Apa itu Bahasa Pemograman Groovy

Apa itu Bahasa Pemrograman Groovy? Mengenal Bahasa Pemrograman Groovy

Sekarang perkembangan industri web sudah semakin cepat. Hal ini membuat kita akan terus menemukan hal-hal baru yang harus kita pelajari untuk menambah wawasan dan pengalaman kita.

Ada banyak bahasa pemrograman di industri web di mana bahasa pemrograman tersebut hadir dengan keunggulannya masing-masing. Ada beberapa bahasa pemrograman yang terbilang baru dan mulai banyak dikenal. Salah satunya adalah bahasa pemrograman Groovy.

Bagi sebagian orang mungkin masih terdengar asing dengan bahasa pemrograman Groovy. Hal ini bisa dikatakan wajar mengingat Groovy merupakan bahasa pemrograman yang baru. Di bawah ini kami akan mengajak Anda untuk lebih mengenal bahasa Groovy. Setelah mendapatkan informasi ini mungkin membuat Anda ingin belajar Groovy untuk membuat Anda bisa menguasai beberapa bahasa pemrograman.

Pengertian Bahasa Pemrograman Groovy

Pengertian Bahasa Pemrograman Groovy

Groovy merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek. Bahasa pemrograman Groovy diciptakan oleh Apache. Bahasa ini termasuk cukup dinamis yang artinya mampu berjalan dengan lancar di library Java. Dengan kata lain, jika sebelumnya Anda sudah pernah menggunakan atau bahkan sudah familiar dengan Java, maka tidak sulit bagi Anda untuk belajar dan menguasai bahasa Groovy.

Bahkan kemungkinan Anda tidak memerlukan waktu yang lama untuk bisa beradaptasi dan menggunakan Groovy. Anda juga bisa menemukan berbagai sumber kode di Github. Hal ini karena Groovy termasuk bahasa pemrograman yang bersifat open source. Di dalam pembuatannya, bahasa pemrograman Groovy sudah mendapat beberapa pengaruh dari bahasa pemrograman lain seperti Phyton, Ruby, Smalltalk, Perl, dan tentu saja Java.

Bahasa pemrograman Groovy diciptakan untuk memberikan kemudahan di dalam menggunakan sebuah bahasa pemrograman. Jadi, meskipun Anda baru belajar bahasa pemrograman, tentu mencoba Groovy merupakan salah satu hal yang penting untuk Anda lakukan.

Groovy Masuk Daftar 20 Bahasa Pemrograman Terpopuler

Meskipun terbilang baru, namun siapa yang menyangka jika Groovy berhasil masuk ke dalam daftar bahasa pemrograman teratas. Di antara ke-20 bahasa pemrograman yang ada, Groovy berada di posis ke-18.

Tentu saja bahasa pemrograman yang dibuat menggunakan Java Virtual Machine ini berhasil meraih sebuah pencapaian yang patut untuk diapresiasi. Bahasa yang masih “muda” ini ternyata sudah masuk ke dalam daftar bahasa pemrograman yang top bersama dengan bahasa pemrograman lainnya yang sudah tidak asing lagi di telinga kita.

Groovy berhasil mendapatkan persentase sebesar 0,658%. Memang sebuah angka yang tidak banyak. Namun berdasarkan keterangan dari Direktur Pelaksana Tiobe Paul Jansen, angka tersebut merupakan langkah awal yang positif. Hal ini karena setahun sebelumnya Groovy menempati posisi ke-53 dan bulan lalu menempati posisi ke-22. Hal ini juga mengindikasikan Groovy mulai dilirik oleh banyak orang.

Itulah informasi yang bisa kami berikan tentang bahasa pemrograman Groovy. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend