Pengguna Android Keluhkan Aplikasi Sering Error, Ini Solusinya

Pengguna Android Keluhkan Aplikasi Mendadak Error Karena WebView, Ini Solusinya

NESABAMEDIA.COMKemarin, banyak pengguna smartphone Android yang mengeluhkan terjadinya crash pada aplikasi mereka, khususnya para pengguna smartphone Samsung Galaxy.

Setelah dilakukan penyelidikan, diketahui masalah aplikasi yang error itu bersumber dari System WebView. Sementara yang bisa dilakukan pengguna untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mencopot pembaruan pada System WebView, maka error tidak akan terjadi lagi. 

Sebelumnya, sejumlah smartphone Android mengalami masalah dengan sebuah bug yang sangat mengganggu, yang menyebabkan aplikasi di perangkat menjadi sering error. Menurut sebuah unggahan di forum Reddit, masalah itu sepertinya terjadi pada beberapa smartphone flagship Samsung, seperti Galaxy S21

Masalah itu sepertinya terkait pada System WebView Android, yang telah terpasang secara bawaan pada smartphone Android dan ini merupakan aplikasi sistem dari Android yang berfungsi untuk menampilkan konten web di smartphone. 

Juru bicara Google mengatakan bahwa pihaknya saat ini masih berusaha untuk mengatasi masalah tersebut.

“Kami memahami bahwa saat ini terjadi masalah pada WebView yang menyebabkan beberapa aplikasi di Android mengalami error. Kami sedang berupaya untuk melakukan validasi cakupan sepenuhnya dan perbaikan sedang berlangsung,” kata pihak Google menjelaskan.

Sementara itu, siapapun yang sedang mengalami masalah seperti ini, entah itu menggunakan smartphone Samsung Galaxy ataupun merk smartphone lainnya, disarankan untuk melakukan pencopotan (uninstall) pembaruan System WebView Android. 

Caranya adalah dengan mencari aplikasi sistem itu di Play Store, kemudian pilih atau tap tombol “uninstall”. Tunggu beberapa waktu hingga sistem menjalankan pencopotan pembaruan secara otomatis, untuk mengembalikan versi dari aplikasi WebView ke versi pabrikan. Setelahnya, pengguna bisa melakukan restart perangkat dan diharapkan masalah bisa hilang. 

Apabila setelah mengunjungi Play Store dan tidak menemukan aplikasi WebView yang dimaksud, pengguna bisa mengakses halaman Settings di smartphone. Kemudian pilih bagian aplikasi sistem. Lalu pilih Android System WebView atau semacamnya, dan kemudian tap tombol uninstall update (copot pembaruan). Lakukan restart perangkat dan masalah dipastikan akan hilang.

Perlu diingat bahwa solusi ini hanyalah sementara, sambil menunggu perbaikan resmi yang dikirimkan oleh pihak Google. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend