Pengertian Header & Footer Serta Perbedaan Keduanya, Yuk Disimak!

Pada saat Anda sedang membuat jurnal, makalah, dan lain sebagainya, pasti Anda dibiasakan dengan membuat header dan footer di dokumen tersebut. Karena Header dan footer memiliki fungsinya masing-masing. Dimana Header dan footer dapat membuat tampilan dari dokumen yang akan Anda buat lebih rapi dan enak untuk dilihat.

Tetapi tahukah kamu apa yang menjadi perbedaan antara header dan juga footer ? Dilihat secara gamblang, memang perbedaan header dan footer terlihat sangat jelas dari posisinya saja.

Seperti header yang memang diletakkan berada di bagian atas dari setiap lembar dokumen yang ada di microsoft word. Sedangkan footer yang berada di bagian bawah lembar dokumen yang ada di microsoft.

Tetapi tidak hanya itu, perbedaan lainnya pun masih banyak antara header dan footer. Pada artikel ini akan membahas mengenai perbedaan header dan footer.

Pengertian Header dan Footer

Pengertian Header dan Footer adalah

Sebelum mengetahui apa saja perbedaan dari header dan footer, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa pengertian dari header dan footer. Berikut pengertian dari header dan footer :

1. Pengertian Header

Pengertian header yaitu merupakan teks yang ada di margin atas di setiap halaman dokumen pada microsoft word. Sangatlah mudah untuk bisa membuat sebuah tajuk menggunakan program kata seperti pada Microsoft Word.

Beberapa informasi yang bisa Anda masukkan ke dalam header halaman tersebut yaitu seperti nama penulis, nomor halaman, judul bagian, judul dokumen, dan lain sebagainya. Informasi yang terdapat pada tiap halaman biasanya sama, kecuali pada perbedaan kecil yang terdapat pada informasi tersebut, seperti pada nomor halaman.

Umumnya, tajuk buku memiliki isi berupa judul buku, nomor halaman dan judul bab. Di dalam penulisan akademis, tajuk yang khusus dikenal menjadi running headline maupun running header yang ada di bagian atas suatu halaman. Umumnya juga ia memiliki isi berupa nama belakang penulis, judul dokumen serta nomor halaman.

Pada bagian header pada lembar dokumen yang ada microsoft word juga dapat Anda masukkan berupa gambar maupun logo yang terkait dengan instansi, perusahaan dan logo organisasi yang ingin Anda buat sebuah surat maupun laporan.

2. Pengertian Footer

Jika diatas sudah dijelaskan mengenai pengertian dari header, maka selanjutnya akan dijelaskan mengenai pengertian dari footer. Footer merupakan suatu teks yang ada di bagian bawah margin di setiap halaman dokumen.

Hal itu sama artinya dengan footer memiliki posisi dibagian bawah di halaman dokumen, tepatnya di bagian bawah teks utama. Hal ini merupakan tempat yang tradisionalnya sangat disukai untuk meletakkan nomor pada halaman, walaupun nomor halaman tersebut juga bisa di masukkan di dalam header.

Footer juga biasanya digunakan untuk menuliskan catatan kaki pada lembar dokumennya. Pada catatan kaki, Anda bisa menunjukkan suatu informasi dari bibliografi dan juga informasi tambahan serta komentar penulis.

Nah, diatas sudah dijelaskan mengenai pengertian header dan footer, dengan begitu Anda sudah mengetahui ciri-ciri dari keduanya dan pemanfaatan dari kedua hal tersebut. Untuk selanjutnya, maka Anda harus mengetahui perbedaan antara header dan footer.

Berikut adalah perbedaan dari header dan footer yang perlu Anda ketahui :

Perbedaan Header dan Footer

Perbedaan Header dan Footer adalah

Dalam membedakan header dan footer dapat dilihat dari beberapa aspek. Dimana dalam beberapa aspek ini dapat menggambarkan ciri-ciri serta kegunaan dari header dan footer juga. Berikut perbedaan antara header dan footer.

1. Posisi

Hal yang paling mendasar dalam membedakan header dan footer yaitu dapat dilihat dari posisinya. Posisi header pasti selalu terletak di bagian atas halaman pada dokumen word, sedangkan footer pasti selalu terletak dibagian bawah halaman pada dokumen word.

2. Teks Utama

Perbedaan yang kedua antara header dan footer yaitu bisa kita lihat dari bagian teks utama. Posisi header pasti selalu terletak diatas teks utama pada halaman dokumen word, sedangkan posisi footer pasti selalu terletak di bagian bawah teks utama pada halaman dokumen word.

3. Nomor Halaman

Perbedaan yang ketiga yaitu dapat dilihat dari penomoran halaman. Biasanya header bisa diisikan dengan nomor halaman, sedangkan footer merupakan tempat yang tradisionalnya sangat disukai untuk diisikan dengan nomor halaman.

4. Informasi

Perbedaan yang keempat antara header dan footer dapat di lihat dari informasinya. Biasanya header diisikan dengan tajuk informasi berupa judul bab, nama penulis, judul buku dan juga sering disisipkan dengan gambar atau logo dari suatu instansi terkait. Sedangkan pada footer umumnya dapat dituliskan dengan nomor halaman.

5. Catatan Kaki

Perbedaan kelima antara header dan footer dapat dilihat dari catatan kaki. Biasanya pada bagian header tidak bisa diisikan atau digunakan untuk dituliskan suatu catatan kaki. Sedangkan pada footer, bisa kita gunakan untuk menuliskan suatu catatan kaki.

Itulah perbedaan-perbedaan antara header dan footer yang dibagi atas lima perbedaan. Untuk lebih mempermudah Anda dalam memahami perbedaan antara header dan footer, Anda dapat melihat tabel di bawah ini :

Header Footer
Header terletak di bagian atas dokumen Footer terletak di bagian bawah dokumen
Header terletak di atas dari teks utama Footer terletak di bawah dari teks utama
Header bisa berisi dengan nomor halaman Footer secara tradisional lebih disukai untuk diisikan dengan nomor halaman
Header biasanya diisikan dengan tajuk informasi berupa judul bab, nama penulis, judul buku dan juga sering disisipkan dengan gambar atau logo dari suatu instansi terkait. Footer umumnya dapat dituliskan dengan nomor halaman
Header tidak bisa diisikan atau digunakan untuk dituliskan suatu catatan kaki Footer bisa kita gunakan untuk menuliskan suatu catatan kaki.

Demikianlah pengertian header dan footer beserta perbedaannya antara header dan footer yang telah dijelaskan pada artikel ini. Semoga dengan artikel ini Anda dapat memahami dan membedakan header dan footer secara baik.

Leave a Reply

Send this to a friend