Pengertian Plotter Beserta Fungsi, Cara Kerja dan Jenis-Jenis Plotter

Plotter? Mungkin istilah Plotter masih asing di telinga kita. Plotter merupakan printer, namun printer jenis masih jarang di temui pada tempat print dan fotokopi.Mengapa dikataan plotter sama dengan mesin printer pada umumnya? Karena jika dlihat sisi fungsi dan cara kerjanya itu sama dengan mesin printer yaitu mencetak gambar dari data masukan.

Selain ukurannya yang lebih besar dari pada printer pada umumnya, plotter juga merupakan printer dengan kemampuan untuk print dalam skala yang besar. Maka dari itu plotter masih jarang di jumpai karena tidak terlalu sering di gunakan orang dan plotter biasanya banyak digunakan oleh orang yang menggeluti profesi di bidang arsitektur.

Untuk lebih jelasnya, Yuk simak ulasan dibawah ini mengenai plotter dan fungsinya. Agar kamu tidak heran apa sih gunanya ketika menemukan plotter pada tempat print atau fotokopi.

Pengertian Plotter

Pengertian Plotter adalah

Apa itu Plotter? Plotter adalah Printer grafis yang menggunakan pena-pena tinta untuk menggambar , plotter juga merupakan perangkat keras output pertama yang dapat mencetak gambar dengan ukuran gambar sebesar gambar arsitektur dan engineering. Adapun pengertian lain dari plotter adalah sebuah mesin yang secara otomatis akan menggambar grafik berdasarkan data yang dimasukkan.

Plotter merupakan jenis printer khusus yang dirancang untuk menghasilkan output komputer yang berupa gambar ataupun grafik. Dengan menghubungkan plotter yang ada pada sistem komputer, maka berbagai bentuk gambar dapat ditampilkan secara prima. Landscape-arsitektur banyak menggunakan plotter untuk menghasilkan gambar landscape, potongan pohon, ataupun untuk membantu memvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada.

Head pada plotter terdiri dari beberapa buah pena berwarna yang secara terus-menerus akan bergerak keatas kertas gambar untuk menghasilkan gambar yang sebelumnya telah dirancang pada sistem komputer. Pada dasarnya, bagian yang ada didalam plotter terbagi menjadi dua, yaitu drum-plotter dan table-top-plotters (flatbad).

Flatbad plotter yang dilengkapi dengan pena ataupun gantungan pena yang akan selalu bergerak menyelusuri permukaan kertas untuk menghasilkan gambar.

Plotter terdiri dari berbagai macam, yaitu:
1.Inkjet Plotters
2.Plotter Gerber Infinit
3. Plotter Mechano
4. Plotter Final

Plotter memiliki kelebihan dan kekurangan, yaitu:

  1. Kelebihan plotter adalah :
  2. Plotter dapat mencetak halaman kerja dengan skala yang besar.
  3. Pemapatan dari head plotter lebih teratur dan merapat sehingga hasil dari cetakan plotter lebih bagus dan tidak mudah pecah.
  4. Dalam plotter pena proses pengerjaan atau dalam proses pencetaknya menggunakan teknik line per line hingga membentuk daerah arsir yang merapat dan juga cetakan yang dihasilkan pastinya lebih bagus.
  5. Dalam plotter pemotong kelebihanya dapat sekaligus mencetak pola seperti bahan vinyl, karet, gabus, kulit, dan lain-lain. Contoh pemanfaatannya yaitu pada industri sepatu atau industri pakaian, dimana fungsi plotter untuk memotong pola atau bahan sekaligus.
  6. Memiliki port dan slot memory atau media penyimpanan seperti memory micro yang langsung dapat diintegrasikan dengan plotter tanpa melakukan kerja dikomputer. Dan sampai saat ini sudah ada plotter yang memiliki LCD yang melekat pada bagian depan plotter sehingga dapat memudahkan user atau pengguna ketika memilih objek yang akan dicetak tanpa menggunakan kerja dari komputer.
  7. Kelemahan plotter adalah :
  8. Karena hasil cetakan plotter rata-rata menghasilkan hasil yang memuaskan, otomatis waktu pengerjaan yang dibutuhkan juga relatif lambat, terutama pada plotter pena yang dalam pengerjaanya membuat arsiran-arsiran pada sebuah kertas format lebar  merapat sehingga dapat membentuk suatu karakter.
  9. Ada beberapa jenis plotter seperti ploter thermal dan juga plotter pena yang cepat mengalami panas terutama pada pin dan juga pena yang digunakan untuk mencetak pada plotter.
  10. Sulit untuk mencetak format kertas yang ukuranya lebih kecil dan juga hasilnya tidak memuaskan.
  11. Mudah menghabiskan tinta pada ink jet plotter karena mencetak dalam format ukuran yang lebar.
  12. Spare part dan accesoriess yang dimiliki oleh plotter memiliki harga yang cukup relatif mahal.

Fungsi Plotter

Fungsi Plotter adalah

Mengacu pada pengertian plotter yang merupakan printer grafis, maka fungsi plotter tidak jauh beda dengan printer yaitu untuk mencetak gambar, namun bedanya plotter untuk mencetak gambar yang berukuran besar dan luas seperti ukuran gambar arsitektur engginering. Kertas yang dipergunakan juga lebih besar dari kertas biasanya yang ada pada printer.

Plotter sering kali digunakan untuk membuat peta, gambar-gambar arsitektur ataupun ilustrasi tiga dimensi yang biasanya berukuran terlalu besar bagi printer dan dapat menghasilkan grafik atau gambar dengan kualitas tinggi dan berwarna. Plotter merupakan suatu alat pencetak gambar vector dalam wujud suatu ‘plot’ grafik.

Dengan berkembangnya kualitas pencetak (printer), serta meningkatnya kemampuan prosesor dan memori komputer, penggunaan plotter menurun secara drastis, digantikan oleh plotter versi baru yang bisa dibilang hanya versi besar pencetak yang sudah ada seperti pencetak inkjet atau toner-based. Tipe plotter yang utama digunakan adalah pen plotter.

Plotter kini digunakan pada gambar teknik serta aplikasi CAD, karena kemampuannya bekerja pada ukuran kertas yang besar dengan tetap menjaga resolusi yang tinggi. Dengan menggantikan penanya dengan cutter, plotter juga bisa digunakan untuk menggunting pinggiran dengan akurat serta dapat membentuk suatu pola.

Cara Kerja Plotter

Cara kerja plotter sama saja dengan printer untuk mencetak gambar, hanya yang membedakan adalah dari segi ukuran saja yang jauh lebih lebar dibanding dengan kertas printer dan ukuran yang dihasilkan oleh plotter yang  dapat menyelesaikan ukuran blueprint sebuah bangunan arsitek / engineering.

Jenis-Jenis Plotter

Jenis Plotter berdasarkan prinsip kerjanya terbagi menjadi :

1.Plotter PenaJenis-Jenis Plotter - plotter pena

Plotter Pena merupaka plotter yang digunakan dengan cara kerja menggunakan media seperti halnya pena yang satu atau beberapa, yang mana pena tersebut memiliki warna-warna yang telah diberi, dan plotter pena biasanya digunakan untuk mencetak kedalam bentuk kertas atau juga dapat digunakan untuk mencetak dalam bentuk plastic yang transparan.

Namun pada dasarnya plotter jenis  ini menghasilkan sebuah garis- garis, yaitu ketika proses pembuatan gambar pada kertas ataupun pada plastic transparan, pena ini akan membentuk sebuah garis yang continue.

2. Plotter Elektrostatis

plotter elektrostatis

Pada jenis plotter yang satu ini kertas diletakkan pada sebuah tempat datar seperti meja, lalu hasil cetakannya dibuat dengan prinsip kerja seperti mesin fotocopy yaitu dengan memberi tegangan listrik pada kertas.

Lalu dengan tegangan listrik tersebut maka akan menarik tinta untuk melekat pada kertas. Tinta tersebut kemudian dicairkan dengan pemanasan. Untuk ukuran kualitas , plotter elektrostatis tidak sebagus plotter pena,tetapi kecepatannya lebih tinggi dibandingkan dengan plotter pena.

3. Plotter Thermal

plotter thermal

Plotter Thermal merupakan plotter yang bekerja dengan cara menggunakan suatu pin yang mana pin tersebut akan dibentuk secara elektronis yang berguna untuk memanaskan pin yang kemudian pin tersebut akan diletakkan kembali pada sebuah media yang mudah terkena panas, lalu dari proses itulah akan terbentuk sebuah gambar.

Nah proses ini juga sebagai bentuk media untuk membuat cetakan kedalam bentuk kertas ataupun dalam bentuk film buram. Jenis Plotter dari perkembangannya ada 2 jenis, yaitu:

  1. Plotter Pemotongplotter pemotong

Plotter jenis ini berfungsi untuk memotong vinyl, karet, gabus, dll. Ploter ini biasanya digunakan pada industri sepatu atau industri pakaian untuk membuat pola sekaligus memotongnya.

Pemanfaatannya dapat digunakan pada industri sepatu atau industri pakaian, dimana plotter ini berguna untuk memotong pola atau bahan sekaligus.

  1. Plotter Format Lebarplotter format lebar

Plotter format lebar biasanya digunakan oleh perusahaan grafis karena  plotter ini mampu membuat cetakan berwarna yang sangat lebar. Sehingga banyak di pakai oleh seniman grafis. Teknologi yang digunakan pada plotter ini dapat menyerupai printer ink-jet ataupun plotter thermal.

Nah sudah tau kan apa itu plotter dan fungsinya. Semoga denga ulasan di atas kamu dapat mengenal plotter lebih dalam lagi. Terimakasih 🙂

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend