Apa itu Package Diagram

Apa itu Package Diagram? Mengenal Pengertian Package Diagram

Bagi Anda yang sudah lama berpengalaman di dalam membangun aplikasi, nama Package Diagram mungkin sudah tidak terdengar asing. Paling tidak Anda pernah melihat atau mendengar istilah tersebut.

Package Diagram adalah salah satu UML yang digunakan untuk mengelompokkan elemen-elemen misalnya class diagram dan use case. Diagram paket ini sebenarnya jarang digunakan untuk pemuatan sistem pada skala kecil karena memang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Dengan kata lain, Package Diagram hanya digunakan untuk pengembangan sistem yang berskala besar. Tujuannya tidak lain adalah untuk memberikan kemudahan di dalam proses penyusunannya. Untuk memudahkan Anda di dalam memahami seputar Package Diagram di bawah ini merupakan gambaran sekilas dari paket diagram tersebut.

  • Diagram paket bisa kita asumsikan sebagai sebuah folder yang ada di dalam sistem operasi seperti Linux maupun Windows
  • Package adalah kumpulan kelas maupun elemen yang memiliki sifat sama
  • Package diistilahkan sebagai direktori folder

Fungsi Package Diagram

Mengenal Pengertian Package Diagram

Lalu apa fungsi yang dari Package Diagram? Beberapa fungsi diagram paket antara lain sebagai berikut:

  • Package Diagram berfungsi untuk mengelompokkan mana yang termasuk class diagram atau use case
  • Package Diagram berfungsi untuk memberikan informasi apakah elemen tersebut diorganisasikan atau dikelompokkan
  • Anda bisa menerapkan Package pada jenis UML apa apun
  • Membuat diagram yang akan dibangun lebih sederhana
  • Package Diagram mempunyai diagram UML, karena bisa dikelompokkan dengan menyesuaikan elemen yang akan digunakan
  • Membuat pekerjaan menjadi lebih tertata rapih serta tidak membingungkan

Simbol Package Diagram

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi Package Diagram, informasi lainnya yang tidak kalah penting yaitu tentang simbol atau notasi yang digunakan di dalam diagram paket.

  • Package, merupakan kelompok dari elemen-elemen model
  • Import, dependency yang menunjukkan isi dari  tujuan yang terdapat pada paket secara umum yang ditambahkan ke sumber paket
  • Access, dependency yang di dalamnya mengindikasikan isi dari tujuan paket secara umum yang dapat digunakan untuk nama sumber paket

Dari infomasi di atas Anda bisa bisa mengetahui bahwa notasi yang dimiliki oleh Package Diagram terdiri dari tiga simbol. Tentu saja hal ini berbeda dengan yang Anda temukan pada flowchart, erd maupun dfd yang di dalamnya terdapat simbol dengan jumlah yang banyak. Akan tetapi, justru karena simbolnya hanya ada tiga membuat Anda lebih mudah memahami dan menghafalkan simbol-simbol tersebut.

Simbol package digambarkan dengan folder seperti folder yang umumnya Anda temukan pada sistem operasi. Sementara itu, dua simbol yang lainnya yaitu import serta access. Import digunakan untuk menyambungkan dua package dengan tujuan seperti mengirim paket. Access digunakan untuk menulis sumbernya saja.

Demikian informasi yang bisa kami berikan kepada Anda mengenai Package Diagram. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend