Penjualan Smartphone Lipat Bakal Tembus 30 Juta Unit Tahun 2024

Penjualan Smartphone Lipat Bakal Tembus 30 Juta Unit Tahun 2024

NESABAMEDIA.COMBerdasarkan perkiraan Canalys, tingkat pertumbuhan tahunan kumulatif dari pengiriman smartphone layar fleksibel atau lipat antara tahun 2021 dan 2024 akan berada di angka 53%, dengan penjualan melebihi 30 juta unit pada tahun 2024. Dari 2019, ketika model pertama dari smartphone jenis ini diperkenalkan sampai dengan tahun 2024, tingkat pertumbuhan akan terjadi sekitar 122%. 

Penjualan di pasar smartphone lipat yang didominasi oleh Samsung, mengalami kenaikan 148% dari tahun ke tahun pada 2021, meskipun harganya masih cukup tinggi. Sementara itu smartphone secara keseluruhan mengalami kenaikan hanya 7% selama periode yang sama. 

Menurut Canalys, salah satu katalis kunci dari pertumbuhan permintaan untuk smartphone lipat adalah permintaan yang sangat besar selama masa pandemi. Namun, para ahli berharap bahwa dengan adanya pencabutan kebijakan pembatasan seperti lockdown, produsen smartphone akan bisa membuka peluang baru di segmen ini, dan pasar bahkan akan juga mendapatkan dorongan baru. 

Smartphone dengan layar fleksibel bisa menjadi pendorong penjualan smartphone secara keseluruhan, dan sangat menarik bagi pengguna perangkat kelas atas yang semuanya baru.

Menurut Canalys, produsen smartphone Android berada di bawah tekanan yang cukup banyak di kelas premium, karena pengiriman produk baru dengan harga di atas Rp10 jutaan mengalami penurunan sebesar 18% dibandingkan pada periode tahun 2019. Sementara perangkat iOS naik sebesar 68%.

Di sisi lain vendor juga perlu meningkatkan investasi dalam peningkatan teknologi dan antarmuka agar bisa terus menarik pelanggan yang lebih banyak. 

Menurut Canalys, berkat Samsung, ekosistem pasokan smartphone lipat telah berkembang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir. Sudah ada banyak yang memproduksi jenis layar lipat, engsel dan komponen utama lainnya, dan vendor juga telah memperkenalkan solusi teknologi baru, sambil di saat yang sama menurunkan harga jual. 

Medan perang lainnya adalah pengembangan software kompetitif yang spesifik untuk format perangkat tertentu, yang membutuhkan investasi secara konstan, karena saat ini masih jauh dari kata ideal. 

Vendor smartphone besar saat ini sudah bersiap untuk bersaing dalam segmen smartphone lipat, yang akan menjadi bagian penting dari strategi kelas atas dan branding korporat mereka. Banyak smartphone lipat baru akan tiba tahun ini, dan produsen akan terus berupaya mengurangi ketebalan, berat dan harga agar perangkat bisa diterima dengan baik oleh pasar.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend