Apa itu bahasa pemograman Kotlin

Apa itu Bahasa Pemrograman Kotlin? Mengenal Pemrograman Kotlin

Apa itu bahasa pemrograman Kotlin? Kotlin merupakan salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan hingga sekarang. Bahasa ini digunakan untuk membangun sebuah aplikasi pada smartphone, terutama untuk smartphone yang menggunakan sistem operasi Android. Meskipun Kotlin cukup terkenal, namun tidak sedikit orang yang masih belum familiar dengan bahasa pemrograman yang satu ini.

Padahal bahasa pemrograman Kotlin telah menjadi bahasa pemrograman resmi Google di tahun 2017 yang digunakan untuk membangun aplikasi pada Android. Sekadar informasi bahwa sebelumnya para developer di dalam membangun atau membuat aplikasi menggunakan Java. Namun setelah Google mengumumkannya, maka Kotlin semakin populer dengan pengguna yang semakin lama semakin banyak.

Mengenal Bahasa Pemrograman Kotlin

Mengenal Bahasa Pemrograman Kotlin

Kotlin merupakan bahasa pemrograman yang termasuk general-purpose. Bahasa ini juga merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek dan juga fungsional.

Kotlin dikembangkan oleh JetBrains di mana bahasa ini termasuk bahasa pemrograman yang bersifat open source pertama kali pada Februari 2016. Meskipun begitu, sebenarnya JetBrains sudah memulai proyek pengembangan bahasa pemrograman Kotlin sejak tahun 2010.

Seperti halnya beberapa bahasa pemrograman yang lain, Kotlin juga terinspirasi oleh bahasa pemrograman yang sebelumnya sudah ada yaitu Java dan C#. Namun pembuat Kotlin berusaha untuk menciptakan sebuah bahasa pemrograman yang tidak sulit dipahami, bahkan oleh orang yang baru belajar bahasa pemrograman. Kotlin juga sudah kompatibel dengan Java sehingga para pengembang aplikasi Android lebih mudah di dalam mengembagnkan aplikasinya.

Kelebihan yang Dimiliki Kotlin

Jika Anda membandingkan bahasa pemrograman Kotlin dengan Java, maka Anda akan menemukan beberapa kelebihann. Apa saja kelebihan tersebut? Berikut ini penjelasannya.

1. Lebih Ringkas

Kelebihan Kotlin yang pertama adalah bahasa pemrograman yang satu ini lebih ringkas. Para pengguna Kotlin hanya perlu menuliskan coding yang lebih pendek dibandingkan dengan menggunakan bahasa pemrograman yang lain. Kelebihan ini tentu saja akan menghemat waktu dan tenaga karena Anda tidak perlu menulis coding yang terlalu panjang.

2. Mudah Dipelajari

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa kehadiran bahasa pemrograman Kotlin adalah untuk memberikan kemudahan kepada para penggunanya.

Bahasa ini diciptakan agar lebih mudah menggunakan bahasa pemrograman meskipun orang tersebut baru menggunakannya. Meskipun begitu, bagi Anda yang sebelumnya sudah mempelajari bahasa pemrograman Java, maka menggunakan Kotlin akan terasa lebih mudah. Anda tidak perlu memerlukan waktu lama untuk menggunakan dan menguasai Kotlin.

3. Dapat Mengurangi Kesalahan

Kotlin adalah bahasa yang nantinya harus Anda ketik secara statis. Jadi, Anda bisa mengetahui jika nanti terdapat kesalahan di dalam melakukan kompilasi.

Sekadar informasi bahwa bahasa pemrograman yang diketik secara statis memang akan menampilkan type checking ketika melakukan kompilasi. Hal ini sangat berguna untuk mengurangi terjadinya kesalahan.

4. Memiliki Banyak Fitur

Kelebihan lain dari bahasa pemrograman Kotlin adalah bahasa ini mempunyai banyak fitur. Beberapa fitur Andalan dari Kotlin antara lain lambda expressions, operator overloading, string templates dan beberapa fitur lainnya. Fitur-fitur tersebut sudah tentu akan mempermudah pekerjaan Anda di dalam membuat aplikasi berbasi Android.

Leave a Reply

Send this to a friend