Apa itu NetBIOS? Mengenal Pengertian NetBIOS

Apa itu NetBIOS? Mengenal Pengertian NetBIOS

Pengertian NetBIOS

Apa itu NetBIOS? NetBIOS merupakan singkatan dari Network Basic Input Output System yang merupakan sebuah spesifikasi untuk menginzinkan berbagai aplikasi bisa mengakses jaringan. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa mengakses jaringan tanpa perlu memperhatikan seperti apa protokol transport yang digunakan. Dari penjelasan ini kita bisa mengetahui bahwa tanpa mendapatkan izin dari NetBIOS, maka aplikasi-aplikasi tersebut tidak dapat mengakses jaringan.

Adapun mengenai fungsi dari NetBIOS dikembangkan IBM yang kira-kira ada di atas 3 layer. Ketiga layer tesebut adalah Session, Presentation, dan juga Application. NetBIOS berfungsi untuk melakukan pertukaran data serta memberikan akses kepada para programmer pada berbagai macam sumber data. Dengan begitu, akan tercipta sebuah hubungan antara dua komputer maupun dua aplikasi yang ada pada komputer yang sama.

Fungsi NetBIOS

Pengertian NetBIOS

Sebelumnya Anda sudah mengetahui fungsi NetBIOS. Namun fungsi tersebut merupakan fungsi umumnya. Di bawah ini kami akan menjelaskan fungsi dari NetBIOS secara lebih lengkap.

  • Naming service: fungsi NetBIOS adalah untuk menyebarkan nama user, grup, maupun komputer kepada jaringan. Selain itu, NetBIOS juga bertugas memastikan agar tidak sampai muncul nama yang sama atau duplikasi nama
  • DataGram Support: fungsi kedua dari NetBIOS adalah menyediakan sebuah transmisi tanpa perlu adanya koneksi serta tidak menjamin kesuksesan dari pengiriman paket yang memiliki ukuran kurang dari 512 bytes. Metode inilah yang nanti akan digunakan oleh Naming Service
  • Session Support: adapun fungsi NetBIOS yang ketiga yaitu memungkinkan adanya transmisi pada saat virtual circuit session muncul. Dengan begitu, maka pengiriman paket yang sedang berlangsung bisa dikenali dan dipantau

Perintah-perintah yang Ada di NetBIOS

Setelah mengetahui informasi seputar pengertian dan juga fungsi dari NetBIOS, informasi selanjutnya adalah berkaitan dengan apa saja perintah yang terdapat di dalam NetBIOS. Namun sebelum itu Anda perlu mengetahui bahwa NetBIOS hanya memiliki nama sebanyak 16 byte. Selain itu, untuk layanan NetBIOS over TCP/IP serta NetBIOS Service beroperasi di port TCP 139 dan juga UDP 137.

  • Add name: merupakan perintah yang digunakan untuk registrasi atau mendaftarkan nama NetBIOS
  • Add group name: perintah yang digunakan untuk registrasi atau mendaftarkan nama grup NetBIOS
  • Delete name: sebuah perintah yang digunakan untuk menghapus regitrasi nama maupun grup NetBIOS
  • Find name: perintah yang digunakan untuk mencari nama NetBIOS yang terdapat di dalam jaringan
  • Listen: perintah untuk mendengarkan jaringan yang sedang membuka sesi di komputer
  • Call: perintah untuk membuka sesi koneksi pada sebuah nama NetBIOS yang ada di dalam komputer di dalam satu jaringan
  • Hang up: perintah menutup sesi koneksi
  • Send: perintah untuk mengirimkan paket kepada komputer yang berada dalam jaringan

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai NetBIOS. Sebenarnya masih ada perintah-perintah lainnya seperti Send no Ack, Send broadcast datagram, receive broadcast, dan berbagai perintah lainnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend