ram 424811 1280

Kenali Perbedaan VRAM vs RAM Paling Mendasar

Di dalam sistem komputer, memori yang digunakan tidak hanya berupa RAM. Masih ada memori lainnya seperti VRAM. Memori ini tidak sepopuler memori RAM di telinga pengguna awam, tapi kehadirannya sering membuat gundah para gamer. Meskipun begitu, VRAM bukan memori khusus untuk gaming. Cakupan penggunaannya lebih luas daripada sekedar untuk bermain game.

Meski sama-sama merupakan memori, VRAM dan RAM memiliki fungsi yang berbeda. Sebelum anda membeli komputer baru, atau sebelum melakukan upgrade, sebaiknya ketahui dulu perbedaan antara VRAM dan RAM agar nantinya tidak salah beli.

RAM

perbedaan vram vs ram

RAM adalah memori utama yang digunakan untuk memperlancar kinerja komputer secara keseluruhan. Semakin besar kapasitas RAM yang terpasang di dalam komputer, semakin banyak software yang bisa dijalankan secara bersamaan. Browser yang biasanya rakus memori juga akan makin terasa lancar ketika dipakai untuk membuka banyak tab sekaligus.

RAM dibutuhkan oleh komputer untuk memproses data secara real time. Pada dasarnya, apa pun yang sedang anda kerjakan pada layar komputer, datanya disimpan di dalam RAM.

Sebagai contoh, ketika anda sedang mengetik dokumen, isi dokumen ditampung oleh RAM sehingga anda bisa terus mengerjakannya. Kenapa tidak langsung ditampung di HDD? Karena kecepatan baca/tulis HDD lebih lambat daripada RAM.

Kekurangannya, RAM didesain sebagai modul memori yang bersifat volatile sehingga data tidak akan tersimpan secara permanen. Oleh karena itu, dokumen yang sedang dikerjakan harus disimpan di dalam HDD secara berkala untuk mencegah kehilangan data.

Harga RAM itu sendiri termasuk murah sehingga sering menjadi jalan keluar bagi pengguna yang ingin meningkatkan performa komputernya, apalagi RAM juga mudah dipasang. Salah satu pertanda komputer mulai membutuhkan upgrade RAM adalah ketika sistem sudah terlalu sering mengakses page file.

VRAM

perbedaan vram vs ram

VRAM adalah RAM yang menjadi bagian dari sebuah video card (GPU) dan didedikasikan untuk menyimpan data grafis. Data ini dibutuhkan oleh video card untuk menampilkan frame pada layar. Pada intinya, VRAM ditujukan hanya untuk membantu GPU dalam mengolah grafis.

Peranan VRAM dalam komputer ini sangat penting jika anda berniat untuk memainkan game-game berat, menonton video beresolusi ultra HD dalam format AV1, atau mengedit video. Semua aktivitas tersebut melibatkan intensitas grafis yang tinggi sehingga komputer membutuhkan VRAM yang berkapasitas besar.

Makin besar kapasitas VRAM, makin kompleks pula tekstur yang bisa diproses oleh video card. Dengan kata lain, kualitas tekstur yang ditampilkan pada layar akan terlihat makin bagus.

Kesimpulannya, secara fungsional, RAM berbeda dengan VRAM karena RAM digunakan untuk membantu operasional sistem komputer secara menyeluruh, sedangkan VRAM dibuat khusus untuk mendongkrak kinerja GPU dalam mengolah aset-aset grafis seperti tekstur, warna, dan lain-lain.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend