Apa itu Keyboard DVORAK

Apa itu Keyboard DVORAK? Mengenal Pengertian Keyboard DVORAK

Keyboard DVORAK adalah satu di antara sekian banyak jenis keyboad yang ada di dunia. Jenis keyboad ini memiliki desain yang jika diperhatikan memberikan pekerjaan yang lebih pada tangan kanan dibandingkan dengan tangan kiri.

Selain itu, keyboard ini dirancang agar mampu mengurangi kelelahan yang dialami ketika menggunakan keyboard qwerty. Di bawah ini kami akan mengajak Anda untuk mengetahui seperti apa sejarah dibalik terciptanya keyboard DVORAK.

Sejarah Keyboard DVORAK

Di tahun 1932, ada seorang psikolog dan juga profesor di bidang pendidikan yang bernama Doktor August Dvorak yang menyusun sebuah layout keyboard. Dia menyusun keyboard tersebut dengan berdasarkan hasil penelitian dan juga riset yang telah ia lakukan dalam waktu yang cukup lama.

Penelitian yang dilakukan yaitu dengan melihat kecepatan tangan seseorang ketika mengetik, kecenderungan jari maupun huruf yang digunakan. Penelitian tersebut juga dilakukan untuk mengetahui tingkat efisiensi pada saat mengetik menggunakan keyboard Qwerty.

Mengenal Keyboard DVORAK

Berdasarkan penelitian yang dilakukannya, Doktor August Dvorak kemudian berhasil membuat desain keyboard yang diklaim mampu memperbaiki kegiatan mengetik seseorang. Ada beberapa hal yang diklaim merupakan peningkatan dari aktivitas mengetik pada keyboard Qwerty. Salah satunya adalah mengurangi tingkat kelelahan yang dialami ketika menggunakan keyboard Qwerty. Kelelahan tersebut diklaim berasal dari jarak tombol-tombol keyboard yang tidak efisien.

Selain itu, keyboard DVORAK dklaim mampu menyeimbangkan pergerakan pada jari kiri maupun kanan sehingga bisa lebih merata. Lebih jauh lagi, kehadiran keyboard DVORAK juga digadang-gadang mampu meningkatkan akurasi dan kecepatan ketika mengetik.

Bisa dikatakan bahwa keyboard yang dibuat dengan melakukan penelitian yang mendalam ini akan mampu memberikan kenyamanan ketika mengetik, terutama ketika seseorang harus mengetik dalam waktu yang lama.

Atas dasar inilah Dvorak kemudian membawa hasil layout yang telah dia desain agar dapat bisa diproduksi secara massal. Akan tetapi, resistensi para pengguna yang sudah terbiasa menggunakan keyboard Qwerty membuatnya harus gigit jari karena desain keyboad yang dibawanya ditolak.

Kemudian di tahun 1936, Doktor August Dvorak kembali menarik perhatian melalui bukunya yang berjudul “Type Writing Behaviour”. Akan tetapi, tetap saja cara yang dilakukan oleh Dvorak belum berhasil untuk mengubah pandangan publik.

Pada akhirnya, di tahun 1975 Dvorak meninggal dengan meninggalkan penemuannya. Ia juga meninggalkan sebuah quote yang terkenal yaitu “I’m tired of trying to do something worthwhile for the human race, they simply don’t want to change”. 

Tujuh tahun pasca meninggalkan Dvorak, tepatnya pada 1982 ANSI atau American National Standard Institute memperkenalkan dan menggunakan keyboard DVORAK secara resmi pada sistem mereka. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu cara untuk menghargai jasa serta penemuan yang ditinggalkan oleh Dvorak.

Leave a Reply

Send this to a friend