Pengertian Desain Beserta Fungsi, Unsur dan Macam-Macam Jenis Desain

Pengertian Desain

Desain diartikan sebagai perencanaan dalam pembuatan sebuah objek, sistem, komponen atau struktur. Secara etimologis kata desain berasal dari bahasa Inggris yaitu “design” yang artinya reka rupa, rencana, atau rancangan.

Dalam proses desain akan memperhitungkan berbagai aspek, seperti estetika, fungsi, dan berbagai aspek lainnya yang diperoleh dari riset dan pemikiran manusia. Lebih jelas mengenai pengertian desain bisa disimak melalui artikel dibawah ini:

Pengertian Desain Menurut Para Ahli

Pengertian Desain adalah

1. Menurul Coirul Amin

Desain merupakan suatu kerangka dari bentuk, rancangan, motif, pola, corak

2. Menurut The American Collage Dictionary

Desain bisa diartikan sebagai garis besar, sketsa, rencana. Sama seperti pada kegiatan seni salah satunya seperti bangunan, ide pembuatan mesin dan lain-lain.

3. Dedi Nurhadiat

Desain adalah suatu rencana untuk mewujudkan berbagai gagasan.

4. Menurut Archer

Desain adalah suatu bentuk kebutuan badani dan rohani manusia yang di utarakan lewat berbagai pengalaman, keahlian dan pengetahuannya menggambarkan perhatian terhadap apresiasi dan juga adaptasi terhadap sekitar.

Khususnya yang berhubungannya dengan bentuk, komposisi, arti, nilai, dan berbagai tujuan benda buatan manusia

5. Dudy Wiyancoko

Desain adalah hal yang berhubungan dengan perancangan konsep,drawing/rendering, analisis data, cost calculation, project planning, frame testing, test riding, dan prototyping.

6. Menurut ICSID

Desain merupakan kegiatan kreatif yang menggambarkan keaneka ragaman dari bentuk kualitas, proses, sistem dan pelayanan, seperti pada sebuah lingkaran yang saling berhubungan. Tak hanya itu, desain juga bisa di sebut juga sebagai faktor yang membentuk kegiatan inovasi teknologi, dinamika budaya, dan perubahan ekonomi.

7. Menurut Andya Primanda

Desain merupakan suatu upaya untuk menemukan hasil akhir dari berbagai macam masukan yang seringkali memiliki perbedaan.

8. Menurut Jones

Secara singkat Jones menjelaskan bahwa desain bisa di artikan dengan sebuah tindakan dan inisiatif dalam mengubah karya manusia.

9. Menurut Soekarno & Lanawati Basuki

Desain adalah suatu pola rancangan yang menjadi pokok dasar pembuatan dari suatu benda, seperti busana.

10. Menurut Janner Simarmata

Desain dapat di artikan sebagai aplikasi yang dirancang sehingga dapat sesuai dengan kebutuhan atau keinginan.

Fungsi Desain

Fungsi Desain

Adapun fungsi desain adalah sebagai berikut:

  1. Merupakan proses untuk menciptakan atau membuat atau objek baru.
  2. Merupakan alat untuk meminformasikan suatu karya baru seorang desainer kepada masyarakat.
  3. Merupakan wadah untuk mempertunjukkan objek-objek baru kepada masyarakat dengan gambaran ataupun nyata.
  4. Merupakan suatu wawasan atau ilmu pengetahuan kepada manusia.

Unsur-Unsur Desain

Unsur-unsur desain

Unsur-Unsur Pada Desan Grafis

1. Garis

Sebuah garis adalah unsur desain yang menyatukan satu titik dengan titik yang lain sehingga menjadi bentuk gambar garis lengkung (curve), atau garis lurus (straight). Garis adalah unsur paling dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi desain.

2. Bentuk

Bentuk adalah semua hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk-bentuk dasar yang diketahui orang adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga (triangle).

3. Tekstur

Pada desain grafis, tekstur adalah tampilan dari gambar ataupun desain yang visualisasi permukaannya mempunyai suatu bentuk, pola dan corak yang bisa dilihat dan dicermati oleh mata bahwa permukaan pada gambar tersebut terlihat halus atau kasar.

4. Ruang

Ruang adalah jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, ruang dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika pada desain. Sebagai contoh, tanpa ruang kamu tidak akan tahu mana kata dan mana kalimat atau paragraf.

5. Ukuran

Ukuran adalah unsur desain yang mendefinisikan besar atau kecilnya suatu objek.

6. Warna

Warna merupaka unsur penting dalam objek desain. Dalam perwarnaan sebaiknya disesuaikan dengan desain yang akan dibuat. Karena bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan ataupun membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual dengan jelas.

Unsur-Unsur Pada Desain Busana

1. Garis

Garis adalah hasil goresan dengan benda keras di atas permukaan benda alam (tanah, pasir, daun, batang, pohon dan sebagainya) dan benda-benda buatan (kertas, dinding, papan dan sebagainya).

2. Arah

Pada benda apa pun, dapat kita rasakan adanya arah tertentu, misalnya mendatar, tegak lurus, miring, dan sebagainya. Arah ini dapat dilihat dan dirasakan keberadaannya. Hal ini sering dimanfaatkan dalam merancang benda dengan tujuan tertentu.

3. Bidang

Pengertian bidang pada pakaian adalah sekumpulan garis yang saling bertemu atau saling potong antar ujung dan pangkalnya. dilihat dari unsur bidang, ada 2 macam desain busana, yaitu:

  • Desain struktur desain strutur pada busana disebut siluet.siluat adalah garis luar dari suatu busana. contoh siluet: siluet A, siluet I, siluet Y, siluet H, siluet S, siluet L.
  • Desain hiasan desain hiasan pada busana mempunyai tujuan untuk menambah keindahan desain struktur atau siluet. desain hiasan tersebut dapat berupa kerah, lengan, saku, renda, pita hias, kancing hias, dll.

4. Ukuran

Ukuran anatoni tubuh, bentuk, dan model pakaian, merupakan unsur yang perlu diperhitungkan dalam desain busana. sebaba besar kecilnya unkuran tubuh erat hubungannya dengan bentuk dan model suatu pakaian yang direncanakan.

5. Tekstur

Setiap benda mempunyai permukaan yang berbeda, ada yang halus dan kasar. Tekstur merupakan kondisi permukaan suatu benda, tekstur bisa diketahui dengan cara melihat ataupun dengan cara meraba.

6. Gelap Terang

Gelap terang dapat menunjukkan bagian yang cekung maupun cembung, gelap terang juga memberi kesan pencahayaan pada sebuah desain busana. dengan gelap terang, maka desain terlihat lebih hidup.

7. Warna

warna menjadikan suatu benda dapat dilihat. Selain itu, warna juga bisa mengungkapkan atau menyampaikan suasana perasaan atau watak benda yang dirancang. Warna dapat menunjukkan sifat dan watak yang berbeda-beda.

Macam-Macam Desain

macam-macam desain

1. Desain Gambar atau Visual

Desain gambar atau yang lebih sering dikenal dengan visual adalah suatu teknik yang dilakukan desainer untuk membuat dan menyusun gambar sesuai dengan konsep desain yang diinginkan.

2. Desain Typografi atau Tulisan

Desain tulisan umumnya dibuat oleh seorang desainer untuk menyampikan suatu pesan atau makna kepada seseorang atau khalayak ramai baik bersifat digital ataupun visual.

Desain ini bersifat khusus dan biasnya contoh simbol & logodimiliki oleh perusahaan-perusahaan ternama seperti Nike, Google, Youtube dan perusahaan lain, dan juga beberapa perusahaan kecil.

Itulah pengertian desain beserta fungsi desain, unsur-unsur dan macam-macam desain. Desain ini digunakan oleh banyak orang untuk memberikan nama julukan pada produk yang dibuatnya, dengan maksud meng-identifikasi suatu nama perusahaan.

Leave a Reply

Send this to a friend