Pengertian Gotong Royong Beserta Manfaat dan Sikap Gotong Royong

Pengertian Gotong Royong

Gotong royong merupakan kegiatan bekerja secara bersama-sama dalam kegiatan tolong menolong atau membantu suatu kelompok tertentu.

Gotong royong merupakan bentuk kerja sama yang berhubungan erat dengan kemasyarakatan. gotong royong juga bisa diartikan sebagai sistem dengan menggunakan tenaga tambahan untuk membantu aktivitas yang sedang berlangsung.

Manfaat Gotong Royong

Berdasarkan beberapa pengertian gotong royong diatas, bisa ditarik kesimpulan bahwa gotong royong merupakan kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dengan tujuan yang sama untuk mencapainya.

1. Memupuk rasa persaudaraan

Pengertian Gotong Royong dan Manfaatnya

Manfaat gotong royong yang pertama adalah memupuk rasa persaudaraan. Gotong royong memang suatu pekerjaan yang tidak dilakukan seorang diri dan membutuhkan beberapa orang sehingga menimpulkan jiwa persaudaraan antar orang yang melakukan kegiatan tersebut.

2. Meringankan beban

Gotong royong memang memiliki manfaat untuk meringankan beban. Biasanya memang gotong royong dilakukan untuk mengerjakan sesuatu yang berat sehingga harus dikerjakan atau membutuhkan bantuan orang banyak. adanya bantuan tersebut, membuat beban yang tadinya sangat menumpuk bisa jadi lebih ringan karena dilakukan secara bersama-sama.

3. Cinta Tanah Air

Manfaat yang tidak disadari lainnya adalah menimbulkan rasa cinta kepada negara sendiri karena dari hal-hal kecil seperti gotong royong akan menimbulkan jiwa bekerja sama dengan baik dan nantinya bisa digunakan pada tahap-tahap yang lebih besar.

4. Tolong Menolong

Tolong Menolong

Manfaat lainnya adalah bisa menumbuhkan sikap tolong menolong kepada siapapun yang sedang membutuhkan bantuan untuk meringankan beban. Adanya gotong royong memang merupakan bentuk dari sikap tolong menolong yang bisa dirasakan manfaatnya.

5. Peduli

Selain itu, adanya gotong royong juga memupuk rasa peduli kepada sesama. Jika gotong royong dilakukan sejak dini, rasa peduli akan tumbuh dan terbiasa dilakukan.

6. Menambah teman

Kerja sama atau gotong royong bisa juga didapatkan manfaatnya adalah mendapatkan teman baru. Hal tersebut bisa dirasakan ketika seseorang tidak pernah ke luar rumah kemudian membantuk tetangga untuk membangun rumah secara tidak langsung seseorang tersebut akan mendapatkan koneksi teman yang semakin banyak.

7. Jiwa kerja keras

Pengertian Gotong Royong adalah

Manfaat lainnya adalah menimbulkan jiwa pekerja keras. Gotong royong memang merupakan suatu kegiatan yang biasanay dilakukan di tengah-tengah masyarakat dan biasanya memang melakukan kegiatan yang berat. Seseorang yang suka melakukan gotong royong akan terbiasa melakukan pekerjaan-pekerjaan berat sehingga menimbulkan jiwa pekerja keras dan tidak bermalas-malasan.

8. Komunikasi

Selanjutnya adalah komunikasi. Seseorang yang melakukan kegiatan bersam-sama akan terjadi banyak interaksi dan percakapan. Hal tersebut secara tidak langsung menumbuhkan jiwa berkomunikasi dalam dunia sosial atau masyarakat.

9. Jiwa Solidaritas

Berikutnya adalah manfaat dari gotong royong menimbulkan jiwa solidaritas. Membiasakan diri membantu orang lain seperti gotong royong memang menimbulkan jiwa solidaritas yang tinggi sehingga membuat orang tersebut peduli kepada sesama.

Contoh Sikap Gotong Royong

1. Gotong royong di sekolah

Gotong royong di sekolah

Contoh gotong royong di sekolah adalah secara bersama-sama membersihkan lingkungan seperti kelas, halaman sekolah yang dilakuakn secara kelompok. Hal kecil tersebut memang merupakan bentuk dari gotong royong yang bisa dilakukan di sekolah sehingga kelas dan lingkungan sekolah menjadi lebih bersih.

Biasanya terjadi salah pengertian tentang kerja sama yang dilakukan di rumah seperti bekerja sama dalam mengerjakan soal ujian. Soal ujian biasanya bersifat individu sehingga harus dilakukan secara sendiri-sendiri guna mengetahui kemampuan individu dalam memahami materi.

Apabila guru memberikan tugas kelompok barulah bisa dikatakan sebagai bentuk gotong royong untuk mengerjakan tugas kelompok misalkan tugasnya adalah merangkum mata pelajaran kesenian yang terdiri dari tiga orang setiap kelompoknya. Sistem gotong royong bisa diperlihatkan dengan pembagian tugasnya misalkan si A merangkum atau menggaris bawahi poin-poin penting yang ada di dalam buku kesenian kemudian si B dan si C bergantian menulis poin-poin tersebut di atas kertas untuk dikumpulkan.

2. Gotong royong di rumah

Gotong royong di rumah bisa dilakukan dengan bersama-sama membersihkan rumah. Biasanya hal ini bisa dibagi tugas seperti ibu mencuci piring, kakak membersihkan atau menyapu lantai, adik menyiram bunga, dan ayah membuang sampah-sampah di rumah.

Kegiatan gotong royong di lingkungan rumah tersebut juga merupakan bentuk penanaman jiwa kerja sama, peduli, tolong menolong dalam meringankan tugas.

3. Gotong royong di dalam masyarakat

Gotong royong di dalam masyarakat

Gotong royong di masyarakat memang banyak sekali salah satunya adalah membantu seseorang yang mengadakan hajatan. Biasanya seseorang tersebut meminta bantuan kepada tetangga dan saudara untuk membantu mempersiapkan hajatan tersebut.

Manfaat dari bentuk kerja sama ini menjadikan keuntungan timbal balik antara pemilik hajatan dan yang membantunya. Salah satunya adalah pemilik hajatan bisa mengadakan acara dengan lancar tanpa kendala sedangkan yang membantu akan mendapatkan apresiasi tersendiri atau nilai lebih dari seseorang tersebut. contoh ini bisa dimasukkan ke dalam contoh gotong royong kepada tetangga.

Contoh lainnya adalah membersihkan desa. Kegiatan gotong royong yang satu ini memang sering dilakukan oleh masyarakat dan paling umum dilakukan. Bentuk gotong royong jenis ini memang bisa meringankan beban secara langsung dan juga bisa menimbulkan lingkungan yang bersih serta bisa menimbulkan rasa persaudaraan yang tinggi.

Pembagian tugasnya bisa dilakukan setiap RT membersihkan halaman rumah masing-masing serta terdapat pembagian setiap rumah mengirimkan beberapa orang untuk membersihkan tempat-tempat penting di desa seperti balai desa, lapangan desa, dan tempat-tempat desa lainnya.

Selain itu, dengan melakukan gotong royong di desa merupakan bentuk mencintai Indonesia dengan cara terkecilkan adalah membersihkan rumah masing-masing kemudian ke desa. Jika setiap desa di Indonesia bisa melakukan kegiatan gotong royong setiap hari atau minggu pasti kemungkinan Indonesia bisa menjadikan lingkungan lebih bersih.

4. Gotong royong dalam pekerjaan

Pengertian Gotong Royong dan Contohnya

Pekerjaan memang tidak selalu dilakukan seorang diri, banyak pekerjaan yang bisa dilakukan secara bersama-sama. Kerja sama tim memang diperlukan agar pekerjaan lebih maksimal dan bisa mencapai tujuan yang ditargetkan. Contoh bekerja sebagai kuli bangunan.

Gotong royong untuk mengerjakan bangunan seperti sekolah-sekolah, pelabuhan, rumah sakit memang membutuhkan kuli atau pekerja banguna untuk membangunnya. Hal tersebut bisa dikatakan sebagai bentuk dari gotong royong untuk mencapai tujuan besama.

Sebenarnya di segala pekerjaan memiliki sistem kerja sama atau gotong royong. Contoh saja profesi guru. Guru juga memiliki sisitem kerja sama seperti pembagian waktu mengajar, saling berbagi ilmu, dan semua guru juga harus bekerja sama dalam satu visi dan misi yang sama untuk memajukan sekolah.

Gotong royong memang merupakan kegiatan yang dilakukan bersama-sama. Selain itu hal yang penting dalam gotong royong adalah secara tidak sadar telah mengamalkan sila Indonesia yang ketiga. Bentuk persatuan Indonesia bisa dilihat dari kerja sama yang dilakukan beberapa orang untuk memajukan Indonesia. Itulah beberapa ulasan mengenai pengertian gotong royong, manfaat gotong royong serta contoh sikap gotong royong. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend