Pengertian Freelancer Beserta Keuntungan dan Contoh Pekerjaan Freelancer

Pengertian Freelancer

Pengertian Freelancer

Freelancer adalah bekerja secara lepas yang dapat di lakukan di mana saja tanpa adanya kontrak dengan perusahaan tertentu. Freelancer merupakan sebuah sebutan untuk seseorang yang bekerja freelance, atau dapat di sebut juga dengan pekerka lepas. Biasanya seorang freelancer bekerja secara individu dan tidak terikat kontrak atau perjanjian jangka panjang (long-term) dengan suatu perusahaan atau yang memberikan pekerjaan tersebut.

Bekerja sebagai freelancer cukup banyak digemari saat ini karena semua tugas bisa dikerjakan dari rumah, tanpa macet, cukup pakai celana kolor, bermodal koneksi internet dan skill mumpuni, namun penghasilan lumayan bahkan bisa lebih dibandingkan dengan pekerja kantoran.

Pekerja freelance bisa mengerjakan pekerjaan dari manapun dan kapanpun dia mau, bahkan sambil liburan pun bisa, yang penting adalah pekerjaan tersebut bisa selesai dengan baik dan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan sesuai perjanjian dengan klien.

Karena fleksibilitas waktu tersebut, tidak aneh jika terkadang pekerjaan freelance ini disambi dengan pekerjaan utama. Walaupun ada juga sebagian orang yang menjadi freelancer full time, yaitu mereka yang menjadikan freelance sebagai pekerjaan utamanya.

Pada saat ini banyak sekali orang yang tertarik untuk menjadi freelancer, mulai dari yang masih sekolah hingga yang sudah tua, semua bisa menjadi freelancer, karena yang dibutuhkan skill yang mumpuni untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai yang diinginkan. Kehadiran tidak terlalu diperlukan

Keuntungan Freelancer

Keuntungan Freelancer

Freelancer memiliki beberapa kelebihan dibanding dengan pekerja karyawan yang bersifat kantoran yang setiap harinya harus disibukkan dengan kegiatan ngantor. Lalu apa keuntungan yang dimiliki oleh seorang freelancer jika dibandingkan dengan pekerja kantoran? Ini dia daftarnya.

1. Menjadi manager untuk dirinya sendiri

Terkait pekerjaannya yang dibilang lepas tanpa ikatan sehingga mereka yang bergelut di dunia freelancer mampu me-manage dirinya sendiri dengan demikian mereka bisa lebih fleksibel dalam menentukan jam kerja mereka sesuai dengan apa yang mereka kehendaki.

2. Bisa berkerja sambil berkumpul dengan keluarga

Suatu kelebihan yang tidak dapat dirasakan oleh karyawan kantoran yang menghabiskan waktu dan pekerjaannya yang harus selalu di kantor, seorang freelancer mampu berkerja dan menyelesaikan pekerjannya dengan berkumpul keluarga.

3. Mampu mendapatkan penghasilan tak terbatas

Dengan menjadi manager atas dirinya sendiri seperti yang diterangkan diatas, seorang freelancer juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan pendapatan yang tak terbatas dengan menyelesaikan tidak hanya satu pekerjaan sehingga mereka mampu menyelesaikan banyak pekerjaan yang sesungguhnya masih memiliki bidang yang sama.

4. Mengatur jadwal liburnya sendiri

Sesuatu yang sangat fleksibel dalam perihal me-manage jam kerja, istirahat dan hari libur sehingga menjadi kelebihan tersendiri bagi mereka para freelancer.

5. Bebas memilih pekerjaan sesuai dengan keahlian

Dengan menjadi freelancer mereka bebas memilih dan menentukan pekerjaan apa yang pantas diambil sesuai dengan kapasitas terhadap keahlian bidang pekerjaan tersebut sehingga mereka mampu mengembangkan bakat mereka dengan berkerja dan terus berkarya

6. Dapat berkerja di mana saja

Tempat kerja tidak menjadi masalah selagi koneksi internet masih bagus sehingga dapat mempermudah pekerjaan sekalipun seorang freelancer tersebut sedang jalan-jalan ke luar kota atau sekadar di rumah.

7. Tidak ada istilah atasan dan bawahan

Dua peran ini pasti akan ditemui kalau kita bekerja sebagai orang kantoran sehingga dalam praktiknya kita perlu membedakan sikap dan perilaku ketika menghadapi bawahan atau atasan. Tapi di dunia freelancer ini tidak ada, yang ada hanya klien.

Contoh Pekerjaan Freelancer

Contoh Pekerjaan Freelancer

1. Analis dan konsultan bisnis

Profesi pertama yang cukup dicari adalah analis dan konsultan bisnis. Tapi sayangnya, tidak sembarang orang bisa melakukannya. Bahkan profesi ini dihargai dengan gaji yang cukup besar.

Tugasnya adalah untuk mengumpulkan dan menganalisis data dan informasi dari suatu permasalahan bisnis. Profesi ini adalah jenis pekerjaan freelance dengan tingkat stres yang cukup beragam, namun menawarkan jadwal kerja yang cukup fleksibel

2. Voice over

Pekerjaan yang satu ini memang nampak menyenangkan. Tidak perlu memiliki suara yang bagus, yang terpenting adalah suaramu sesuai dengan yang dicari oleh perusahaan atau produk tersebut.

Kamu mungkin akan terkejut dengan banyaknya peluang yang ada, untuk suara instruksi e-learning, video game,  dan pembacaan audiobook, dan banyak lagi. Asyiknya, pekerjaan macam ini bisa dilakukan dari tempatmu sendiri atau tergantung kesepakatan dengan klien.

3. Data entry

Buat kamu yang masih kuliah atau fresh graduate, pekerjaan ini cukup banyak diminati. Data entrymerupakan jenis pekerjaan yang cukup diminati di situs pekerja lepas karena tugasnya sangat mudah. Jika kamu mendapatkan proyek semacam ini biasanya kamu hanya diberi tugas untuk memasukkan data ke database lewat form online yang sudah mereka sediakan. Mudah, kan?

4. Desainer grafis

Pekerjaan freelance yang satu ini cocok bagi kamu yang senang menggambar dan memiliki kemampuan desain grafis. Tidak sembarang orang memiliki keahlian desain grafis. Sehingga, tidak heran jika desain grafis merupakan salah satu keahlian yang dihargai cukup mahal. Pekerjaan yang memerlukan keahlian desain grafis sangat banyak misalnya saja membuat logo, ilustrasi, brosur, dan sebagainya.

5. Web designer

Menjadi freelance web designer memiliki tuntutan yang cukup tinggi. Penguasaan HTML, JavaScript dan CSS wajib hukumnya kamu kuasai. Selain itu, kamu juga harus mahir menggunakan berbagai tool untuk mendesain grafis seperti Photoshop dan Corel Draw.

Pekerjaan freelance di bidang ini harus bisa merancang sebuah website yang tidak hanya mempunyai tampilan indah tapi juga unik, menarik dan efektif. Namun semua itu sebanding dengan tingginya bayaran yang diterima oleh seorang desainer web.

6. Digital marketer

Pernah dengar profesi digital marketer? Di era yang serba online seperti sekarang ini, profesi digital marketing semakin banyak dicari terutama oleh perusahaan-perusahaan besar maupun kecil yang memasarkan produk dan layanannya lewat Internet. Profesi ini dituntut untuk menguasai berbagai macam strategi pemasaran secara online. Freelancer ini harus memahami email marketing, pay per click atau PPC, search engine marketing, media sosial, SEO management, dan sebagainya.

7. Penulis konten

Penulis konten adalah pekerjaan freelance yang tidak memerlukan modal banyak. Tugasnya menulis artikel dan mempublikasikannya di website. Jika kamu menguasai berbagai macam bahasa asing, tentu pekerjaan ini akan terasa sangat mudah untukmu.

Ya, penulis artikel biasanya dituntut untuk menguasai satu atau lebih bahasa asing. Selain itu, kamu juga harus bisa membuat tulisan yang menarik dengan tata bahasa yang benar.

8. Ahli SEO

Nah, profesi freelance yang satu ini juga tak kalah populer dengan digital marketer. SEO adalah suatu teknik untuk meningkatkan posisi sebuah situs atau halaman web di hasil mesin pencarian.

Tujuannya sudah jelas, yaitu agar situs atau halaman web tersebut mudah ditemukan oleh pengguna Internet. Para pemilik situs web berani membayar mahal untuk mempekerjakan ahli SEO karena pekerjaan tersebut memang sangat susah dan butuh waktu yang cukup lama untuk mempelajari teknik-teknik SEO tersebut.

9. Java programmer

Java merupakan bahasa pemrograman multiplatform. Artinya, programming language ini bisa dijalankan di berbagai platform. Di masa depan, programmer yang menguasai bahasa pemrograman ini bisa dibilang prospeknya sangat cerah. Mengapa demikian? Karena yang membutuhkan sangat banyak. Selain itu, yang pasti bayaran yang diterima oleh programmer Java termasuk tinggi.

10. Editor foto

Kini, banyak yang memerlukan editor foto dan video dengan kontrak kerja freelance. Freelancer yang menguasai banyak tools foto seperti Photoshop dan sebagainya banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan periklanan. Jadi, kalau kamu mahir menggunakan Photoshop, maka pekerjaan ini bisa menjadi salah satu pilihanmu.

11. Data scientist

Kamu termasuk orang yang lebih suka bekerja dengan angka? Maka pekerjaan freelance yang satu ini mungkin cocok untukmu. Saat ini, bisnis sangat berpatokan pada data.

Seorang data scientist sangat dibutuhkan untuk membuat algoritma yang dapat menangkap data yang relevan, menyusunnya, menganalisa data tersebut, kemudian melaporkannya. Tentunya data yang diolah oleh para data scientist ini adalah data yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Leave a Reply

Send this to a friend