Penjualan Smartphone Global, Kembali Ke Level Tahun 2019

Penjualan Smartphone Global, Kembali Ke Level Tahun 2019

NESABAMEDIA.COMPeneliti pasar dari International Data Corporation (IDC) memperkirakan sebanyak 1,37 miliar smartphone telah dikirimkan tahun ini. Jumlah ini akan melebihi volume penjualan pada tahun 2019 sekitar satu persen. Namun, dibandingkan dengan tahun pandemi 2020, itu akan menjadi peningkatan yang signifikan sebesar 7,4 persen.

Pasar smartphone terbesar, Cina, Amerika Serikat dan Eropa Barat, masih di bawah level penjualan tahun 2019 pada 2021. Pasar pertumbuhan seperti India, Jepang, Timur Tengah dan Afrika memberikan momentum lebih. Dalam dua tahun ke depan IDC masih menunggu lagi pertumbuhan global yang masih dinantikan, yaitu 3,4 persen di setiap kasus. Sejauh ini, produsen smartphone telah mampu mengatasi masalah kekurangan chip global lebih baik daripada produsen perangkat keras PC.

Segmen Premium Berlipat Ganda

Harga rata-rata untuk smartphone baru meningkat. Di satu sisi, segmen ponsel premium, yang harganya lebih dari seribu dolar, akan meningkat lebih dari dua kali lipat tahun ini. Di sisi lain, pasar semakin bergeser dari ponsel 4G ke ponsel 5G yang lebih mahal.

IDC memperkirakan tidak kurang dari 570 juta ponsel 5G akan terjual dalam dua belas bulan, meningkat sebanyak 123,4 persen dibandingkan tahun 2020. Hampir setiap detik penjualan baru terjadi di Cina. Pada akhir tahun 2022, ponsel 5G akan mencapai 54 persen dari semua penjualan di seluruh dunia.

Ponsel 5G akan menelan biaya rata-rata $634 di seluruh dunia pada tahun 2021. Itu hampir sama persis dengan harga rata-rata tahun sebelumnya. Untuk ponsel 4G, IDC mencatat terjadi penurunan harga hampir 30 persen, yakni dari rata-rata $277 di tahun sebelumnya menjadi rata-rata $206 di tahun berjalan. Model 3G hampir tidak dijual lagi.

Menurut perkiraan tahunan untuk tahun 2021, iPhone dapat meraih pangsa pasar yang signifikan. Menurut laporan IDC itu, 13,8 persen lebih banyak unit perangkat Apple akan terjual daripada tahun 2020. Perangkat Android telah meningkat sebesar 6,2 persen. Secara total, nantinya akan ada lima kali lipat perangkat smartphone Android yang terjual dibandingkan Apple.

Leave a Reply

Send this to a friend