Target Penjualan Smartphone Samsung

Pertama Dalam 9 Tahun, Samsung Gagal Penuhi Target Penjualan Smartphone

NESABAMEDIA.COMSelama beberapa tahun terakhir, Samsung menargetkan penjualan perangkat smartphone mereka berada di angka 300 juta unit setiap tahunnya. Namun, untuk pertama kalinya dalam 9 tahun terakhir, Samsung gagal memenuhi target penjualan yang telah dicanangkan. Dilaporkan bahwa perusahaan asal Korea itu untuk tahun ini hanya mampu menjual sebanyak 270 unit saja, 10 persen di bawah target. 

Tahun ini memang bukan tahun yang menggembirakan untuk seluruh sektor bisnis global. Faktor utamanya tentu karena wabah pandemi yang menyerang dan tidak diketahui kapan akan berakhir. Hal inilah yang juga membuat Samsung gagal meraih target penjualan yang telah mereka pegang selama beberapa tahun itu. Semua distribusi logistik mengalami kendala dan gangguan.

Samsung mengumumkan bahwa pada akhir kuartal ketiga tahun 2020 ini, mereka hanya mampu menjual 189 juta unit smartphone. Sebenarnya angka ini tidak terlalu buruk. Bahkan prediksi hingga akhir tahun mereka hanya mampu menjual sebanyak 270 juta unit itu layak diapresiasi. Pasalnya, tahun ini wabah juga telah merenggut puluhan ribu nyawa, dan jutaan orang kehilangan pekerjaan mereka. 

Meski dengan segala kondisi yang serba tidak pasti ini, Samsung tetap akan mematok target penjualan mereka sebanyak 307 juta unit, untuk tahun-tahun berikutnya. Mereka akan fokus melakukan inovasi, di mana salah satunya karena didukung oleh potensi kehadiran teknologi 5G yang membuka peluang baru bagi perusahaan. 

Target mereka di tahun depan akan coba dipenuhi dengan meningkatkan produksi smartphone berteknologi 5G untuk kelas menengah bahkan kelas bawah atau budget murah. Selain itu, mereka juga melakukan promosi besar-besaran pada produk smartphone lipat, di mana tren smartphone lipat juga mulai mendapatkan tempat di hati para konsumen global. 

Sejumlah pihak memprediksi, dari total target sebanyak 307 unit penjualan perangkat oleh Samsung itu, akan didominasi oleh perangkat smartphone. Rinciannya, sekitar 287 juta unit akan menjadi target penjualan smartphone, sementara 20 juta unit lainnya merupakan feature phone (ponsel biasa dengan tambahan teknologi smartphone).

Sementara itu dari 287 juta unit smartphone, 50 juta unit di antaranya akan difokuskan untuk model flagship, dengan model seri Galaxy. 

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend