Pengertian FPS dalam Game Beserta FPS Normal untuk Bermain Game

Apa itu FPS atau Frame Per Second? Dalam dunis gamer, seorang gamer profesional pastinya harus tahu tentang berbagai hal yang berhubunga dengan grafis, termasuk di dalamnya adalah FPS (Frame Per Second).

FPS (Frame Per Second) adalah sebuah tampilan jumlah gambar yang dihasilkan dalam bentuk grafis dalam waktu satu detik. Semakin banyak frame yang ditampilkan dalam satu detik, maka kuwalitas video yang ada akan semakin jernih dan nyaman untuk dilihat atau ditonton. Berikut di bawah ini adalah pengertian FPS.

Pengertian FPS dalam Game

Jumlah banyaknya FPS (Frame Per Second) dan tingginya kualitas video sangat bergantung pada spesifikasi VGA card yang digunakan. Untuk mengukur performa VGA Card secara keseluruhan anda dapat menggunakan frame rates sebagai acuanya. Frame rate adalah acuan yang berbentuk angka yang menunjukan jumlah gambar yang ditampilkan.

Pengertian FPS dalam Game

FPS Game

Game-game berat dan video dengan kualitas HD atau bahkan bluray dipastikan memiliki FPS yang tinggi, untuk itu supaya gambar video yang ditampilkan menghasilkan kualitas yang sama, dibutuhkan VGA Card yang tinggi pula untuk memaksimalkan FPS yang ada, jika antara FPS dan VGA card tidak seimbang akan mengakibatkan tampilan grafis yang kurang baik dan tidak nyaman untuk dipandang mata, tampilan grafis bisa menjadi lambat maupun pecah-pecah karena ketidakseimbangan tersebut.

FPS Normal untuk Game

Setelah mengetahui pengertian FPS, Lalu bagaimana jika kita bermain game bisa menghasilkan grafis yang bagus? Untuk menikmati game dengan tampilan grafis yang bagus, dibutuhkan FPS yang tinggi, namun selain itu kebutuhan grafis yang bagus sangat bergantung pada kondisi hardware yang ada saat anda memainkan, karena spesifikasi hardware sangat penting, semakin tinggi kapasitas hardware yaitu vga card yang kita gunakan, maka tampilan grafis juga akan semakin baik, selain itu RAM juga sangat berpengaruh, sehingga artinya adalah untuk menghasilkan grafis yang baik, kita harus menyiapkan perangkat yang tinggi.

pengertian FPS

Frame Per Second

Lalu apa hubunganya dengan FPS? Jika anda sudah menyiapkan koponen perangkat keras yang cukup untuk menangani kualitas grafis, selanjutnya yang kita perhatikan adalah Frame per Second. Lalu berapa FPS yang diperlukan untuk bermain sebuah game? Setiap orang memiliki pendapat masing-masing untuk menghasilkan grafis maksimal dalam bermain game, jadi ketentuan FPS tidak bersifat baku. Namun secara umum untuk menghasilkan grafis dengan standar yang baik dalam bermain game, kita harus mengetahui berapa FPS yang dibutuhkan dan akan mengahsilkan grafis seperti apa? Berikut dibawah ini adalah FPS yang normal untuk Game.

FPS Normal untuk bermain Game:

  • <15 : Tak bisa dimainkan, Jika komputer anda memiliki grafis yang hanya mampu untuk menampilkan gambar dengan FPS kurang dari 15 gambar per detik, maka bisa dipastikan perangkat tersebut tidak dapat anda gunakan untuk memainkan game, karena game memiliki minimal FPS untuk bisa dimainkan yaitu sebesar 30 FPS.
  • 15-30 : Hampir bisa dimainkan, Dengan frame per second sebanyak range tersebut anda bisa dikatakan bisa dan tidak untuk bermain game. Karena dengan frame tersebut hanya bisa dimainkan untuk beberapa game saja, jadi pertanyaan selanjutnya adalah game apa yang anda mainkan. Untuk game ringan dan sangat ringan mungkin saja bisa di mainkan pada frame per second ini, tetapi untuk game kelas berat, bisa dipastikan tidak akan bisa di mainkan pada FPS ini.
  • 30-45 : Cukup, Dengan range frame 30 sampai dengan 45 anda bisa memainkan game, namun dengan tampilan grafis yang cukup bagus bukan sangat bagus. Dalam hal ini juga sangat bergantung pada game apa yang anda mainkan, jika dalam persyaratan game tersebut harus menggunakan FPS lebih dari 45, maka tampilan grafis belum cukup untuk memainkan game tersebut.
  • 45-60 : Nyaman untuk dimainkan, Dengan FPS yang ada seperti range ini anda akan bisa menikmati game-game yang berat dengan tampilan grafis yang bagus dan nyaman untuk dimainkan, karena FPS yang mancapai 60 akan menghasilkan grafis setara dengan full Hidh Definition. Walaupun anda mamainkan game dengan kapasitas cukup berat, anda akan tetap nyaman.
  • 60+ : Sangat nyaman untuk dimainkan, Dengan FPS yang lebih dari 60 anda bisa seperti sultan dalam bermain game, karena hampir bisa dipastikan anda akan dapat memainkan game berat dengan tampilan grafis yang cukup bagus, anda tidak akan menemukan kendala dalam hal grafis ketika bermain game. Sekalipun game yang anda mainkan adalah game kelas berat, anda akan merasa sangat nyaman ketika bermain game tersebut.
pengertian FPS - FPS normal dalam Game

Frame Per Second

Untuk penggunaan FPS yang memiliki lebih dari 60 FPS, biasanya mata manusia sudah tidak bisa membedakan lagi. Namun ada beberapa kasus yang menyebabkan kita masih bisa membedakan FPS di atas 60, hal tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti di bawah ini, berikut di bawah ini adalah hal-hal yang menyebabkan FPS 60+ masih bisa dibedakan.

  1. Engine Game Error, Hal pertama yang menyebabkan kita masih bisa membedakan FPS padahal FPS yang ada lebih dari 60 adalah karena engine dari game yang anda mainkan, hal ini bisa terjadi jika dalam struktur engine utama game mengalami kerusakan atau mengalami ketidaksempurnaan dalam melakukan running game.
  2. Mata Dewa, maksud dari pion ini adalah karena anda sudah terbiasa dan terlatih atau sering melihat tampilan grafis yang sangat cepat. Hal seperti ini biasanya terjadi pada seorang editor yang sehari-harinya sudah biasa melihat perpindahan frame, karena hal tersebut seorang yang memiliki mata terlatih akan bisa melihat perbedaan frame yang tampil pada layar.
  3. Refresh Rate Monitor, Terakhir hal yang mengakibatkan kita masih bisa melihat perbedaan frame padahal FPSnya lebih dari 60 adalah karena adanya perbedaan antara FPS dengan refresh rate pada monitor, hal ini menjadikan tampilan grafis tidak seimbang atau kehilangan keseimbangan karena setting antara FPS dan refresh rate monitor berbeda.

Itulah penjelasan mengenai pengertian FPS yang dilengkapi dengan FPS dalam game, semoga dengan adanya artikel ini bisa menambahkan wawasan anda tentang FPS, sehingga anda bisa menikmati tampilan grafis secara maksimal baik ketika menonton video maupun ketika bermain game.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend