Email Rahasia Apple, Ungkap Keberadaan iPhone Nano

Email Rahasia Apple, Ungkap Keberadaan iPhone Nano

NESABAMEDIA.COMSaat proses persidangan Apple dan Epic Games tengah terjadi, di sisi lain kasus tersebut semakin mengungkap banyak detail pribadi tentang kedua perusahaan yang kemudian menjadi perhatian tersendiri.

Beberapa pengungkapan terbesar tertuju pada Apple, seperti perusahaan yang menolak rencana untuk membawa iMessage ke Android kembali pada tahun 2013. Email dari mendiang Steve Jobs yang dijadikan bukti di persidangan juga menunjukkan bahwa pada suatu tahap, terungkap bahwa Apple sedang mengerjakan iPhone nano dan informasi ini tidak banyak diketahui publik. 

Perangkat smartphone iPhone nano itu disebut-sebut dalam agenda pertemuan strategi pada bulan Oktober tahun 2010 silam.

Ada email yang dijadikan bukti yang terbagi menjadi poin-poin untuk berbagai subjek pertemuan, dan poin-poin terakhir menyebutkan soal “paket nano iPhone”. Di bawah poin-poin ini ada dua poin-poin lagi, satu menyatakan “tujuan biaya”, dan yang lainnya menyatakan “model pertunjukan dan atau sebuah rendering”, dengan nama Jony tercantum dalam email tersebut. Jony kemungkinan merujuk pada Jony Ive, mantan kepala desain Apple yang meninggalkan perusahaan setelah mengabdi selama 27 tahun pada 2019 untuk meluncurkan perusahaan desainnya sendiri. 

Saat itu, Apple baru saja merilis iPod Nano generasi ke-6, dan seri tersebut sukses. Sementara perusahaan tidak lagi menempelkan moniker “Nano” pada produk iPhone berikutnya, itu adalah nama yang sangat berpengaruh pada saat itu. Sekarang, perusahaan lebih menyebut perangkat yang lebih kecil sebagai “mini”.

Yang juga menarik adalah bahwa dalam email yang sama, Jobs menyebutkan bahwa “strategi 2011” melibatkan pembuatan model iPhone murah berdasarkan iPod touch untuk menggantikan iPhone 3GS. Meskipun tidak jelas apakah perangkat itu pernah dirilis, itu mungkin mengacu pada iPhone nano atau mungkin perangkat lain. IPhone nano tidak pernah berhasil dipasarkan, dan tidak jelas apa yang sebenarnya terjadi pada produk itu. Sebagai informasi, hal semacam ini bukan referensi pertama yang merujuk pada keberadaan perangkat nano yang belum dirilis baik dari email internal perusahaan.

Pada tanggal 5 Agustus 2007, Jobs mengirim email yang merujuk pada perangkat “Super nano”, yang tampaknya merupakan versi upgrade dari iPod nano. Sepertinya perangkat itu bahkan sampai berada di jalur untuk rilis pada paruh pertama tahun 2008. Apple tidak pernah merilis iPod nano pada waktu itu, meskipun iPod nano generasi keempat dirilis pada September 2008. Tidak diketahui apakah ini adalah “Super nano” yang dimaksud Jobs tersebut.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend