Youtube Microsoft Store Windows 10

Berubah Pikiran, Google Akhirnya Kembangkan Integrasi Youtube Dengan Windows 10

NESABAMEDIA.COMSebelumnya Google menolak mentah-mentah tawaran untuk membuat aplikasi pada perangkat berbasis Windows. Namun kini, pihaknya mengumumkan telah menyediakan aplikasi Youtube yang terintegrasi dengan perangkat berbasis Windows 10. Sepertinya aplikasi tersebut memanfaatkan Universal Windows Platform (UWP) dan bakal menawarkan fitur-fitur tingkat lanjut.

Meski Google mengaku tidak pernah tertarik untuk menyediakan aplikasi pada Microsoft Store, namun sepertinya hal tersebut telah berubah. Pengembangan Youtube untuk versi Windows itu sedang dalam pengembangan, dan ditemukan dalam sebuah listing Microsoft Store.

Nampaknya, pengembangan yang dilakukan oleh Google secara diam-diam itu telah berlangsung sejak beberapa bulan yang lalu. Diperkirakan dalam waktu dekat, aplikasi Youtube tersebut bakal muncul di Microsoft Store. 

Seperti yang diketahui, kebanyakan pengguna dengan perangkat berbasis Windows 10 selama ini mengakses Youtube melalui web browser atau aplikasi pihak ketiga. Meski mengakses Youtube melalui browser itu tidak ada kendala yang cukup berarti, namun bisa dipastikan Youtube untuk Windows itu akan dibekali dengan sejumlah fitur yang jauh lebih lengkap. 

Dengan memboyong Youtube ke Microsoft Store, Google bisa meningkatkan secara signifikan pengalaman menggunakan Youtube di perangkat tersebut. Misalnya, dengan memanfaatkan UWP, pengguna bisa melakukan streaming dengan kualitas High Dynamic Range (HDR), di mana layanan ini menawarkan tampilan kontras dan warna yang jauh lebih tajam.

UWP juga memungkinkan jangkauan akses yang lebih luas dengan beragam jenis API yang ada di kedua layanan, baik Youtube maupun Windows 10. Integrasi akan semakin jauh lebih baik, seperti Action Center, Jump List, hingga antarmuka Shared User. 

Langkah mengejutkan Google dengan UWP dan juga keputusan integrasi Youtube dengan Windows 10 itu bisa berarti banyak hal. Yang jelas ini merupakan kabar baik bagi pengguna Youtube maupun Windows 10. Sementara bagi Google, ini juga menjadi langkah awal dalam memperkenalkan Flutter kepada para pengguna Windows 10 yang memiliki komunitas sangat besar.

Sayangnya, masih belum bisa dipastikan apakah Google akan mengintegrasikan Youtube pada perangkat ponsel Windows Phone juga atau tidak. Pasalnya, hingga saat ini mereka masih berfokus mengembangkan untuk Windows 10 pada perangkat desktop saja. 

Leave a Reply

Send this to a friend