Microsoft Perbaiki Aplikasi Office Yang Sebabkan Error Pada Memory dan Harddisk

Microsoft Perbaiki Aplikasi Office Yang Sebabkan Error Pada Memory dan Harddisk

NESABAMEDIA.COMMicrosoft mengatakan pihaknya telah berhasil mengatasi masalah umum dan error yang menyebabkan kesalahan memori atau harddisk saat membuka beberapa dokumen menggunakan aplikasi Microsoft Word, Excel atau aplikasi Office lainnya. Masalah ini hanya terjadi pada pengguna yang telah memasang aplikasi Microsoft Office melalui Microsoft Store dan mencoba untuk membuka dokumen Office yang kemudian memicu aktifnya fitur Protected View. 

Protected View sendiri merupakan sebuah fitur yang akan membuka dokumen dalam mode read-only dan menonaktifkan fungsi-fungsi editing untuk dokumen yang diterima melalui lampiran email atau dibuka dari lokasi yang dianggap tidak aman, seperti internet, atau penyimpanan OneDrive pengguna lain. 

Hanya pengguna Microsoft Office di perangkat Windows 10 versi 20H2 atau Windows 10 versi 2004 yang mengalami error dan terdampak dari masalah ini. Salah satu pengguna sebelumnya mengaku bahwa aplikasi Microsoft Excel miliknya tidak bisa membuka atau menyimpan dokumen lagi karena sistem membaca bahwa tidak ada lagi memori atau ruang penyimpanan. 

Microsoft telah mampu mengatasi masalah ini menggunakan Known Issue Rollback (KIR), sebuah kemampuan di Windows 10 yang biasanya digunakan untuk mengembalikan perbaikan non-keamanan dengan bug yang dikirimkan melalui Windows Update. 

Pembaruan ini dikirimkan ke semua pengguna yang terdampak, namun kemungkinan membutuhkan lebih dari 24 jam untuk bisa diterapkan ke semua sistem Windows non-managed. 

“Untuk perangkat yang telah dikelola oleh perusahaan dan telah memasang pembaruan, maka langkah selanjutnya yang dibutuhkan hanya melakukan konfigurasi pada Group Policy. Perangkat perlu direstart setelah dilakukan konfigurasi pada Group Policy,” Microsoft memberi penjelasan. 

Selain masalah pada kegagalan dalam membuka atau menyimpan dokumen menggunakan aplikasi Office, Microsoft juga telah merilis pembaruan untuk memperbaiki masalah pada penggunaan printer. Setelah sebelumnya terjadi masalah saat pendistribusian dan memaksa Microsoft untuk menghentikan perilisan, kini Microsoft kembali melanjutkan perilisan pembaruan perbaikan tersebut. 

Pengguna yang mengalami masalah pada pencetakan ini, bisa mengunjungi halaman Windows Update, kemudian klik Check for Updates. Nantinya akan muncul pembaruan opsional dan disarankan untuk segera mengunduh dan memasang pembaruan tersebut. 

Leave a Reply

Send this to a friend