Perangkat Surface Laptop Studio Dapatkan Fitur DRR di Windows 11

Perangkat Surface Laptop Studio Dapatkan Fitur DRR di Windows 11

NESABAMEDIA.COMPerangkat Microsoft Surface Laptop Studio mendapatkan sebuah pembaruan firmware yang meluncur ke saluran Beta dan Pengembang di program Windows Insider. Ada dua pembaruan driver dalam bundel kali ini. Pembaruan pertama adalah pada layar Intel dan pembaruan kedua menjadi pembaruan besar, yakni Microsoft telah mengaktifkan fitur Dynamic Refresh Rate (DRR) di perangkat Surface Laptop Studio.

Ketika Microsoft mengumumkan Windows 11 pada tahun lalu, salah satu fitur baru yang membedakan dari Windows 10 adalah fitur Dynamic Refresh Rate. Pada dasarnya, fitur ini memungkinkan Windows untuk secara otomatis mengubah kecepatan refresh layar dari 60 Hz menjadi 120 Hz. 

Melakukan tugas sederhana seperti menulis sebuah email akan membuat fitur DRR menurunkan kecepatan refresh ke 60 Hz, dan kemudian mengubahnya menjadi 120 Hz untuk tugas seperti melakukan pengguliran atau animasi. Ini hanya akan bisa bekerja pada aplikasi yang juga memiliki dukungan atas fitur tersebut.

Perlu dicatat bahwa Dynamic Refresh Rate ini bukanlah Variable Refresh Rate (VRR), yang digunakan Microsoft pada Xbox. Sebagai informasi, monitor dengan VRR begitu populer karena kemampuan mereka dalam melakukan perubahan kecepatan refresh yang lebih dinamis. Monitor biasa cenderung melakukan perubahan di angka 60, 90 dan 120 Hz saja. 

Microsoft mengatakan bahwa fitur DRR ini didesain untuk mengoptimalkan pengaturan ketika perangkat PC anda menggunakan kecepatan refresh 120 Hz sebagai upaya menghemat masa pakai baterai, ketimbang harus selalu menggunakan 120 Hz setiap saat yang membuat baterai boros. 

Pada perangkat Surface Laptop Studio, alat DRR ini tersedia untuk pertama kalinya. Khususnya, ini menjadi bagian dari firmware Surface versi 10.0.156.0. Dan seperti yang diterangkan di atas, pembaruan ini dikirimkan bersamaan dengan driver Intel Corporation Display versi 30.0.101.1340. 

Microsoft Surface Laptop Studio sendiri diluncurkan pada bulan September tahun lalu, sebagai bagian dari segmen perangkat portabel flagship Microsoft. Ini mengkombinasikan antara Surface Book dengan Surface Studio. Sebagai hasilnya, Microsoft mengatakan bahwa perangkat ini melahirkan kategori baru tersendiri. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend