakan dengan optimal untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Menilai prestasi dengan uang / berorientasi pada hasil

Menjalankan bisnis tidak akan terlepas dari uang. Sehingga kesuksesan bisnis dapat diukur dengan berapa keuntungan dari keberhasilan yang dicapai. Dengan begitu, hasil sangat menentukan dan dijadikan sebagai tolak ukur. Namun, ketika hasil belum maksimal, kita tidak boleh berkecil hati dan harus terus berusaha. Begitu juga ketika hasil sudah maksimal, kita tidak boleh terlena dan bangga, kita harus tetap bersemangat untuk memberikan hasil yang lebih dari itu.

9. Memiliki sifat jujur

Memiliki sifat jujur

Sikap jujur dalam berusaha harus selalu dipegang teguh. Dalam menjalankan segala usaha bisnis, sikap jujur adalah nomor satu. Untuk memperoleh kepercayaan tim dan pelanggan, sebagai wirausahawan harus bisa jujur terhadap segala hal. Jika memang terdapat hal yang salah, maka harus dibenarkan. Jika memang terdapat kesalahan, harus dibenahi agar lebih baik.

10. Kreatif dan inovatif

Jiwa kreatif dan inovatif dalam mengembangkan beragam produk dalam bisnis sangat penting untuk dimiliki. Dengan banyaknya ide yang bisa dieksekusi untuk meningkatkan bisnis, ide-ide kreatif ini dapat mendorong beragam produk baru yang inovatif agar dapat menarik minat konsumen.

11. Disiplin

Disiplin

Rasa disiplin yang tinggi harus dimiliki oleh wirausahawan, sehingga ketika memiliki tanggung jawab maka dapat diselesaikan dengan tepat sesuai dengan tangugng jawab yang dimiliki. Dengan adanya rasa disiplin yang tinggi, dalam mengerjakan hal apapun menjadi lebih terstruktur dan rapi.

12. Mandiri serta realistis

Sikap dan sifat mandiri harus dimiliki untuk dapat menjalankan sebuah bisnis. Ketika sudah dapat menjalankan bisnis dengan rasa mandiri yang tinggi, maka untuk melakukan kerja tim akan lebih mudah dalam. Karena merasa sudah mendapatkan bagian atau tanggungjawab yang harus diselesaikan.

Mandiri dan realistis merupakan 2 sikap yang berdekatan. Dalam menjalankan bsinis, tentu mimpi besar selalu diharapkan dapat tercapai. Namun, dengan adanya sikap mandiri da realistis ini membuat kita menjadi lebih mudah untuk mencapai mimpi tersebut dengan jalan yang jelas dan konsisten.

13. Memiliki keterampilan personal yang baik

Sebagai seorang wirausahawan, keterampilan personal harus dimiliki untuk dapat menjalankan tanggung jawab terhadap bisnisnya. Sehingga dengan adanya keterampilan personal yang baik, yang dimiliki oleh wirausahawan, usaha yang dijalankan dapat terorganisir dengan baik dan teratur. Keterampilan personal bisa termasuk tanggungjawab tinggi, semangat tinggi, dan lain sebagainya.

14. Komitmen

Komitmen harus dimiliki oleh wirausahawan. Setiap kegiatan yang dilakukan harus terus dilakukan dengan konsisten. Sehingga dapat menjadi kebuah kebiasaan yang baik. Komitmen dalam menjalankan bisnis sangat dibutuhkan agar bisnis dapat terus berjalan dan berkembang. Sehingga bsinis dapat mengalami peningkatan. Meskipun sedikit, tetap harus diapresiasi dan berkomitmen untuk terus menjalankan hal tersebut.

15. Berpikir positif

Berpikir positif

Pemikiran yang positif harus dimiliki wirausahawan. Hal ini dibutuhkan untuk dapat berperasangka baik terhadap segala hal. Namun tidak meremehkan hal-hal tersebut. Sehingga segala hal dapat dipikirkan dengan baik agar tidak membuat keputusan yang salah. Dengan pemikiran yang positif, juga dapat membuat pandangan menjadi lebih terbuka dan tidak terburu-buru.

16. Tidak konsumtif

Untuk melakukan hal yang besar seperti menjalankan usaha, sifat konsumtif untuk pribadi harus dihindari seminimal mungkin oleh wirausahawan. Mengapa? Jika sebagai seorang wirausahawan tetap memiliki jiwa konsumtif yang berlebihan, maka akan berdampak pada pengelolaan keuangan usaha. Bisa jadi pengelolaan keuangan tidak dijalankan dengan baik, dan digunakan untuk konsumtif dalam memenuhi keinginan.

17. Kemampuan analisa yang tepat

Kemampuan analisa yang tepat

Sebagai seorang wirausahawan, kemampuan analisa yang tepat harus dimiliki agar dapat menentukan keputusan terbaik dan tepat. Sehingga segala hal perlu dilakukan analisis untuk dapat mencapai hasil atau target yang diinginkan. Dengan berbagai data yang dimiliki, dapat digunakan untuk menentukan keputusan apa yang tepat agar bisnis dapat tetap berjalan dengan lancar dan mengalami peningkatan.

18. Memiliki jiwa kepemimpinan (leadership)

Jiwa kepemimpinan yang tinggi harus dimiliki oleh wirausahawan. Hal ini dikarekan, sebagai seorang pebisnis atau pengusaha, tentu kita tidak akan bekerja sendiri. Melainkan ada tim yang mendukung dan bekerja bersama untuk mensukseskan bisnis yang dijalankan. Sehingga untuk mengorganisasikan mereka, dibutuhkan kemampuan kepemimpinan yang tepat dan bijaksana agar tidak menyalahgunakan kekuasaan dalam memimpin bisnis.

19. Memiliki motif untuk berprestasi

Memiliki motif untuk berprestasi

Motif untuk berprestasi dalam hal ini memiliki maksud bahwa dalam menjalankan sebuah bisnis atau berwirausaha, tentu akan ada titik prestasi yang sangat diharapkan oleh wirausahawan. Sehingga harus berusaha dann berjuang keras untuk mencapai prestasi tersebut. Hal ini akan sejalan dengan mimpi yang dimiliki wirausahsawan. Dengan tercapainya prestasi itu, maka dapat memacu semangat wirausahawan untuk terus memberikan yang terbaik.

20. Memiliki mimpi yang harus diraih

Dalam mendirikan sebuah usaha, tentu akan ada tujuan atau mimpi-mimpi yang harus diraih. Setiap mimpi harus direalisasikan oleh wirausahawan. Visi dan misi yang dimiliki wirausahawan harus jelas dan sedikit demi sedikit dapat terrealisasi agar dapat menjalankan bisnis dengan penuh gembira dan bahagia.

21. Memiliki ketetapan hati (tidak goyah)

Memiliki ketetapan hati

Ketetapan hati atau tidak goyah dengan berbagai argumen lain sangat penting dimiliki oleh seorang wirausahawan. Walaupun dalam menjalankan sebuah bisnis tentu akan ada masa-masa sulit yang harus dilalui, sebagai seorang wirausahawan harus tetap berdiri dengan keteguhan dan ketetapan hati yang dimiliki. Sehingga apapun pendapat orang lain yang negatif atau menjatuhkan dapat diatasi dan dijadikan sebuah pacuan semangat.

22. Dapat mengendalikan emosi

Sebagai seorang wirausahawan sikap dapat mengendalikan emosi ini penting untuk dimiliki setiap individu. Mengapa? Agar kita tidak terbawa amarah atau emosi dalam bertindak dan mengambil keputusan. Segala hal harus dipikirkan dengan tenang dan tidak terburu-buru agar dapat menentukan keputusan yang tepat dan terbaik.

23. Memiliki rasa dedikasi yang tinggi

karakteristik kewirausahaan dan penjelasan

Dedikasi yang tinggi yang dimiliki oleh wirausahawan sangat luar biasa. Selalu menempatkan kepentingan bisnis yang dijalankan daripada kepentingan pribadi. Dedikasi yang tinggi terhadap bisnisnya membuat seorang wirausahawan selalu bersemangat dan bekerja keras untuk hasil yang maksimal. Dengan memiliki rasa dedikasi yang tinggi terhadap bisnis, kesuksesan bisnis tersebut akan selalu datang menghampiri.

Dengan adanya pembahasan mengenai karakteristik kewirausahaan ini, diharapkan dapat membantu anda dalam memahami bagaimana kewirausahaan tersebut. Sehingga sedikit saja potensi untuk melakukan wirausaha dapat dikembangkan dengan melalui beragam ide untuk mengeksekusinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Leave a Reply

Send this to a friend