Pengertian Icon Beserta Fungsi Icon pada Komputer, Sudah Tahu?

Kini, pemanfaatan digitalisasi pada kehidupan sehari-hari sudah tidak diragukan lagi eksistensinya. Berbagai pekerjaan tampaknya sudah benar-benar akrab bersanding dengan teknologi. Tentu saja hal tersebut disambut hangat. Hal ini disebabkan oleh peran teknologi yang sangat penting dapat menimbulkan dampak positif terhadap berbagai aspek.

Begitu pula dengan perkembangan multimedia yang tak kalah menariknya. Terlihat jelas bahwa desain grafis dari tahun ke tahun cukup berkembang secara signifikan. Hal ini diimplementasikan dalam berbagai bidang. Salah satunya, yaitu icon pada desktop komputer yang didesain menggunakan teknologi tentunya. Lalu, apa itu icon?

Artikel ini akan mengulas mengenai pengertian icon beserta fungsi dari icon itu sendiri. Langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Icon

Pengertian Icon adalah

Pengertian icon adalah tampilan berupa simbol atau gambar sebagai maskot dari suatu objek yang melambangkan fungsi objek itu sendiri. Pada dasarnya, icon mempermudah pengguna dalam melakukan suatu task atau mengakses objek tertentu. Hal ini disebabkan karena adanya bantuan visual yang ditangkap pengguna berupa gambar yang dapat membantu pengguna familier terhadap objek icon itu sendiri.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) edisi kelima, ikon (kata serapan dari bahasa Inggris: icon) berarti gambar atau simbol kecil pada layar komputer yang melambangkan sesuatu (program, peranti, dan sebagainya) yang diaktifkan dengan cara diklik.

Adapun antara icon objek satu dengan objek lain tentunya sangat berbeda. Hal ini karena tujuan dari icon itu sendiri yaitu sebagai tanda atau lambang yang membuatnya harus berbeda dari lainnya. Berkaitan dengan komputer, icon ini sangat mudah sekali ditemukan. Mulai dari proses booting (misal menampilkan icon Windows) hingga tampilan awal (seluruh icon di desktop maupun taskbar) sangat mudah dijumpai.

Icon pada komputer dapat mewakili file, objek, folder, aplikasi, drive, maupun objek lainnya. Simbol icon ini juga dapat berupa gambar ataupun tulisan (seperti huruf atau angka) saja. Tentunya, setiap icon memiliki filosofisnya masing-masing. Namun, hal terpenting dari sebuah icon ialah fungsi dari objek tersebut yang disesuaikan dengan kegunaan masing-masing.

Secara default, pengguna dapat menemukan berbagai icon aplikasi bawaan komputer pada tampilan desktop atau tampilan setelah proses booting selesai. Selain wallpaper, desktop dapat menampilkan berbagai icon dari file, objek, folder maupun aplikasi. Icon pada desktop komputer pula dapat dikelola dengan cara menambahkan atau menguranginya sesuai dengan kebutuhan pengguna.

icon desktop fi

Pada tampilan desktop, pengguna dapat melihat gambar icon dari suatu aplikasi, file, folder, maupun objek lainnya. Selain itu, pengguna juga dapat mengatur ukuran ikon serta menambahkan tulisan berupa nama aplikasi guna memudahkan pengguna dalam mengaksesnya.

Hal ini juga tergantung kepada kreativitas pengguna dalam membuat layar desktop menjadi indah. Sehingga, dengan mengatur sedemikian rupa icon yang justru menutupi sebagian wallpaper tersebut malah membuat keindahan wallpaper juga tidak tertutupi sepenuhnya atau malah terlihat semakin menarik.

Fungsi Icon

Fungsi Icon adalah

1. Sebagai Lambang dan Identitas

Zaman sekarang, setiap objek tampaknya sudah diberikan lambang yang mengandung makna tertentu sesuai dengan kegunaannya masing-masing. Dengan adanya icon pada suatu objek maka ia akan memiliki suatu identitas tersendiri atau tanda pengenal sebagai jati dirinya sendiri.

2. Representasi Ciri Fisik

Tidak jarang ditemukan bahwa icon sebenarnya mewakili ciri fisik dari objek atau aplikasi yang bersangkutan. Misalnya aplikasi Alarms & Clock memiliki icon dengan gambar jam. Tentu saja hal ini benar-benar menggambarkan makna dari aplikasi yang bersangkutan.

Contoh lain ialah icon aplikasi Word 2016 yang terdiri dari huruf W (menggambarkan nama aplikasi itu sendiri, yakni Word 2016) dan gambar lembar kertas (menggambarkan dari fungsi aplikasi, yakni program pengolah kata).

3. Representasi Fungsi

Adapun fungsi icon ialah sebagai representasi dari fungsi aplikasi yang bersangkutan itu sendiri. Misalnya icon pada software program Windows Defender. Dapat terlihat langsung bahwa icon tersebut menggambarkan fungsi dari program tersebut, yakni sebagai pelindung komputer dari serangan virus maupun malware.

Pada hakikatnya, identitas icon tersebut menggambarkan fungsi, manfaat, struktur, dan lain sebagainya dari objek yang bersangkutan. Entah itu mengandung makna yang tersirat maupun tersurat. Hal ini disebabkan karena icon dapat berupa gambar maupun hanya sekadar tulisan saja.

4. Memudahkan Pengguna

Karena semakin sering pengguna melihat icon tersebut maka semakin mudah dikenali dan familiar pula objek tersebut. Hal ini tentunya juga menguntungkan bagi pihak tertentu dalam bidang marketing dan memperkenalkan objek tersebut kepada pengguna.

Misalnya saja aplikasi dengan nama yang rumit akan menyulitkan pengguna untuk mengingatnya. Fungsi dari icon ini juga membantu pengguna mengingatnya. Hal ini dikarenakan sebagian besar manusia lebih mudah mengingat gambar daripada nama yang cukup rumit. Dengan begitu, pengguna hanya perlu mencari icon yang telah diingat untuk mengakses atau membuka aplikasi tersebut.

5. Mempercepat Pengguna

Icon pada desktop juga berfungsi mempercepat pengguna dalam mengakses atau membuka suatu aplikasi, file, folder, maupun drive tertentu. Pengguna tidak perlu mencari aplikasi yang ingin dibuka melalui search lagi, melainkan langsung mengeklik ganda pada icon aplikasi yang dimaksud.

Dengan begitu, tentu saja langkah-langkah dalam suatu task dapat dipangkas sedemikian rupa guna mempercepat proses pengguna saat mengaksesnya.

Sebagai kesimpulan, icon merupakan bentuk visualisasi dari sebuah objek (file, objek, folder, aplikasi, drive, dan lain sebagainya) yang menampilkan gambaran sederhana namun tidak menghilangkan esensi dari fungsi, manfaat, struktur, dan lain sebagainya.

Demikian artikel mengenai pengertian icon beserta fungsi dari icon itu sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Tetap kunjungi Nesabamedia untuk mendapatkan informasi menarik dan terbaru.

Leave a Reply

Send this to a friend