Fitur Tersembunyi Windows 10

Fitur Tersembunyi Windows 10 Agar Semakin Fokus Saat Bekerja

NESABAMEDIA.COMSejak dirilis pada lima tahun yang lalu, Windows 10 telah mengalami banyak sekali perubahan dan penambahan fitur yang mendukung aktivitas penggunanya. Tak heran, dengan dukungan penuh dari Microsoft, Windows 10 menguasai 86,69 persen market share sistem operasi komputer secara global. Hal ini berdasarkan laporan dari NetMarketShare.

Kepopuleran sistem operasi Windows 10 dibandingkan sistem operasi lainnya, tentu bukan tanpa alasan. Fitur-fitur yang ada di sistem operasi tersebut, diklaim mampu meningkatkan fokus pengguna saat sedang mengerjakan tugas atau pekerjaan mereka. Berikut sejumlah fitur yang ada di Windows 10 yang bisa digunakan untuk membantu meningkatkan fokus.

Minimize Jendela Aplikasi Yang Terbuka Dengan Sekali Klik 

Sebenarnya, fitur ini sudah ada sejak lama, namun tidak semua pengguna menyadari keberadaan dari fitur ini. Sebagai informasi, Windows 10 menyimpan sebuah tombol kombinasi tak terlihat yang bernama Show Desktop. Jika ditekan, secara langsung jendela aplikasi yang sedang terbuka, akan otomatis terminimize, dan layar menampilkan tampilan desktop.

Tombol ini tersembunyi, berada di sebelah pojok kanan bawah taskbar, tepat di samping penunjuk waktu dan notifikasi. Memang tidak terlihat adanya tombol apapun disitu, namun arahkan kursor mouse ke bagian paling sudut kanan bawah taskbar, maka seluruh jendela akan terminimize dan tampilan desktop akan terlihat. Klik untuk benar-benar menampilkan tampilan desktop.

Untuk pengaturannya, bisa dilakukan melalui Settings -> Personalization -> dan pilih opsi Taskbar. Aktifkan opsi “Use Peek to preview the desktop when you move your mouse…”. Cara lain yang lebih simpel adalah dengan menekan tombol kombinasi Windows + D.

Virtual Desktop Untuk Multitasking

Sebuah virtual desktop itu seperti memiliki monitor tambahan di mana pengguna bisa menempatkan aplikasi yang tetap terbuka untuk mendapatkan akses yang cepat saat menggunakan aplikasi lainnya. 

Dengan Windows 10, pengguna bisa mengaktifkan virtual desktop ini dengan sangat mudah. Gunakan tombol Task View yang ada di Taskbar atau dengan menekan tombol Ctrl + Windows + Tanda Panah Kanan. 

Jika sudah muncul virtual desktop dengan menekan kombinasi tombol di atas, maka pengguna bisa menggeser aplikasi yang diinginkan untuk tetap terbuka ke virtual desktop tadi. Dengan demikian, pengguna bisa melakukan multi tasking dengan lebih efisien.

Gunakan Voice Typing

Windows 10 juga dibekali dengan fitur Voice Typing yang akan sangat berguna bagi para pengguna. Ketika lelah mengetik dokumen atau sekedar membalas email, pengguna bisa menggunakan Voice Typing. Di sini pengguna tentunya memerlukan sebuah mikrofon, dan kemudian mengucapkan kalimat yang diketik, dan sistem secara otomatis akan mengetiknya untuk pengguna.

Namun dibutuhkan pengaturan bahasa, agar sistem bisa mengenali kalimat dengan bahasa yang diucapkan pengguna. 

Untuk menggunakan Voice Typing, pengguna tinggal menekan tombol kombinasi Windows + H. Sebuah kolom dengan icon mikrofon akan muncul di bagian atas, dan pengguna bisa mulai berbicara untuk melakukan Voice Typing.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend