• Our Partners:

Office Lens Windows 10

Office Lens Untuk Windows 10 Akan Dihapus Dari Microsoft Store

NESABAMEDIA.COMOffice Lens merupakan sebuah aplikasi yang memiliki kemampuan integrasi dengan kamera ponsel untuk mengambil gambar atau foto nota, kartu, dan dokumen lainnya untuk dijadikan dalam bentuk digital. Kemudian dengan Office Lens gambar foto dokumen tersebut akan tersimpan di Cloud atau di perangkat komputer berbasis Windows 10.

Secara teknis, aplikasi ini diperuntukkan pada perangkat mobile namun pengguna juga bisa menggunakannya sebagai aplikasi di Windows 10 untuk memindahkan foto yang sudah diambil sebelumnya. Ketika memindahkan gambar atau foto menggunakan Office Lens ini, secara otomatis aplikasi akan melakukan pengaturan agar tulisan di gambar bisa terbaca dengan baik dan kemudian mengunggahnya ke Cloud.

Secara default, Office Lens akan menyimpan gambar atau foto yang sudah diambil ke OneNote namun pengguna juga bisa mengubahnya menjadi file PDF, Word, Power Point dan OneDrive menggunakan Microsoft Cloud. 

OneNote selama ini mungkin menjadi aplikasi office terbaik untuk menyimpan data dari Office Lens. Namun secara mengejutkan, Microsoft menghentikan layanan Office Lens untuk perangkat Windows pada tahun ini. 

Setelah tanggal 31 Desember, Microsoft mengatakan bahwa pengguna tidak akan lagi dapat menyimpan foto-foto mereka ke Cloud dan juga akan mematikan layanan Office Lens. Pihaknya pun menyarankan pengguna untuk melakukan backup pada data-data yang sudah di upload menggunakan Office Lens. 

Namun pengguna masih bisa mengakses data-data gambar mereka yang tersimpan di OneDrive melalui aplikasi mobile maupun web browser. 

Selanjutnya, Microsoft akan menghapus aplikasi Office Lens dari Microsoft Store terhitung mulai tanggal 1 Januari 2021. Microsoft juga menyarankan pengguna yang ingin mengunggah dokumen menggunakan Office Lens, lebih baik melalui perangkat Android atau iOS saja.

“Sebagai informasi tambahan, aplikasi Office Lens untuk Windows 10 tidak akan lagi tersedia untuk diunduh melalui Microsoft Store,” ungkap perusahaan dalam sebuah rilisan resminya.

Seperti yang sudah dijelaskan dalam informasi di atas, Office Lens sebenarnya didesain untuk perangkat mobile, namun bisa digunakan sebagai aplikasi alternatif untuk mengimpor foto, mengcapture catatan serta informasi kontak di perangkat berbasis Windows 10.

Leave a Reply

Send this to a friend