Apa itu Composite Key

Apa itu Composite Key? Mengenal Pengertian Composite Key

Di dalam teori relasional database, kunci memiliki arti sekumpulan satu atau lebih kolom dengan berbagai nilai gabungan yang bersifat uniik pada seluruh kejadian atau aktivitas di dalam tabel tersebut.

Fungsi utama dari kunci atau key tersebut adalah untuk menetapkan adanya keunikan. Sementara itu, kunci merupakan salah satu atribut yang memiliki peran di dalam menentukan atribut yang lain atau berkaitan dengan atribut yang lainnya.

Ada beberapa jenis key di dalam database. Salah satunya adalah composite key. Informasi yang berkaitan dengan composite key akan kami jelaskan kepada Anda pada penjelasan di bawah ini.

Pengertian Composite Key

Di dalam sebuah desain database, composite key merupakan sebuah kunci yang di dalamnya terdiri dari dua atau lebih atrbut. Atribut-atribut tersebut akan secara unik melakukan identifikasi terhadap sebuah kejadian entitas.

Sebenarnya masih banyak orang yang bingung dengan composite key. Hal ini karena meskipun di dalamnya terdiri dari dua atau lebih atribut, namun ternyata ada satu atribut yang nanti akan membentuk sebuah composite key dan bukan menjadi kunci sederhana.

Kita ambil contoh yaitu sebuah entitas yang merepresentasikan setiap modul siswa yang hadir di Universitas. Tentunya entitas tersebut memiliki NIM dan juga kode mata kuliah yang menjadi sebuah kunci utama.

Setiap atribut yang nantinya akan membentuk kunci utama merupakan kunci sederhana. Hal ini karena setiap atribut tersebut merupakan sebuah referensi yang unik pada saat melakukan identifikasi terhadap siswa di dalam satu kasus serta modul yang lainnya.

Istilah-istilah Lainnya Dalam Relasional Database

Sebenarnya, ketika Anda benar-benar ingin memahami hal-hal yang berkaitan dengan relastional database, masih ada istilah lain yang harus Anda ketahui. Beberapa istilah tersebut akan kami jelaskan di bawah ini.

1. Primary Key

Primary Key juga dinamakan sebagai kunci utama di dalam sebuah tabel pada database. Keberadaan kunci ini memang sangat diperlukan karena berperan sebagai identitas yang nantinya akan merepresentasikan keseluruhan isi tabel. Dengan adanya kunci utama ini, maka proses pengolahan data menjadi lebih mudah. Primary key juga berperan penting di dalam menghubungkan antara dua tabel atau lebih.

2. Foreign Key

Foreign key atau yang juga dinamakan kunci asing atau kunci tamu merupakan sebuah kunci utama yang ada di tabel lainnya. Fungsinya adalah untuk merelasikan antar tabel.

Dinamakan sebagai kunci tamu karena memang kunci ini berperan sebagai tamu pada tabel yang lainnya. Syarat menjadi foreign key adalah kunci tersebut harus menjadi kunci utama dari tabel yang dihubungkan.

3. Alternate Key

Sebuah kunci yang tidak dipilih. Misalnya, ada dua kandidat yang akan menjadi kunci utama. Salah satunya pasti akan ditunjuk sebagai primary key. Sementara kunci yang tidak dipilih tersebut disebut sebagai alternate key.

4. Candidate Key

Kunci yang berperan untuk mengidentifikasi adanya kejadian spesial pada tabel. Syarat sebuah kunci dinamakan candidate key adalah unik identifier, serta non-duplikat. Maksudnya, tidak ada kunci yang memiliki ciri khas yang sama dengan candidate key.

5. Super Key

Istilah lainnya yang juga tidak kalah penting adalah super key. Super key berperan dalam memberikan perbedaan untuk setiap baris data secara unik di dalam tabel.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend